9 Penyebab Gatal Pada Selangkangan dan Cara Mengatasinya, Mudah Dipraktikkan

Selasa, 12 Januari 2021 19:11 Penulis: Nurul Wahida
9 Penyebab Gatal Pada Selangkangan dan Cara Mengatasinya, Mudah Dipraktikkan
Penyebab gatal pada selangkangan (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Rasa gatal pada kulit adalah keluhan yang sering dialami setiap orang. Ini juga dapat timbul pada area lembab atau lipatan tubuh tertentu termasuk selangkangan. Penyebab gatal pada selangkangan dapat terjadi karena beragam faktor pemicu dari infeksi jamur hingga iritasi.

Merasakan gatal pada selangkangan tentunya timbulkan perasaan tidak nyaman. Terutama apabila gatal muncul secara tiba-tiba saat kalian tengah beraktivitas yang terkadang mengganggu konsentrasi. Penyebab gatal pada selangkangan salah satunya dapat disebabkan oleh infeksi jamur yang menyerang area selangkangan. Ini terjadi karena selangkangan seringkali lembab dan menjadi tempat tumbuh kembang bakteri, jamur ataupun virus.

Jamur penyebab gatal pada selangkangan diketahui berasal dari kelompok jamur tinea. Namun ada beragam alasan rasa gatal bisa muncul pada area selangkangan. Misalnya saja terkait dengan kondisi cuaca ataupun iritasi terhadap produk tertentu. Berkaitan dengan rasa gatal yang muncul, umumnya gejala yang timbul masih terbilang ringan. Namun pada beberapa kondisi, peradangan dapat muncul akibat penyebab tertentu.

Selain itu gatal pada selangkangan juga bisa menjadi pertanda adanya masalah pada area organ vital baik infeksi jamur, virus ataupun mengalami dermatitis kontak.  Adapun penyebab gatal pada selangkangan dapat kalian simak melalui beberapa ulasan di bawah ini. Berikut penyebab gatal selangkangan telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Iritasi

Penyebab gatal pada selangkangan yang pertama dapat terjadi karena mengalami iritasi. Selain disebabkan oleh keringat berlebih yang terdapat pada area selangkangan, iritasi juga dapat dialami karena alasan tertentu. Beberapa faktor penyebab lain iritasi meliputi pemakaian produk pewangi pakaian, sabun, lotion tubuh, ataupun bahan kimia. Melansir dari healthhype.com, orang dengan kulit sensitif cenderung mengalami iritasi yang disebabkan oleh sejumlah produk perawatan tubuh ataupun bahan kimia tertentu.

Bahkan pada kulit yang sensitif menghilangkan rambut di area selangkangan menggunakan krim khusus juga bisa memicu iritasi. Begitu juga pemakaian celana dalam yang terlalu ketat dapat menyebabkan iritasi pada kulit selangkangan dengan rasa gatal.

 

2. Infeksi Jamur

Penyebab gatal pada selangkangan selanjutnya bisa dipicu oleh infeksi jamur. Seperti ulasan sebelumnya infeksi jamur yang termasuk kelompok tinea cruris bisa menjadi penyebabnya. Jamur tersebut dapat menimbulkan rasa gatal di selangkangan terutama menyerang area organ intim termasuk alat kelamin, paha ataupun pantat.

Melansir dari menshealth.com, jamur seringkali berkembang pada lokasi dengan area yang hangat, lembab, ataupun lokasi tertutup. Kondisi tersebut memungkinkan jamur lebih cepat berkembang dan menginfeksi kulit. Akibatnya rasa gatal dan ruam kemerahan pada kulit mungkin tidak dapat terhindarkan.

 

3. Intertigo

Melansir dari healthfully.com, penyebab gatal pada selangkangan bisa disebabkan karena mengalami intertigo. Intertigo adalah kondisi yang terjadi saat kulit mengalami ruam yang menyerang area lipatan tertentu termasuk selangkangan. Area selangkangan diketahui bisa mengalami kelembaban yang berlebihan karena beberapa kondisi yakni terkait suhu udara panas ataupun sirkulasi udara yang rendah.

Inilah yang menyebabkan intertigo dapat terjadi akibat permukaan kulit yang lembab saling bergesekan dengan pakaian hingga sebabkan iritasi. Akibatnya gejala gatal bahkan ruam merah bisa dirasakan pengidapnya.

 

4. Pakaian Dalam Terlalu Ketat

Seperti ulasan sebelumnya menggunakan pakaian dalam yang terlalu ketat juga dapat menyebabkan area selangkangan mengalami gatal. Sebab umumnya pakaian dalam ketat dapat meninggalkan bekas pada kulit termasuk memicu terjadinya gesekan antara kulit dan pakaian. Ini menyebabkan rasa gatal bahkan bisa memicu lecet kulit serta iritasi. Selain itu menggunakan pakaian dalam terlalu ketat juga dapat memperburuk kondisi gatal pada selangkangan apabila mengalami penyebab lain terkait dengan infeksi jamur, iritasi, ataupun intertigo.

 

5. Psoriasis

Psoriasis adalah peradangan pada kulit hingga memicu terjadi dengan ditandai gatal, terjadi penebalan, berisik, kulit kering, ataupun mudah terkelupas. Psoriasis dapat terjadi pada area tubuh manapun termasuk selangkangan. Melansir dari healthhype.com, salah satu jenis psoriasis yang muncul pada area selangkangan adalah psoriasis terbalik.

Gejala dari psoriasis terbalik meliputi ruam merah cerah, berkilau dan halus saat disentuh. Psoriasis jenis tersebut seringkali menyerang pada area lipatan tubuh termasuk payudara, ketiak, pangkal paha, ataupun selangkangan. Kejadian psoriasis terbalik dapat menghilang sepenuhnya namun bisa kambuh lagi dalam beberapa waktu.

 

6. Kutu Kemaluan

Penyebab gatal pada selangkangan juga dapat disebabkan oleh kutu kemaluan. Ya, selain di rambut, kutu juga dapat menyerang organ vital manusia seperti area intim. Kutu kemaluan biasanya menempel pada rambut kemaluan yang menyebabkan rasa gatal pada kulit. Selain itu terdapat bintik kecil pada rambut kemaluan juga bisa menjadi pertanda adanya kutu di area organ vital. Kutu ini  berukuran kecil berwarna cokelat atau putih keabu-abuan. Jika mengalami gatal area selangkangan, kutu kemaluan mungkin dapat menjadi penyebabnya.

 

7. Kurang Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan tubuh tentunya penting dilakukan terutama pada organ intim. Selain mendukung kesehatan area organ intim, kebersihan yang baik juga dapat mencegah beragam masalah yang muncul. Begitu juga dampaknya apabila kurang menjaga kebersihan organ intim dapat memicu sejumlah keluhan dan masalah kesehatan termasuk gatal area selangkangan.

Sebab, selangkangan termasuk area dengan suhu lembab, hangat dan tertutup. Area tersebut mudah untuk berkeringat bahkan memicu partikel lainnya menempel pada kulit meliputi sel kulit mati, bakteri, jamur atau bahkan urin dan feses. Jika tidak dibersihkan secara rutin dan benar, maka tidak menutup kemungkinan dapat memicu terjadinya rasa gatal. Iritasi dan infeksi bahkan menjadi dampak buruk apabila tidak menjaga kebersihan organ intim.

 

8. Herpes

Penyebab gatal pada selangkangan juga bisa disebabkan oleh herpes. Herpes termasuk infeksi menular seksual (IMS) yang terjadi karena infeksi virus.  Herpes ditandai dengan kulit kering, luka lepuh, ataupun ruam dan gatal. Herpes dapat menular melalui kontak langsung yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Berkaitan dengan gatal pada selangkangan, kondisi tersebut juga bisa menyerang area sekitar organ intim baik pada selangkangan ataupun anus. Gejala panas akibat gatal dan bengkak bahkan bisa dirasakan apabila mengalami infeksi virus herpes genital. Untuk mengatasinya konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut bisa dilakukan agar mendapat saran tepat terkait pengobatan infeksi herpes.

 

9. Waspadai Penyakit Pada Genital

Melansir dari hellosehat.com, penyebab selangkangan gatal juga dapat disebabkan oleh penyakit kelamin. Beberapa jenis penyakit kelamin tersebut meliputi penyakit hepes, klamidia, trikomoniasis ataupun gonere, ataupun lichen planus. Umumnya penyakit kelamin seringkali menyebabkan gejala gatal dan terasa panas. Hal ini juga dapat berdampak pada area selangkangan yang mengalami gatal. Untuk mengatasinya, konsultasi dengan dokter diperlukan agar mendapat pengobatan segera.

 

10. Cara Mengatasi Selangkangan Gatal

Adapun cara mengatasi selangkangan gatal dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Cara ini mudah untuk dipraktikkan dan dapat menjadi pencegahan awal ketika mengalami gatal pada selangkangan. Berikut cara mengatasi gatal pada selangkangan:

- Menggunakan krim, bedak ataupun obat anti-jamur pada area gatal.

- Membersihkan area selangkangan dengan air hangat dan sabun secara menyeluruh.

- Usahakan agar area selangkangan tetap kering baik setelah mandi ataupun berolahraga.

- Ganti pakaian dalam secara rutin terutama ketika terasa lembab.

- Gunakan pakaian dalam yang nyaman dan tidak terlalu ketat.

- Hindari menggaruk untuk mencegah lecet atau iritasi.

- Konsultasi dengan dokter untuk mengobati infeksi jamur, bakteri ataupun kutu penyebab gatal pada selangkangan.

Nah itulah 9 penyebab gatal pada selangkangan dan cara mengatasinya yang mudah dipraktikkan. Meski umumnya menimbulkan gejala yang ringan namun, konsultasi dan pemeriksaan bisa dipertimbangkan untuk mencegah tingkat risiko lebih lanjut.

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI