9 Penyebab Payudara Kendur yang Jarang Disadari, Penting Bagi Wanita

Selasa, 12 Januari 2021 17:11 Penulis: Nurul Wahida
9 Penyebab Payudara Kendur yang Jarang Disadari, Penting Bagi Wanita
Penyebab payudara kendur (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Payudara kendur seringkali menjadi keluhan bagi sebagian perempuan karena alasan yang tidak diketahui. Perempuan biasanya mengalami payudara kendur seiring bertambahnya usia yang memicu perubahan pada bentuk payudara. Penyebab payudara kendur ternyata banyak tak disadari salah satunya bisa dipicu oleh kebiasaan sehari-hari.

Payudara kendur juga dikenal dengan istilah ptosis payudara. Kondisi ini terjadi karena perubahan pada penampilan payudara yang cenderung kendur atau tidak kencang. Keluhan payudara kendur menjadi hal paling umum yang kerap terdengar di kalangan perempuan. Sebab setiap perempuan tentunya ingin menjaga kecantikan, penampilan dan kesehatan payudara dengan baik.

Selain itu memiliki payudara kencang juga dapat meningkatkan rasa percaya diri. Berkaitan dengan penyebab payudara kendur kondisi tersebut utamanya dapat dipengaruhi oleh faktor usia. Sebab seiring bertambahnya usia seseorang, payudara juga mengalami perubahan terutama pada bagian ligamen cooper.

Ligamen cooper dapat mempertahankan bentuk payudara termasuk menjaganya tetap kencang. Namun usia yang makin bertambah bisa menyebabkan ligamen cooper meregang. Ini memicu terjadinya payudara kendur. Akan tetapi penyebab payudara kendur juga bisa terjadi karena faktor lain yang perlu diketahui perempuan.

Adapun penyebab payudara kendur terdapat pada beberapa ulasan di bawah ini. Berikut penyebab payudara kendur yang jarang disadari telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Faktor Usia

Seperti ulasan sebelumnya faktor usia cukup berpengaruh terhadap masalah payudara kendur. Penyebab payudara kendur karena faktor usia terjadi karena ligamen pada jaringan payudara mulai meregang dan kehilangan elastisitas. Kondisi payudara yang semula kencang dapat menjadi kendur apabila kehilangan elastisitas. Melansir dari merdeka.com, memasuki masa menopause sistem penyangga jaringan dan lemak payudara lambat laun menghilang.

Sedangkan melansir dari verywellfamily.com, perubahan hormon diketahui berpengaruh terhadap struktur dan volume jaringan payudara. Selain itu dampak dari penuaan tak hanya menyebabkan area payudara kendur melainkan juga kulit bisa kehilangan elastisitas. Tak heran apabila salah satu tanda penuaan adalah munculnya kerutan atau garis-garis halus kulit.

2. Pengaruh Gravitasi

Siapa sangka pengaruh gravitasi juga bisa menjadi penyebab payudara kendur. Melansir dari verywellfamily.com, ketika menarik payudara ke bawah hal tersebut dapat meregangkan ligamen payudara yang menyebabkan kendur. Ligamen sendiri berfungsi untuk menjaga jaringan dan struktur payudara. Apabila terjadi tarikan gravitasi yang terlalu kuat atau tinggi bisa menyebabkan payudara mengendur. Terlebih jika perempuan melakukan kebiasaan bungkuk yang justru dapat mempercepat payudara mengalami kendur. Untuk itulah menjaga postur tubuh dengan benar perlu dipertimbangkan untuk mencegah keluhan payudara kendur.

3. Kebiasaan Merokok

Penyebab payudara kendur selanjutnya dapat terjadi karena kebiasaan merokok. Seperti diketahui kandungan zat dalam rokok dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh terutama pada perempuan. Berkaitan dengan payudara kendur, rokok cukup berpengaruh terhadap kondisi kulit payudara.

Sebab rokok bisa menyebabkan kulit kehilangan elastisitas yang memicu terjadinya payudara kendur. Kondisi ini bisa dialami bahkan terlepas dari faktor usia pada perempuan. Untuk itu menghindari aktivitas merokok bisa dilakukan agar mencegah masalah kesehatan tertentu termasuk pada payudara.

4. Faktor Genetik

Bagaimanapun juga faktor genetik tidak dapat terlepas dari beragam masalah kesehatan yang mungkin dimiliki seseorang. Salah satunya berkaitan dengan payudara kendur yang menjadi keluhan umum di kalangan perempuan. Penyebab payudara kendur karena faktor genetik ini dapat berpengaruh terhadap kekuatan ligamen cooper payudara. Begitu juga dengan bentuk ataupun ukuran payudara. Melansir dari healthshots.com, apabila memiliki anggota keluarga dengan ligamen rendah maka hal serupa juga dapat kalian miliki. Ini memicu terjadinya payudara kendur atau tidak kencang.

5. Kehilangan Berat Badan

Penurunan berat badan yang drastis juga berdampak pada payudara. Melansir dari healthshots.com, penurunan berat badan yang sangat drastis bisa membuat jaringan payudara mengalami perubahan. Ini menyebabkan kulit kehilangan elastisitas dan mengendur secara berlebih. Akibatnya payudara kendur dapat dialami sebagai dampak penurunan berat badan drastis. Begitu juga dengan kenaikan berat badan berlebih yang memicu perubahan bentuk payudara seperti meregangkan kulit sekitar payudara.

6. Ukuran dan Bentuk Payudara

Melansir dari verywellfamily.com, penyebab payudara kendur juga dapat dipengaruhi oleh ukuran dan bentuk payudara. Seperti diketahui setiap perempuan memiliki ukuran dan bentuk payudara yang beragam mulai dari kecil, besar, sedang, bulat, ataupun lain sebagainya. Berkaitan dengan payudara kendur, perempuan dengan bentuk payudara besar cenderung mengalaminya.

Sebab pada payudara kecil yang bagian bawahnya lebih bulat cenderung menahan bentuknya lebih baik dibandingkan dengan bentuk payudara besar. Selain itu payudara besar juga lebih berpotensi dapat berpengaruh terhadap gaya tarik gravitasi.

7. Bra Tidak Sesuai

Penyebab payudara kendur selanjutnya dapat dipicu oleh penggunaan bra yang tidak sesuai. Menggunakan bra berfungsi untuk menyangga payudara dan menjaga bentuk payudara agar lebih sempurna. Namun melansir dari merdeka.com, pemilihan bra yang tidak tepat justru dapat berdampak pada payudara kendur.

Seorang pakar onkologis dari Pedmont bernama Barry Roseman, M.D menyebutkan bahwa kurangnya sokongan pada payudara bisa berdampak pada bentuk payudara di kemudian hari. Sehingga perempuan perlu memahami ukuran bra yang tepat untuk digunakan.

8. Kurang Aktivitas Fisik

Kurangnya melakukan aktivitas fisik juga termasuk menjadi penyebab payudara kendur. Aktivitas fisik ini terutama berkaitan dengan olahraga yang dilakukan untuk mengencangkan area payudara yakni bagian lengan ataupun dada. Umumnya olahraga yang melatih kekuatan bagian atas tersebut jarang diperhatikan. Akibatnya kurangnya melakukan aktivitas fisik atau olahraga untuk menjaga kekencangan payudara dapat berdampak pada kondisi payudara kendur.

Namun perlu dipahami bahwa latihan fisik yang menyebabkan banyak gerakan pada payudara terlalu berlebihan juga dapat memicu terjadinya payudara kendur. Terlebih jika penyangga payudara yang digunakan tidak tepat maka berpotensi sebabkan ligamen meregang. Untuk itulah menggunakan bra khusus olahraga bisa dipilih agar mencegah masalah payudara kendur.

9. Efek Paparan Sinar Matahari Berlebih

Penyebab payudara kendur juga bisa disebabkan oleh efek paparan sinar matahari berlebih. Ini bisa disebabkan oleh paparan berlebih sinar ultraviolet yang memicu kerusakan kulit. Selain pada kulit yang terlihat seperti wajah ataupun tangan, efek paparan sinar matahari berlebih juga berdampak pada payudara. Salah satunya mengalami payudara kendur karena menyebabkan kulit payudara kehilangan elastisitas.

Nah itulah 9 penyebab payudara kendur yang jarang disadari. Pembahasan di atas perlu diketahui perempuan untuk menjaga kesehatan dan keindahan bentuk payudara.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI