8 Penyebab Biang Keringat dan Gejalanya, Bisa Dipicu Suhu Udara

Penulis: Nurul Wahida

Diterbitkan:

8 Penyebab Biang Keringat dan Gejalanya, Bisa Dipicu Suhu Udara
Penyebab biang keringat (credit: freepik.com)

Kapanlagi.com - Keluhan kesehatan biang keringat seringkali dijumpai pada saat cuaca panas yang menyebabkan munculnya ruam kecil dan bintik merah. Kondisi ini memicu rasa gatal dan panas pada area kulit dengan biang keringat. Penyebab biang keringat dan gejalanya dapat dialami siapa saja namun lebih rentan terhadap balita.

Biang keringat adalah masalah umum yang kerap ditemui pada wilayah dengan iklim tropis. Biang keringat juga dikenal dengan sebutan miliaria rubra. Kondisi tersebut cenderung menyerang pada bayi ataupun balita. Sebab pada usia tersebut mereka akan lebih rentan terhadap kejadian biang keringat karena kelenjar keringat yang belum berkembang sempurna.

Meski begitu, biang keringat juga bisa dialami orang dewasa dengan gejala yang sama. Biang keringat seringkali muncul pada beberapa area seperti leher, dada, punggung ataupun lipatan tubuh lainnya. Biang keringat umumnya bukan menjadi masalah yang serius namun gejalanya seringkali cukup membuat tidak nyaman pengidapnya.

Ada beragam alasan seseorang dapat mengalami biang keringat baik dipicu faktor cuaca ataupun aktivitas harian tertentu. Selengkapnya berikut ini penyebab biang keringat dan gejalanya yang perlu diketahui. Adapun penyebab biang keringat telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Faktor Usia

Penyebab biang keringat yang pertama dapat terjadi karena faktor usia. Seperti diketahui sebelumnya bahwa biang keringat cenderung dialami bayi ataupun balita. Di mana pada usia tersebut mereka memiliki kelenjar keringat yang belum berkembang sepenuhnya. Kelenjar keringat yang belum berkembang secara sempurna ini bisa menyebabkan mereka cenderung lebih mudah terserang biang keringat.

Melansir dari mayoclinic.org, hal ini terjadi karena keringat tidak dapat dikeluarkan dengan mudah. Akibatnya keringat dapat terjebak di bawah kulit yang memicu terjadinya biang keringat. Kondisi ini bahkan dapat terjadi pada bayi yang baru lahir.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Beriklim Tropis

Penyebab biang keringat selanjutnya juga dapat dipicu oleh faktor cuaca. Di mana kejadian biang keringat cenderung lebih sering dialami pada orang-orang yang tinggal pada kondisi wilayah beriklim tropis. Sebab seperti diketahui iklim tropis cenderung memiliki suhu udara yang panas dan lembab. Di mana kondisi ini seringkali memicu terjadinya biang keringat. Untuk mengatasinya beberapa cara dapat dilakukan termasuk menjaga badan tetap sejuk dan hindari tempat lembab bersuhu panas.

3. Aktivitas Fisik Berat

Melakukan aktivitas fisik memang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun seringkali aktivitas fisik yang terlalu berat justru dapat memicu terjadinya beragam keluhan kesehatan. Salah satunya berkaitan dengan kejadian biang keringat yang dapat dialami. Melansir dari mayoclinic.org, beberapa aktivitas fisik berat seperti olahraga yang terlalu berat, kerja keras, atau kegiatan apapun yang menyebabkan keringat berlebih dapat memicu terjadinya biang keringat.

Untuk itu menjaga pola aktivitas dapat dilakukan untuk mencegah masalah biang keringat. Selain itu dengan mengontrol aktivitas fisik dapat mencegah masalah kesehatan seperti dehidrasi.

4. Keringat Berlebih

Penyebab biang keringat selanjutnya dapat dipicu oleh produksi keringat berlebih. Keringat berlebih dapat muncul karena beragam faktor meliputi, suhu udara, pakaian yang tidak tepat, ataupun aktivitas berat. Berkaitan dengan kejadian biang keringat, munculnya keringat berlebih adalah penyebab utama dari munculnya biang keringat. Kondisi ini juga dapat terjadi saat kalian tengah tidur dengan menggunakan selimut yang dapat menyebabkan suhu panas dialami hingga memicu biang keringat.

5. Terlalu Lama Berbaring

Seringkali kalian tentunya pernah mengalami keringat berlebih saat bangun tidur. Kondisi ini terjadi karena suhu panas yang timbul akibat terlalu lama berada di tempat tidur. Sebab terlalu lama berada di tempat tidur dapat memicu tubuh menjadi lebih lembab yang merupakan salah satu penyebab utama biang keringat.

Melansir dari mayoclinic.org, ruam panas atau biang keringat cenderung terjadi pada orang yang sering berbaring di tempat tidur dalam waktu lama. Terutama saat mereka juga mengalami demam yang bisa memicu terjadinya biang keringat.

6. Pakaian yang Terlalu Ketat

Penyebab biang keringat selanjutnya dapat dipicu oleh penggunaan pakaian yang terlalu ketat. Di mana pakaian yang terlalu ketat dapat membuat kulit menjadi lebih lembab yang tak lain memicu munculnya biang keringat. Bukan hanya ketat, pakaian yang terlalu hangat atau tebal namun digunakan pada cuaca panas juga bisa memicu biang keringat. Untuk itulah memilih pakaian yang cukup longgar namun nyaman dengan bahan yang menyerap keringat dapat dipertimbangkan untuk mencegah biang keringat.

7. Obesitas

Penyebab biang keringat juga cenderung dialami pada seseorang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas. Biang keringat tersebut seringkali muncul pada area lipatan tubuh seperti leher, perut ataupun selangkangan. Obesitas sendiri dapat terjadi karena beragam faktor pemicu terkait dengan pola makan yang salah, kurangnya aktivitas fisik, ataupun kondisi medis tertentu. Bukan hanya menyebabkan munculnya keluhan biang keringat pada kulit, obesitas juga dapat memicu gangguan kesehatan lainnya meliputi gangguan pernapasan, gangguan pada jantung ataupun gangguan pada pencernaan.

8. Efek Samping Obat Tertentu

Penyebab biang keringat dapat juga disebabkan oleh efek samping obat tertentu. Melansir dari medicalnewstoday.com, beberapa jenis obat dapat meningkatkan suhu tubuh yang menyebabkan perubahan pada kelenjar keringat. Kondisi ini dapat memicu terjadinya biang keringat.

Beberapa jenis obat tersebut salah satunya adalah obat untuk penyakit Parkinson dan obat penenang. Ketidakseimbangan cairan dalam tubuh menjadi efek samping dari obat-obatan tersebut yang dapat menyebabkan biang keringat.

9. Gejala Biang Keringat

Setelah memahami beberapa penyebab biang keringat, ada beragam gejala yang dapat memicu terjadinya biang keringat. Adapun gejala biang keringat tersebut sebagaiĀ  berikut dapat kalian kenali dengan mudah:

- Rasa gatal pada kulit.

- Terdapat benjolan kecil yang berisi cairan bening mudah pecah.

- Ruam merah.

- Iritasi yang terasa seperti ditusuk serta perih.

10. Cara Mengatasi Biang Keringat

Adapun cara mengatasi biang keringat sebagai berikut mudah untuk dipraktikkan. Berikut ini cara mengatasi biang keringat:

- Hindari lingkungan yang panas dan lembab.

- Menjaga kulit tetap sejuk dan kering untuk mencegah kulit lembab.

- Gunakan pakaian longgar dan ringan.

- Menggunakan eksfoliator lembut saat mandi ataupun berendam.

- Pakai krim atau lotion kortikosteroid untuk mengurangi gejala yang muncul akibat biang keringat.

- Hindari terlalu lama berbaring untuk mencegah biang keringat.

Nah itulah 8 penyebab biang keringat dan gejalanya yang dapat dipicu oleh suhu udara. Konsultasi dengan dokter dapat dipertimbangkan untuk membantu mengatasi masalah akibat biang keringat.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending