8 Penyebab Munculnya Uban di Usia Muda, Bisa Karena Salah Pilih Produk Perawatan Rambut

Penulis: Puput Saputro

Diterbitkan:

8 Penyebab Munculnya Uban di Usia Muda, Bisa Karena Salah Pilih Produk Perawatan Rambut
Ilustrasi (credit: pixabay)

Kapanlagi.com - Rambut yang memutih atau tumbuhnya uban jadi salah satu tanda penuaan yang sering dialami banyak orang. Uban memang bisa muncul secara alami, seiring bertambahnya usia. Namun ternyata, usia bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan munculnya uban. Terkadang, uban juga muncul di beberapa orang yang dengan usia muda. Ternyata, ada beberapa hal yang bisa jadi penyebab munculnya uban di usia muda.

Tak bisa dipungkiri, munculnya uban memang seringkali meresahkan. Terlebih, jika uban muncul di usia yang relatif masih muda. Bagi sebagian orang, uban bisa mengganggu penampilan. Kemunculan uban bisa mengurangi rasa kepercayaan diri seseorang. Tapi tak perlu khawatir berlebihan, sebab dengan mengetahui penyebabnya, kalian bisa jadi lebih mengantisipasi.

Lantas, kira-kira apa sebenarnya penyebab munculnya uban di usia muda? Agar tahu lebih jelasnya, simak ulasan berikut yang telah kapanlagi.com rangkum dari berbagai sumber.

 

1. Faktor Genetik

Seperti yang kita tahu, genetika menjadi salah satu faktor terbesar yang mempengaruhi kondisi tubuh dan kesehatan seseorang. Maka dari itu, kemunculan uban di usia muda juga bisa dipengaruhi oleh faktor genetik. Malahan, bisa dibilang genetik menjadi faktor terbesar yang membuat seseorang bisa beruban meski masih berusia muda. Hal ini juga sudah dibuktikan melalui berbagai penelitian ilmiah.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Stres

Setiap orang seringkali menjumpai berbagai tekanan dalam hidupnya. Tekanan hidup inilah yang kemudian tak jarang membuat seseorang mengalami stres. Umumnya, orang yang mengalami stres bisa mengalami berbagai hal seperti sulit tidur, hilang nafsu makan, hingga terganggunya kesehatan. Selain itu, stres ternyata juga bisa mempengaruhi kondisi fisik seseorang, salah satunya yaitu munculnya uban.

Di samping karena stres tekanan hidup, uban juga bisa dipicu oleh stres oksidatif. Dilansir dari medicalnewstoday.com, stres oksidatif bisa memicu terjadinya masalah pada pigmen kulit yang disebut vitiligo. Masalah kulit ini membuat warna kulit mengalami perubahan seperti terdapat bercak putih, yang kemudian juga akan mempengaruhi rambut termasuk alis, bulu mata, dan janggut.

 

3. Kurang Asupan Vitamin

Untuk tetap sehat dan segar, tubuh kita membutuhkan asupan vitamin yang cukup. Ternyata, kurang vitamin tak saja membuat kesehatan jadi terganggu. Siapa sangka, kekurangan vitamin, khususnya vitamin B-12 juga bisa jadi salah satu penyebab munculnya uban di usia muda.

Dilansir dari healthline.com, vitamin B-12 peran penting pada pertumbuhan rambut dan warna rambut yang sehat. Kekurangan vitamin B-12 akan menyebabkan oksigen di tubuh tidak menyebar secara maksimal dan tidak bisa mencapai sel-sel pada rambut. Akibat kekurangan oksigen, sel-sel rambut pada rambut akan melemah.

 

4. Kurang Asupan Vitamin

Penyebab munculnya uban di usia muda berikutnya yaitu pengaruh dari hormon. Perubahan hormon bisa membuat kesehatan rambut seseorang juga terganggu. Rambut bisa mengalami berbagai kerusakan, mulai dari perubahan tekstur, kepadatan, serta perubahan warna.

 

5. Mengidap Autoimun

Kondisi kesehatan lainnya yang juga bisa mempengaruhi munculnya uban ialah adanya gejala autoimun. Selama ini, autoimun dikenal sebagai salah satu penyakit yang berdampak pada terganggunya kekebalan tubuh. Efek samping dari serangan autoimun ternyata juga bisa menyebabkan berbagai gejala. Beberapa gejala tersebut di antaranya terjadi pada rambut, mulai dari kerontokan hingga kemunculan uban.

 

6. Kondisi Medis Tertentu

Selain faktor genetik dan kondisi kesehatan yang disebutkan sebelumnya, ternyata kondisi medis lainnya juga bisa jadi faktor seseorang bisa beruban di usia muda. Oleh sebab itu, tak ada salahnya untuk memeriksakan diri ketika mendapati uban muncul di usia muda. Terlebih, jika disertai dengan berbagai gejala lainnya yang membuat kalian terganggu atau merasa khawatir.  

 

7. Dampak dari Kebiasaan Merokok

Selama ini merokok sering dianggap sebagai salah satu hal yang bisa merugikan kesehatan. Tak saja bisa picu berbagai penyakit, kebiasaan merokok juga jadi salah satu penyebab munculnya uban di usia muda.

Kandungan zat dalam rokok bisa menyebabkan seseorang berpotensi lebih besar mengalami pertumbuhan uban. Hal ini lantaran, zat pada rokok bisa memicu penyempitan pembuluh darah. Dampaknya, aliran darah ke folikel rambut akan terhambat. Sehingga kesehatan rambut jadi terganggu.

 

8. Efek Produk Perawatan Rambut

Bagi kalian yang gemar melakukan perawatan rambut, ada baiknya lebih kini berhati-hati. Pasalnya, beberapa produk perawatan rambut diyakini bisa membawa efek kerusakan jangka panjang, termasuk munculnya uban.

Mulailah untuk lebih teliti dalam memilih produk perawatan rambut seperti sampo, kondisioner, dan sebagainya. Hindari produk dengan kandungan zat kimia seperti hydrogen peroksida yang dapat menyebabkan rambut menjadi putih atau beruban.

Itulah di antaranya beberapa penyebab munculnya uban di usia muda. Semoga bermanfaat dan bisa membuat kalian jadi lebih waspada dalam menjaga kesehatan.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending