79 Kata-Kata untuk Anak Kecil Menyentuh Hati, Ungkapan Sayang dan Doa Terbaik Orangtua

Kamis, 29 Juli 2021 14:55
79 Kata-Kata untuk Anak Kecil Menyentuh Hati, Ungkapan Sayang dan Doa Terbaik Orangtua
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Kata-kata untuk anak kecil bisa jadi pesan nasihat membuatnya tumbuh menjadi pribadi yang terbaik. Sebab itulah terkadang orangtua perlu memberikan contoh baik kepada anaknya agar mereka menirukan dan mempelajari hal-hal baik dari orang dewasa.

Seorang anak kecil umumnya sangat mudah mengingat dan menirukan apa yang dilakukan orang dewasa. Inilah mengapa sebagai orangtua perlu memilih segala hal yang baik agar dijadikan contoh buat anak-anaknya.

Termasuk memberikan pesan nasihat melalui kata-kata untuk anak kecil di bawah ini. Sehingga dengan pesan nasihat tersebut, seorang anak bisa merenungkan dan introspeksi diri atas kesalahannya. Hal ini perlu dibentuk sejak usia kecil agar dia tumbuh jadi pribadi terbaik di masa depan.

Selain itu, ada pesan menyentuh yang diberikan orangtua untuk anaknya. Adapun kata-kata untuk anak kecil yang menyentuh hati dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

 

 

1. Kata-Kata untuk Anak Kecil Menyentuh Hati

Kata-kata untuk anak kecil berikut ini mengandung pesan menyentuh dari orangtua. Sebab ada doa terbaik untuk anak dari orangtua agar kehidupan mereka dipenuhi keberkahan dan kemudahan. Berikut ulasannya tentang kata-kata untuk anak kecil menyentuh hati dari orangtua.

1. "Kamu harus sehat, bisa merawat dirimu sendiri, dan berbahagialah dengan hal-hal indah yang membuat kamu itu kamu."

2. "Anakku, jangan bersedih meski tadi Ibu memeluk dirimu sejenak saja, karena yang perlu kamu tahu, hati ibu memelukmu selamanya."

3. "Aku berharap kalau anak perempuanku tumbuh dengan berdaya dan tidak mendefinisikan dirinya sendiri hanya dengan penampilannya saja, tetapi dengan kualitas yang membuatnya pintar, kuat, dan wanita yang bertanggung jawab."

4. "Yang paling aku harapkan untuk anak perempuanku adalah supaya ia bisa melambung tinggi di langitnya sendiri, di mana pun itu."

5. "Nak, kita dilahirkan oleh Tuhan hidup di dunia ini dalam keadaan berbeda-beda bentuk. Kenapa kamu harus takut untuk berbeda dalam hal-hal yang bersifat kebenaran, bahkan cita-cita sekalipun jangan pernah takut."

6. "Sebuah harapan akan menguatkanmu untuk terus bermimpi, maka teruslah berharap sesuatu yang baik."

7. "Walau mustahil menjadi ibu yang sempurna, namun seorang ibu pasti berusaha untuk menjadi ibu terbaik bagi anak-anaknya."

8. "Kedua orangtuamu adalah malaikat yang selalu menyembunyikan sayapnya untuk melindungimu."

9. "Saat semua orang menghina dan menjauhimu karena kekalahanmu, tapi saat itu ibumu tidak pernah menjauh atau pun malu untuk tetap bersamamu."

10. "Yang paling aku harapkan untuk anak perempuanku adalah supaya ia bisa melambung tinggi di langitnya sendiri, di mana pun itu."

 

 

2. Kata-Kata untuk Anak Kecil Tersayang

Sejumlah kata-kata untuk anak kecil berikut ini bisa jadi tanda cinta dan sayang orangtua. Meski masih kecil, terkadang orangtua perlu mengungkapkan rasa sayang dan cintanya dalam bentuk kata-kata agar membuatnya merasa diperhatikan, disayangi, ataupun dicintai. Berikut ulasannya tentang kata-kata untuk anak kecil tersayang.

11. "Kamu adalah sebuah pelangi untuk aku jaga. Aku akan selalu mengawasi dan tidak akan pernah memalingkan pandangan darimu." - Vesna Bailey

12. "Kebahagiaanmu adalah kebahagiaan mama."

13. "Seorang juara hanyalah seseorang yang tidak menyerah saat menginginkannya." - Tom Landry

14. "Ibu yang sangat mencintaimu mendengar apa yang kamu katakan bahkan memahami apa yang belum engkau katakan."

15. "Dari semua hal yang pernah kudekap dengan tanganku, kamu adalah yang terbaik."

16. "Harta seorang ibu adalah putrinya."

17. "Mama tahu kamu sakit ketika mama menghukummu, tapi tahukah sakit yang mama rasakan?"

18. "Senyumnya membuatku tersenyum. Tawanya menular. Hatinya murni dan sejati. Di atas segalanya, saya senang bahwa dia adalah putri saya."

19. "Kita boleh berharap, tapi tidak bermimpi kosong, cobalah untuk menjadikannya nyata nak, walau tidak sempurna."

20. "Kasih sayang seorang ibu tidak ada batasnya."

 

 

3. Kata-Kata Mutiara untuk Anak Kecil Bijak

Kata-kata Mutiara untuk anak kecil di bawah ini mengandung pesan bijak dan bermakna. Selain itu ada pesan penyemangat buatnya agar menjadi pribadi yang tidak mudah menyerah, selalu berbesar hati, bertutur kata dan bertindak lebih berhati-hati. Bukan hanya pesan bijak untuk anak dari orangtua, melainkan orangtua juga bisa mengambil pelajaran dari kata di bawah ini tentang anak-anak. Berikut ulasannya tentang kata-kata mutiara untuk anak kecil mengandung pesan bijak.

21. "Di kala kamu merasakan kesedihan yang luar biasa, maka sholatlah dan beribadah maka Allah akan memberikan keindahan padamu di suatu hari nanti."

22. "Seorang juara hanyalah seseorang yang tidak menyerah saat menginginkannya." - Tom Landry

23. "Semakin berat masalahmu, semakin kuat dirimu. Dan itulah yang membuat dirimu semakin baik."

24. "Sebuah harapan akan menguatkanmu untuk terus bermimpi, maka teruslah berharap sesuatu yang baik."

25. "Muliakanlah anak-anakmu dan didiklah mereka dengan baik." - Hadis

26. "Janganlah sampai kita melupakan Tuhan di kala kita senang, maka di waktu sulitmu Tuhan akan mempermudah jalannya."

27. "Sesulit apapun masalah yang kamu hadapi cobalah untuk selalu sabar menghadapinya, karena dengan kesabaran masalah apapun akan mudah diselesaikan."

28. "Teruslah tersenyum, karena hidup itu indah dan ada banyak hal yang bisa disyukuri." - Marilyn Monroe

29. "Menyelesaikan sebuah tanggung jawab itu bagaikan sebuah petualangan. Ketika kau bisa melakukannya, kau tau siapa pemenangnya."

30. "Saat hidupmu bahagia, ibumu tidak pernah memintamu untuk membagi kebahagiaanmu kepadanya, tapi saat kamu terluka ibumu selalu datang untuk menerima bagian dari lukamu."

31. "Sepintar apapun kamu ibu tetap akan bilang 'jangan pernah berhenti mendengarkan nasihat' karena hati akan buta jika kehilangan nasihat."

32. "Iman adalah mempercayai sesuatu ketika akal sehat memberi tahumu untuk tidak melakukannya."

33. "Sebaik-baiknya anak adalah dia yang mengutamakan kepentingan orang tuanya daripada kepentingan pribadinya."

 

 

4. Kata-Kata untuk Anak Kecil Penuh Nasihat

Ketika anak melakukan kesalahan tentunya sebagai orangtua perlu mengingatkannya dengan memberikan nasihat. Pesan nasihat dari orangtua untuk anaknya dapat membantu dia merenungkan segala kesalahan dan introspeksi diri agar tak mengulanginya. Dengan begitu, seorang anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang baik dan bijak di masa depan. Termasuk nasihat untuk anak kecil, meski usianya masih terbilang belia memberikan pelajaran berharga buatnya tentunya juga penting bagi orangtua. Berikut kata-kata untuk anak kecil penuh nasihat berharga.

34. "Jangan pernah menyalahkan orang lain atas kesedihanmu, karena kebahagiaanmu adalah urusanmu. Kebahagiaanmu harus dari dalam dirimu."

35. "Siapapun yang menjadikan Allah hanya Tuhan kita satu-satunya, maka kita tak akan pernah terjebak dalam rasa kecewa dan kegelisahan."

36. "Bersyukurlah atas apa yang kamu miliki; kamu akan berakhir dengan memiliki lebih banyak. Jika kamu berkonsentrasi pada apa yang tidak kamu miliki, kamu tidak akan pernah memiliki cukup." - Oprah Winfrey

37. "Selalu ada alasan untuk setiap hal yang terjadi. Tidak ada seorang pun yang datang dan pergi di hidupmu tanpa seizin Tuhan."

38. "Jangan pernah berbohong selama kamu hidup,karena di dalam kehidupan ini selalu ada suatu hal yang harus dipilih. Lebih baik pilihlah jadi orang baik, karena kebaikan itu akan datang sendiri. Maka dari itu kamu suatu saat nanti akan mendapat yang baik juga."

39. "Cobalah untuk tidak menjadi orang sukses, melainkan mencoba menjadi orang yang berharga." - Albert Einstein

40. "Jangan pernah mengeluh kepada Tuhanmu, sesungguhnya apa yang Tuhanmu kehendaki itu yang terbaik untukmu."

41. "Ingatlah, apapun kesalahan yang kamu perbuat di hari yang lampau. Semua akan berlalu dan kamu harus memperbaiki kesalahanmu tersebut, semoga semua kebaikan yang kamu lakukan menjadi berkah dan rahmat bagi orang yang ada di sekitarmu."

42. "Sesama manusia kita janganlah saling dendam karena Allah akan menjauhkan keberkahan dan pahala pada kita."

43. "Jangan takut untuk membuat sebuah kesalahan. Tapi pastikan kamu tidak melakukan kesalahan yang sama dua kali." - Akio Morit

44. "Janganlah sampai kita melupakan Tuhan di kala kita senang, maka di waktu sulitmu Tuhan akan mempermudah jalannya."

45. "Menjadi anak yang saleh dan tidak pernah menyakiti hati orangtua itulah hal yang paling diinginkan orangtua kita."

 

 

5. Kata-Kata Tentang Anak Kecil untuk Orangtua

Beberapa referensi kata-kata tentang anak kecil seperti ulasan di bawah ini dapat dijadikan renungan untuk orangtua. Sebab selain memberikan nasihat, terkadang seorang anak kecil juga membutuhkan contoh dari orangtua. Dengan begitu, mereka juga bisa menirukan hal-hal baik dari orangtua.

46. "Menjadi panutan bukan tugas anak sulung kepada adik-adiknya, tapi tugas orang tua kepada semua anaknya."

47. "Anak-anak lebih membutuhkan contoh dibandingkan kritik."

48. "Anak adalah peniru terbaik, jadi berikanlah mereka sesuatu yang hebat untuk ditiru."

49. "Anak-anak menginginkan waktumu lebih dari segalanya. Bermainlah bersama mereka, ajari mereka, dan sayangi mereka karena mereka adalah amanah dari Tuhanmu."

50. "Anak-anak itu amanah, hanya boleh dididik sesuai keinginan yang menitipkan, bukan sesuai hawa nafsu kita."

51. "Hendaklah adab sopan anak-anak itu dibentuk sejak kecil karena ketika kecil mudah membentuk dan mengasuhnya. Belum dirusakkan oleh adat kebiasaan yang sukar ditinggalkan." - Hamka

52. "Jangan paksa anakmu untuk menjadi seperti dirimu karena mereka tidak terlahir di zamanmu." - Ali bin Abi Thalib

53.. "Anak-anak jarang salah dalam mengutip suatu hal. Malah biasanya mereka mampu menirukan kata demi kata hal-hal yang tak seharusnya Anda ucapkan."

54. "Anak-anak perlu diberi kesempatan untuk mencoba agar mereka tahu bahwa mereka bisa. Bila orang tua selalu menggerakkannya, ia hanya akan jadi boneka."

55. "Semua anak adalah baik karena Allah telah menginstal di dalam dirinya fitrah yang lurus."

56. "Muliakanlah anak-anakmu dan didiklah mereka dengan baik." - Hadis

57. "Anak terlahir ke dunia dengan kebutuhan untuk disayangi tanpa kekerasan, bawaan hidup ini jangan sekalipun didustakan." - Widodo Judarwanto

58. "Ajari anakmu bahwa mereka adalah pribadi yang unik. Dengan begitu, mereka tak akan merasa terbebani untuk menjadi sama seperti orang lain."

59. "Jika Anda ingin anak Anda berkembang, biarkan mereka mendengar hal baik yang Anda katakan tentang mereka kepada orang lain." - DR Haim Ginott

 

 

6. Kata-Kata untuk Anak Kecil dari Seorang Kakak

Selain orang tua, seringkali seorang kakak juga bisa menjadi contoh buat adik-adiknya. Seperti ulasan di bawah ini tentang kata-kata untuk anak kecil dari seorang kakak. Langsung saja simak referensinya tentang kata-kata untuk anak kecil dari seorang kakak.

60. "Berjuanglah sekuat tenaga, dik. Jangan menyerah! Kakak tahu, kamu adalah orang yang paling kuat yang pernah kakak kenal."

61. "Kakak hanya ingin, engkau belajar, bahagia, sekolah yang pandai, dan menjadi orang yang sukses."

62. "Tahukah kamu, dik? Memiliki adik sepertimu adalah karunia yang sangat luar biasa."

63. "Walaupun kakak sering memarahimu, tapi kakak akan tidak sudi jika ada orang lain yang mencoba mencelakaimu."

64. "Semua orang dilahirkan tidak sempurna. Namun, menurutku, engkau sudah terlahir sempurna sebagai seorang adik."

65. "Saat ayah dan ibu tidak mengerti, saudara pasti mengerti."

66. "Kamu dan aku adalah kakak dan adik selamanya. Ingatlah selalu bahwa jika kamu jatuh, aku akan mengangkatmu, segera setelah aku selesai tertawa."

67. "Aku memiliki keluarga yang luar biasa, dan aku memiliki kehidupan yang sangat menyenangkan."

68. "Aliran darah mereka adalah satu. Sehingga, saat ada 1 yang tersakiti, maka hati yang lain akan ikut terluka."

69. "Tidak ada cinta seperti cinta untuk saudara dan tidak ada cinta seperti cinta dari saudara." - Astrid Alauda

70. "Kakak beradik memang begitu jahil dan menyebalkan. Namun, itulah cara mereka untuk menunjukkan rasa kasih sayangnya."

71. "Apakah permata itu? Yakni cinta yang kuat di antara saudara, rasa kasih sayang di antara kaum sedarah."

72. "Hubungan persaudaraan itu bagaikan jalanan, kadang jalannya mulus, kadang juga menikung dengan sangat tajam."

73. "Baik-baiklah pada saudaramu, mereka adalah hubungan terbaikmu di masa lalu dan akan selalu bersamamu di masa depan."- Baz Lurhmann

74. "Mempunyai saudara kandung adalah anugerah, yang harus dijaga sebaik-baiknya"

75. "Keluarga seperti ranting di pohon. Kita tumbuh di arah yang berbeda namun akar kita tetap satu."

76. "Adikku tercinta, selamat ulang tahun! Semoga bertambahnya usiamu ini bertambah juga kecerdasanmu di sekolah agar kamu berprestasi."

77. "Ketika masalah datang, keluargamu yang mendukungmu"

78. "Kakak dan adik, Aku beritahu kamu, itu tidak pernah berubah." - Janet Jackson

79. "Kita satu darah, hanya dilahirkan berbeda hari, bulan, atau bahkan tahun. Tapi, aku percaya jika ikatan keluarga mampu memberi semangat untuk saling berbagi dan mengasihi satu sama lain.

Nah itulah kata-kata untuk anak kecil menyentuh hati, ungkapan sayang dan doa terbaik orang tua. Kata-kata di atas dapat dijadikan referensi buat orang tua atau orang dewasa dalam memberikan contoh terbaik buat anak kecil.

 

 

 

(kpl/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI