80 Kata-Kata Rindu Ibu yang Penuh Makna dan Menyentuh

Selasa, 29 Juni 2021 14:01 Penulis: Dhia Amira
80 Kata-Kata Rindu Ibu yang Penuh Makna dan Menyentuh
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Rindu merupakan sebuah perasaan yang sulit untuk dikendalikan oleh manusia. Saat kita merindukan seseorang, maka kita ingin segera bertemu dengan orang tersebut. Namun, selain bertemu kalian juga bisa mengungkapkan rasa rindu dengan sebuah kata-kata indah. Terutama bagi kalian yang rindu dengan ibu tercinta, ada beberapa kata-kata rindu ibu yang bisa mewakili perasaan kalian.

Sosok ibu memang akan selalu dirindukan oleh anak. Bagaimana anak sedari kecil selalu bersama dengan ibu, sehingga tidak heran bila ibu menjadi sosok yang tak bisa jauh dari pandangan kita. Bila jauh, maka semua hal tentang ibu akan selalu dirindukan. Pakaian yang ibu gunakan, harumnya, senyumnya, kasih sayangnya, hingga masakan ibu menjadi sebuah hal yang akan kita rindukan bila jauh dari mereka.

Nah, bagi kalian yang sedang rindu dengan sosok ibu, maka berikut ini ada 80 kata-kata rindu ibu yang telah dilansir dari berbagai sumber. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Kata-Kata Rindu Ibu untuk Anak Rantau

Kata-kata rindu ibu yang pertama yaitu ada kata-kata untuk anak rantau. Ya, bagi kalian yang merupakan anak rantau tentu akan sangat merindukan ibu tercinta. Tak bertemu dengan waktu yang lama menjadi sebuah alasan mengapa anak rantau sangat rindu dengan ibunda. Untuk mengungkapkan rasa rindu tersebut, berikut ini ada beberapa kata-kata rindu ibu untuk anak rantau tersebut:

1. "Masakan ibu selalu terasa pas di lidahku. Tak pernah keasinan, tak pernah hambar. Tolong siapkanlah masakan itu lagi untukku ketika aku pulang ke rumah, karena aku tak dapat menemukan selera makan yang sama seperti ketika aku mencicipi masakanmu yang tak ada duanya itu."

2. "Ibu, tak usah terlalu mengkhawatirkan aku. Disini adalah tempatku belajar menjadi lebih baik, dewasa, dan mandiri. Doakan aku di setiap waktumu agar aku mampu melewati hari-hari dan tantangan-tantangannya."

3. "Ibu aku merindukanmu. Tanganku tak mampu menggapaimu, mataku tak mampu menatapmu. Namun tahukah ibu, hatiku tak pernah mencoba berhenti berkata-kata bahwa aku sangat merindukan kebersamaan kita di rumah."

4. "Ibu adalah salah satu tempat curhat terpercaya dan di sanalah kamu dapat menemukan solusi dan nasihat yang paling tepat."

5. "Langit biru itu mengingatkanku saat masih di pangkuanmu lalu aku bermanja-manja dengan kasihmu ibu."

6. "Kamar kos berantakan dan tak ada yang menegurku untuk segera merapikannya. Tadi pagi aku bangun terlambat karena tak ada yang membangunkanmu seperti pada saat aku di rumah."

7. "Dalam keheningan malam saat aku tersapu dalam buaian belai kasihmu ibu selalu ku ingat dalam kesendirian."

8. "Hidupku cuma sekali, jatuh cinta juga sekali, padamu ibu aku persembahkan hatiku."

9. "Kebahagiaanmu adalah surgaku ibu, jangan bersedih dan jangan menangis, karena aku akan berjuang demi kebahagiaan ibu."

10. "Uang bisa dicari. Ilmu bisa digali. Tapi, kesempatan untuk mengasihi ibunda takkan terulang kembali. Jadi, manfaatkan sebaik mungkin."

11. "Anak rantau ini hanya bisa titip rindu pada angin supaya sampai pada telinga ibuku yang tercinta."

12. "Ibuku yang malang, aku merindukanmu. Tapi aku tau, rinduku ini tak sebanding dengan pengorbananmu. Pantaskah aku menuntut akan kasih sayang yang kau tinggalkan?" - Titin Ambar Wati

13. "Terpisah jarak di perantauan, merindukan ibu adalah sebuah kepastian." - Suciana Usmasari

14. "Ibuku mungkin tak begitu ahli memasak. Namun ketika berada jauh darinya, aku selalu merindukan masakannya."

15. "Ingatlah! Kejayaan dan kebahagiaan yang kamu miliki hari ini, bukan dari doa kekasih yang selama ini kamu perjuangkan. Tetapi, keberkatan seorang ibunda yang tanpa lelah mengingatkan dan mendoakanmu."

16. "Ribuan kilo jalan yang kau tempuh, lewati rintang untuk aku anakmu. Ibuku sayang masih terus berjalan walau tapak kaki, penuh darah… penuh nanah. Seperti udara, kasih yang engkau berikan. Tak mampu ‘ku membalas. Ibu, ibu." - Iwan Fals, Ibu

17. "Rasa ini, menyiksa, susah mengusirnya dan semakin bertambah, ya dialah rindu kepadamu ibu. "

18. "Ini tak akan lama Bu, aku akan ada di hari tuamu nanti. Karena ku sadar, seonggok emas yang ku bawa tak akan bisa menggantikan kedatanganku di pangkuanmu."

19. "Ketika menjadi dewasa dan harus beradu nasib jauh darimu. Usapan tanganmu yang selalu kau hadirkan di tiap malam membuatku selalu ingin bersamamu lagi."

20. "Susah diucapkan, sesak tak diucapkan. Menjadi pilu jika aku tak mengatakannya, ibu aku rindu."

2. Kata-Kata Rindu Ibu yang Penuh Cinta

Kemudian ada pula kata-kata rindu ibu yang penuh cinta. Ya, bagi kalian yang sedang rindu dengan ibu, maka kata-kata penuh cinta ini bisa mewakili perasaan kalian loh KLovers. Berikut ini beberapa kata-kata rindu ibu yang penuh cinta tersebut:

21. "Ibu adalah orang yang paling mengenal kita dan paling mencintai kita."

22. "Tidak ada yang sekuat cinta ibu dan tidak ada yang lebih menyembuhkan seperti jiwa anak-anak."

23. "Kebahagiaan adalah melihat senyum ibu."

24. "Tidak peduli berapa usiamu, kamu akan selalu membutuhkan sosok ibu."

25. "Ibu memegang tangan anak-anak mereka sebentar, tapi hati mereka selamanya."

26. "Menjadi seorang ibu berarti belajar tentang kekuatan yang Anda tidak tahu telah Anda miliki." - Linda Wooten

27. "Pelukan seorang ibu bertahan lama setelah dia pergi."

28. "Jika aku tahu apa itu cinta, itu karenamu ibu."

29. "Saya mencintai ibu saya seperti pohon mencintai air dan sinar matahari. Dia membantu saya tumbuh, makmur, dan mencapai ketinggian yang luar biasa." - Terry Guillemets

30. "Ibuku: dia cantik dan lemah lembut. Saya ingin menjadi tua dan menjadi seperti dia."

31. "Rumah adalah tempat ibumu berada."

32. "Saya melakukan apa yang saya inginkan, kapan saya mau, di mana saya inginkan, jika ibu saya mengatakan tidak apa-apa."

33. "Saya percaya pada cinta pada pandangan pertama karena saya mencintai ibu saya sejak saya membuka mata."

34. "Pemandangan terburuk di dunia adalah melihat ibumu menangis."

35. "Kebahagiaan adalah melihat ibumu tersenyum."

36. "Saya mencintai ibu saya karena dia memberi saya segalanya: dia memberi saya cinta, dia memberi saya jiwanya, dan dia memberi saya waktunya."

37. "Tidak peduli berapa usiamu, terkadang, hanya perlu pelukan dari ibu untuk membuat segalanya lebih baik."

38. "Ibu saya adalah kritikus terbaik saya, namun pendukung terkuat saya."

39. "Kata-kata tidak bisa mengungkapkan rasa syukur yang pantas ibu terima atas semua yang telah ibu lakukan untuk kami selama bertahun-tahun."

40. "Salah satu hubungan terpenting yang akan kita miliki adalah hubungan yang kita miliki dengan ibu kita." - Iyanla Vanzant

3. Kata-Kata Rindu Ibu yang Telah Tiada

Rindu pada ibu yang telah tiada bukan menjadi sebuah perkara mudah. Karena mereka yang telah ditinggal ibunda untuk selamanya tak akan bisa bertemu lagi. Namun kalian bisa mengingat momen indah dengan ibu, sembari mengucapkan beberapa kata rindu ibu yang mungkin bisa didengar. Berikut beberapa kata-kata rindu ibu yang telah tiada tersebut:

41. "Ibu meninggalkan kami kenangan indah, cintamu masih menjadi panduan kami. Meskipun kami tidak dapat melihatmu, ibu selalu berada di sisi kami.

42. "Aku akan dengan sukarela mengorbankan hidupku untuk bisa melihatmu sekali lagi. Aku rindu melihat wajah cantikmu, ibu.

43. "Uang bisa dicari. Ilmu bisa digali. Tapi, kesempatan untuk mengasihi ibunda takkan terulang kembali.

44. "Kebanyakan orang bermimpi melihat malaikat tapi aku adalah orang yang paling beruntung karena telah menghabiskan banyak waktu dengan seorang malaikat hingga kepergianmu, ibu. Aku sangat merindukanmu.

45. "Hari demi hari langit menjadi terlihat lebih indah. Tahukah kamu alasannya? Karena sekarang mamaku hidup di sana. Ibuku adalah seorang malaikat cantik di langit. Aku rindu kamu, ibu.

46. "Ibu, pelukan dan belaian tanganmu akan selalu kurindukan walaupun kita berada di dunia yang berbeda.

47. "Untuk setiap bunga yang aku taruh di atas makammu, aku teringat semua hal yang telah kamu lakukan untuk membuat hidupku seindah dan seharum rangkaian bunga. Aku rindu kamu, ibu.

48. "Aku tidak benar-benar memahami kata-kata aku merindukanmu sampai aku menggapai tangan ibuku dan tangannya sudah tidak ada.

49. "Sebentar saja aku ingin mendengar suaramu, berada dalam dekapanmu, dan mengobati rinduku, ibu.

50. "Ibu adalah ciptaan terindah karena di dunia yang egois ini, dia adalah satu-satunya yang selalu ingin melihatmu bahagia."

51. "Ibu adalah salah satu keajaiban ciptaan Allah."

52. "Ibu, sosok yang akan selalu mencintaimu tanpa syarat hingga embusan napas terakhirnya."

53. "Ibu, ibu meninggalkan kami kenangan indah, cintamu masih menjadi panduan kami, meskipun kami tidak dapat melihatmu, ibu selalu berada di pihak kita."

54. "Dalam hidup, kami sangat mencintaimu, dalam kematian kami masih mencintaimu. Dalam hati kami, ibu memiliki tempat istimewa, tidak ada orang lain yang akan menggantikannya."

55. "Sekarang aku tahu mengapa kamu selalu memintaku untuk kuat, karena kamu tahu aku bakalan butuh kekuatan untuk menanggung kepergianmu. Aku merindukanmu, ibu.

56. "Para ibu tidak pernah benar-benar pergi, mereka hanya menjaga rumah di langit, Mereka memoles matahari di siang hari dan menerangi bintang-bintang yang bersinar di malam hari, menjaga sinar bulan bersinar perak dan di rumah surgawi di atas mereka menunggu untuk menyambut orang-orang yang mereka cintai. " - Helen Steiner Rice.

57. "Pelukan seorang ibu bertahan lama meski dia telah melepasnya."

58. "Engkau adalah wanita yang hebat, perawat yang hebat, dan di atas segalanya, ibu yang hebat."

59. "Kematian meninggalkan luka hati yang tidak bisa disembuhkan oleh siapa pun, cinta meninggalkan kenangan yang tak bisa dicuri oleh siapa pun.

60. "Kapan ibu mencium keningku lagi."

4. Kata-Kata Rindu Ibu yang Menyentuh Hati

Dan yang terakhir yaitu ada kata-kata rindu ibu yang menyentuh hati. Kata-kata ini bisa menjadi sebuah ungkapan rindu yang indah untuk kalian berikan pada ibu tercinta. Berikut ini beberapa kata-kata rindu ibu yang menyentuh hati tersebut:

61. "Jika saya tidak memiliki Anda sebagai seorang ibu, saya akan memilih Anda sebagai teman."

62. "Aku tidak bisa meminta ibu yang lebih baik. Bahkan dalam kekuranganmu, aku melihat kesempurnaan."

63. "Seorang ibu adalah teman paling sejati yang kita miliki."

64. "Ibu, saya tidak bisa cukup berterima kasih atas apa yang telah kau lakukan untuk saya. Kau selalu ada saat aku sangat membutuhkanmu."

65. "Lengan seorang ibu lebih nyaman daripada lengan orang lain." - Putri Diana

66. "Saat Anda melihat ibu Anda, Anda sedang melihat cinta paling murni yang pernah Anda kenal." - Charley Benetto

67. "Bagi dunia, Anda adalah seorang ibu. Bagi sebuah keluarga, Anda adalah dunia."

68. "Guru pertama seorang anak adalah ibunya." - Peng Liyuan

69. "Ada alasan mengapa beberapa orang dapat mencapai apa pun. Itu karena mereka mendengarkan ibu mereka."

70. "Hati seorang ibu adalah jurang yang dalam di mana Anda akan menemukan pengampunan." - Honore de Balzac

71. "Tidak ada pengaruh sekuat pengaruh ibu." - Sarah Josepha Hale

72. "Ibu - itu adalah bank tempat kita menyimpan semua rasa sakit dan kekhawatiran kita." - T. DeWitt Talmage

73. "Tidak ada bahasa yang bisa mengungkapkan kekuatan dan keindahan dan kepahlawanan cinta seorang ibu." - Edwin Chapin

74. "Seorang ibu adalah seseorang yang dapat menggantikan semua orang, tetapi tempatnya tidak dapat diambil oleh orang lain."

75. "Tempat terbaik untuk menangis adalah di pelukan ibu." - Jodi Picoult

76. "Saat kau menatap mata ibumu, kau tahu itulah cinta paling murni yang bisa kau temukan di dunia ini." - Mitch Albom

77. "Lengan seorang ibu terbuat dari kelembutan dan anak-anak tidur nyenyak di dalamnya." - Victor Hugo

78. "Murni, teduh, dan lembut. Itulah hati terbaik yang pernah diciptakan Tuhan. Itu semua adalah hatimu, Ibu."

79. " Ibu yang sangat mencintaimu mendengar apa yang kamu katakan bahkan memahami apa yang belum kau katakan."

80. "Tidak pernah ada yang bisa menggantikan Ibu untuk menjadi pelindung sayapku."

Itulah 80 kata-kata rindu ibu yang penuh makna dan menyentuh hati. Semoga dengan kata-kata rindu ibu ini dapat menjadi sebuah ungkapan indah untuk kalian yang sedang merindukan ibu tercinta.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI