54 Kata-Kata Perjuangan Pemuda dan Mahasiswa, Pembakar Semangat Wujudkan Keadilan

Rabu, 28 Juli 2021 18:44 Penulis: Anik Setiyaningrum
54 Kata-Kata Perjuangan Pemuda dan Mahasiswa, Pembakar Semangat Wujudkan Keadilan
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Sejak Indonesia belum merdeka, para pemuda selalu berada di garda depan perjuangan. Mereka bersatu untuk menumpas ketidakadilan dan mengusir penjajah dari tumpah darah. Mestinya, kata-kata perjuangan pemuda pada masa itu bisa menjadi sumber kekuatan bagi pemuda masa kini untuk melanjutkan cita-cita bangsa.

Meski sudah merdeka, tentu kalian tahu masih banyak kebobrokan yang mesti diperbaiki. Jika menurut kalian itu terlalu muluk-muluk, minimal renungkan dulu kata-kata perjuangan pemuda untuk memperbaiki diri. Setelah kalian memahami maknanya, kesadaran kalian akan tergerak untuk mengubah kebiasaan buruk di sekitar.

Tak perlu jauh-jauh, kasus korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), penyebaran berita hoax, hingga kekerasan yang terjadi di sekitar kalian perlu diperangi. Tanpa berkoar-koar menjadikan diri sebagai aktivis, kalian bisa mengambil pesan yang tersimpan dalam kata-kata perjuangan pemuda yang dilansir dari beberapa sumber berikut ini.

 

1. Kata-Kata Perjuangan Pemuda

Perjuangan tak hanya tentang merebut kemerdekaan dari penjajah. Pesan dari kata-kata perjuangan pemuda bisa kalian pakai untuk meraih kesadaran bahwa kebebasan bisa dimulai dari diri sendiri. Dengan jiwa bebas, langkah kalian akan makin ringan untuk menapaki jalan menuju masa depan.

1. "Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun."

2. "Sekali merdeka, tetap merdeka! Jika kita merasa telah merdeka, maka seharusnya perasaan lemah dan tak berdaya tidak lagi bercokol dalam diri kita."

3. "Darahmu tumpah di tanah pusaka. Jiwamu mengawal tegaknya Indonesia. Engkau pahlawanku. Engkau kusuma negaraku."

4. "Jasa pahlawan, jasa penuh kenangan. Jasa yang tak akan mampu dibeli dengan harta, Jasa yang punya tujuan "Merdeka atau Mati", Saudaraku, mari kita bangkit bersama. Membangun negeri tercinta."

5. "Kobarkan semangat, lumpuhkan rasa takut dan mulailah bergerak menuju sebuah tujuan untuk terciptanya sebuah kemerdekaan."

6. "Apabila kita tak mampu memberikan yang terbaik bagi negara, agama maupun keluarga. Maka tancapkanlah dengan sifat jujur, peduli dengan rakyat, dan pada diri sendiri. Karena tanpa sebuah kejujuran, negara maupun isinya akan terasa rapuh dan pasti akan mudah kembali terjajah."

7. "Hidup ini tidak semudah membalikkan telapak tangan, maka bersungguh-sungguhlah dalam berjuang."

8. "Barangsiapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam."

9. "Merah darahku merupakan ungkapan jika semangat yang terus berkobar tak akan padam sampai pada tetesan darah terakhir. Putih tulangku merupakan mental baja yang tak akan pernah pudar walaupun panasnya peluru menembus tubuh kita yang renta."

10. "Tuhan menciptakan bangsa untuk maju melawan kebohongan elit kalangan atas, hanya bangsanya sendiri yang mampu mengubah nasib negerinya sendiri."

11. "Tidak ada hasil yang memuaskan tanpa adanya kerja keras dan perjuangan. Tidak ada hasil dari perjuangan dan kerja keras yang tidak menghasilkan apa-apa."

12. "Indonesia bukan sekadar nama. Ada kenangan, cinta dan luka di sana. Ada tempat bertualang dan tempat pulang. Ada saya dan kau yang mencoba memperbaiki, dengan cara kita yang sederhana dan tak kenal lelah . Dirgahayu, Indonesiaku."

13. "Perbedaan itu ada bukan untuk dipermasalahkan, tapi untuk kita rayakan. Selamat Hari Kemerdekaan."

14. "Bakarlah semangat juang layaknya darah yang bergejolak, kuatkan lah tekad dan tujuan bagai pohon yang memiliki akar yang kuat dan jadikanlah warna merah sebagai semangatmu dan warna putih sebagai tekadmu karena merah putih warna benderamu."

15. "Jangan hanya di medsos saja semangat kemerdekaan dirasakan tetapi juga dalam hati kita tentu harus terus berkobar semangat mengisi kemerdekaan "Dirgahayu Republik Indonesia".

2. Kata-Kata Perjuangan Pemuda dan Mahasiswa

Pemuda dan mahasiswa merupakan barisan terdepan dalam perubahan. Maka tak heran jika kata-kata perjuangan pemuda zaman dulu masih sering digaungkan hingga kini. Spirit mereka memang layak diwarisi untuk melanjutkan cita-cita mulia bangsa Indonesia.

16. "Merah Putih dalam dada berkibar terhempas kibasan sayap burung garuda, untukmu Indonesia tercinta bukti perjuangan para pahlawan bangsa."

17. "Apabila engkau berpikir untuk bangkit, bisa jadi engkau akan lebih dalam mengenal yang namanya perjuangan. Bergerak bersama mencapai tujuan adalah satu di antara filosofi mahasiswa terbaik."

18. "Jangan hidup hanya berdasarkan apa kata orang. Sebagai mahasiswa kamu harus menjadi dirimu sendiri dan berani tampil berbeda melawan arus, bahkan ketika yang kamu lawan adalah kekuasaan."

19. "Jangan sepelekan suara mahasiswa. Kami ada untuk mengawal demokrasi supaya berjalan dengan semestinya."

20. "Hidup ini tidak lepas dari namanya perjuangan. Jangan menyerah, ayo kerahkan kekuatan bersama untuk menunjukkan bahwa marwah mahasiswa masih ada dan masih diperhitungkan."

21. "Tidak ada salahnya jika engkau memiliki impian, cita-cita, harapan, dan mimpi yang tinggi. Selagi engkau bisa berjuang, punya semangat dan tidak kenal lelah, maka jadilah yang terbaik."

22. "Mahasiswa adalah pelindung masyarakat yang turun ke jalan memperjuangkan aspirasi bersama."

23. "Saat engkau telah berhasil mencapai tujuan, maka engkau akan merasakan dan mengerti betapa indahnya kata perjuangan dan pengorbanan."

24. "Makin sulit sebuah perjuangan, maka akan makin indah ketika mencapai kemenangan. Jadilah mahasiswa yang tidak kenal lelah dalam meraih impianmu."

25. "Tidak ada yang salah dengan mahasiswa yang aktif berpolitik. Justru seorang mahasiswa yang berpolitik adalah mereka yang memiliki daya pikir kritis dan aktif dalam setiap penanganan permasalahan yang terjadi terhadap bangsa ini."

26. "Menjadi mahasiswa aktivis adalah pilihan buat kamu yang ingin berpolitik setelah lulus. Tetapi, lebih dari itu, kamu yang aktif di organisasi adalah sosok yang memiliki nilai lebih terhadap seni manajemen hidup."

27. "Jangan takut dengan penguasa. Tapi, takutlah akan hidup sebagai mahasiswa yang tidak bisa apa-apa dan tidak bisa memberikan kontribusi terhadap bangsa dan negara."

28. "Perjuangan mahasiswa aktivis bukan hanya proses penderitaan menuju tujuan, apalagi mendapatkan pujian. Akan tetapi, adalah suatu proses untuk memantaskan diri demi meraih tujuan mulia."

29. "Mahasiswa terbaik adalah mereka yang membawa perubahan positif bagi sekitarnya."

30. "Seorang pemenang yang berhenti sebelum bertanding, sebenarnya adalah seorang pecundang. Orang kalah yang terus berjuang setelah kalah, adalah pemenang sejati."

3. Kata-Kata Perjuangan Pemuda dari Para Tokoh Pembakar Semangat

Dengan membaca kata-kata perjuangan pemuda dari Soe Hok Gie, Soekarno, Kartini, dan tokoh lain ini akan membuat dada kalian terasa hangat. Perkataan mereka seperti pemantik yang bisa membakar semangat pemuda yang mungkin sedang didera putus asa. Jika kalian salah satunya, coba baca kutipan-kutipan berikut ini untuk menyalakan api semangat untuk berjuang lagi.

31. "Masih terlalu banyak mahasiswa yang bermental sok kuasa. Merintih kalau ditekan, tetapi menindas kalau berkuasa. Mementingkan golongan, ormas, teman seideologi dan lain-lain. Setiap tahun datang adik-adik saya dari sekolah menengah. Mereka akan jadi korban-korban baru untuk ditipu oleh tokoh-tokoh mahasiswa semacam tadi." - Soe Hok Gie

32. "Bagiku sendiri politik adalah barang yang paling kotor. Lumpur-lumpur yang kotor. Tapi suatu saat di mana kita tidak dapat menghindari diri lagi, maka terjunlah." - Soe Hok Gie

33. "Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata membela cita-cita." - M. Hatta

34. "Kita seolah-olah merayakan demokrasi, tetapi memotong lidah orang-orang yang berani menyatakan pendapat mereka yang merugikan pemerintah." - Soe Hok Gie

35. "Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri." - R.A. Kartini

36. "Patriotisme tidak mungkin tumbuh dari hipokrisi dan slogan-slogan. Seseorang hanya dapat mencintai sesuatu secara sehat kalau ia mengenal obyeknya. Dan mencintai tanah air Indonesia dapat ditumbuhkan dengan mengenal Indonesia bersama rakyatnya dari dekat. Pertumbuhan jiwa yang sehat dari pemuda harus berarti pula pertumbuhan fisik yang sehat. Karena itulah kami naik gunung." - Soe Hok Gie

37. "Kita tunjukkan bahwa kita adalah benar-benar orang yang ingin merdeka... Lebih baik kita hancur lebur daripada tidak merdeka" - Bung Tomo.

38. "Makin redup idealisme dan heroisme pemuda, makin banyak korupsi." - Soe Hok Gie

39. "Jangan kamu pernah merasakan bahwa cinta yang kamu rasakan itu membuatmu derita, sungguh tuhan memberikan cinta dalam hatimu adalah anugerah dan itu harus kamu syukuri." - Ir. Soekarno.

40. "Tulislah tentang aku dengan tinta hitam atau tinta putihmu. Biarlah sejarah membaca dan menjawabnya." - Ir. Soekarno.

41. "Orang tidak bisa mengabdi kepada Tuhan dengan tidak mengabdi kepada sesama manusia. Tuhan bersemayam di gubuknya si miskin." - Ir. Soekarno.

42. "Lebih baik diasingkan daripada menyerah pada kemunafikan." - Soe Hok Gie

43. "Janganlah melihat ke masa depan dengan mata buta! Masa yang lampau adalah berguna sekali untuk menjadi kaca bengala dari pada masa yang akan datang." - Ir. Soekarno

44. "Bangsa yang terdiri dari kaum buruh belaka dan menjadi buruh antara bangsa-bangsa. Tuan-tuan hakim itu bukan nyaman. Tidaklah karenanya wajib tiap-tiap nasional mencegah keadaan itu dengan seberat-beratnya?" - Ir. Soekarno

45. "Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata membela cita-cita." - Mohammad Hatta

46. "jika ada yang layak disebut pahlawan, maka ribuan rakyat yang gugur itulah yang paling layak menyandang sebutan pahlawan." - Bung Tomo

47. "Kemerdekaan merupakan sebuah mimpi yang menjadi kenyataan, tetapi juga merupakan sebuah gedung yang kosong. Menjadi tugas pendukung-pendukungnya untuk mengisi kemerdekaan." - Mohammad Hatta

48. "Kemerdekaan suatu negara dapat dijamin teguh berdiri apabila berpangkal pada kemerdekaan jiwa." - Ki Hadjar Dewantara

49. "Idealisme adalah kemewahan terakhir yang dimiliki oleh seorang pemuda." - Tan Malaka

50. "Buat apa wilayah seluas Sabang sampai Merauke, jika pemudanya kehilangan idealisme?" - Najwa Shihab

51. "Kemerdekaan suatu negara dapat dijamin teguh berdiri apabila berpangkal pada kemerdekaan jiwa." - Buya Hamka.

52. "Saya putuskan bahwa saya akan demonstrasi. Karena mendiamkan kesalahan adalah kejahatan." - Soe Hok Gie

53. "Jangan kau penjarakan ucapanmu. Jika kau menghamba pada ketakutan, kita akan memperpanjang barisan perbudakan." - Wiji Tukul

54. "Ilmu jangan jadi objek hafalan. Ilmu itu untuk memahami dan menuntaskan persoalan." - Najwa Sihab

Nah, itulah kata-kata perjuangan pemuda yang bisa jadi pemantik saat api semangat dalam dada kalian mulai redup.

(Sumber: Brilio.net, Merdeka.com, Bola.com)

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI