8 Rekomendasi Buku Korea Paling Populer, Novel - Self Improvement yang Harus Dibaca

Senin, 21 November 2022 20:22
8 Rekomendasi Buku Korea Paling Populer, Novel - Self Improvement yang Harus Dibaca
(Credit: goodreads.com)


Kapanlagi Plus - Membaca merupakan hobi atau aktivitas yang bisa kalian pilih saat ingin mengisi waktu luang. Kini sudah semakin banyak topik bagus, baik dari dalam maupun luar negeri. Bahkan, kalian juga bisa dengan mudah menemukan rekomendasi buku Korea paling populer untuk dibaca.

Rekomendasi buku Korea ini bisa kalian pilih sesuai selera. Mulai dari novel, esai, hingga self improvement, semua ada.

Topik dalam rekomendasi buku Korea ini pun beragam. Nah, jika penasaran, yuk langsung saja simak sejumlah ulasan berikut ini.

 

1. Kim Ji-Yeong Lahir Tahun 1982 - Cho Nam Joo

Jika kalian mencari rekomendasi buku Korea paling populer, silakan baca novel Kim Ji-Yeong Lahir Tahun 1982. Buku karya Cho Nam Joo ini begitu ramai diperbincangkan dan sudah diadaptasi menjadi film pada tahun 2019 silam.

Secara garis besar, buku ini berkisah tentang perempuan bernama Kim Ji Yeong. Dia merupakan seorang perempuan pekerja keras yang harus kalah dengan budaya patriarki di masyarakat. Keadaan makin buruk setelah dia menjadi istri sekaligus ibu. Sedikit banyak, kisah Kim Ji Yeong yang menghadapi masalah mental karena kuatnya budaya patriarki pun akan relate dengan perempuan Indonesia.

 

2. Almond - Sohn Won Pyung

Selanjutnya, ada rekomendasi buku Korea yang berjudul Almond karya Sohn Won Pyung. Novel ini mengisahkan seorang anak laki-laki bernama Yoonjae yang memiliki penyakit alexitimia. Dia mengalami ketidakmampuan dalam merasakan maupun mengungkapkan emosi.

Tak jarang, orang dengan penyakit ini juga tidak bisa membaca emosi orang lain sehingga membuat mereka kebingungan. Betapa sulit tokoh ini dalam menjalani hari-harinya? Ya, jika kalian penasaran langsung saja ikuti kisahnya dalam novel in ya, KLovers!

 

3. Vegetarian - Han Kang

Bicara soal rekomendasi buku Korea paling populer, tak lengkap rasanya tanpa menyebutkan novel Vegetarian. Buku karya Han Kang ini berhasil meraih penghargaan internasional bergengsi di Man Booker International Prize. Hingga kini, novel ini sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa, termasuk Indonesia sejak tahun 2017 silam.

Buku ini berkisah tentang seseorang yang memutuskan jadi vegetarian setelah dihantui mimpi buruk secara terus-menerus. Tokoh dalam novel ini bernama Kim Yeong Hye. Seorang perempuan yang terobsesi menjadi seorang vegetarian, meski ditentang oleh keluarganya. Obsesi ini yang kemudian menimbulkan berbagai permasalahan tak terduga sekaligus aneh.

 

4. The Plotters - Un Su Kim

Kalian suka dengan kisah thriller? Jika iya, novel The Plotters ini tampaknya bisa menjadi rekomendasi buku Korea yang tak boleh dilewatkan. Secara garis besar, novel ini berkisah tentang pembunuh bayaran bernama Reseng. Diceritakan bahwa dia adalah orang yang tega menghabisi nyawa siapapun tanpa belas kasihan.

Dia dibesarkan oleh seorang pembunuh bernama Old Raccoon di sebuah perpustakaan sebagai markas akan segala transaksi kriminalnya. Wajar jika kemudian dia sangat suka membaca buku, terutama buku yang tak pernah dibaca oleh siapa pun. Kegemaran itu yang kemudian mempengaruhi caranya dalam menyusun strategi pembunuhan.

 

5. Please Look After Mom - Kyung Sook Shin

Jika kalian ingin membaca kisah yang hangat dan mengandung bawang, Please Look After Mom ini bisa menjadi rekomendasi buku Korea untuk kalian baca. Tak hanya populer, buku ini juga berhasil meraih penghargaan internasional Man Asian Literary Prize.

Kisah ini dimulai saat seorang suami kehilangan istrinya di stasiun Seoul. Selanjutnya, sosok ibu itulah yang kemudian diceritakan dari berbagai sudut pandang tentang perasaan, mimpi, hingga harapannya. Oleh karena itu, kalian bisa saja terhanyut dan turut mengingat sosok ibu beserta perannya dalam hidup kalian selama ini.

 

6. I Want to Die but I Want to Eat Tteokpokki - Baek Se Hee

I Want to Die but I Want to Eat Tteokpokki juga menjadi salah satu rekomendasi buku Korea paling populer. Buku karya Baek Se Hee ini bisa dikatakan sebagai buku self improvement yang ditulis seperti percakapan antara pasien dan psikiater. Kalian akan menemukan banyak hal seputar pertanyaan, penilaian, saran, dan evaluasi diri mengenai kehidupan.

Buku ini populer karena dinilai bisa relate dengan pengalaman banyak orang. Secara keseluruhan, buku ini berisi topik mengenai proses mencintai diri sendiri.

 

7. Siapa yang Datang ke Pemakamanku Saat Aku Mati Nanti? - Kim Sang-Hyun

Masih ada rekomendasi buku Korea berupa self improvement yang bagus untuk dibaca. Melalui buku berjudul Siapa yang Datang ke Pemakamanku Saat Aku Mati Nanti?, kalian akan menemukan berbagai hal yang inspiratif dan memotivasi diri agar lebih baik lagi.

Saat membaca, kalian juga mungkin mendapatkan energi positif agar lebih semangat dan berani menjalani hidup. Terutama bagi kalian yang sedang kelelahan dalam menghadapi berbagai masalah. Kalian akan merasa terbantu untuk bebas dari rasa takut, insecure, dan kecewa.

 

8. The Things You Can See Only When You Slow Down - Haemin Sunim

Selain judul-judul yang sudah disebutkan di atas, masih ada lagi rekomendasi buku Korea yang tak kalah populer. Buku berjudul The Things You Can See Only When You Slow Down ini ditulis oleh seorang guru meditasi bernama Haemin Sunim.

Buku self improvement ini cocok dibaca oleh kalian yang ingin memahami lebih dalam tentang kehidupan. Sesuai dengan judulnya, buku ini seolah menjawab pertanyaan tentang bagaimana hidup di dunia yang serba cepat dengan tenang dan penuh kesadaran.

Nah, KLovers, itulah beberapa rekomendasi buku Korea paling populer yang sayang untuk dilewatkan.

 

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI