9 Tempat Wisata Bersejarah di Jogja yang Nggak Kalah Populer dengan Wisata Kekinian

Rabu, 05 Februari 2020 19:16 Penulis: Iwan Tantomi
9 Tempat Wisata Bersejarah di Jogja yang Nggak Kalah Populer dengan Wisata Kekinian
Taman Sari ©Shutterstock


Kapanlagi Plus - Tempat wisata bersejarah di Jogja bukan melulu berupa candi. Lebih dari itu, Jogja juga memiliki banyak sekali destinasi wisata bersejarah yang begitu terkenal. Bahkan, beberapa bangunan bersejarah yang ada di Jogja merupakan warisan lintas dinasti, kerajaan maupun era.

Menariknya, tempat wisata bersejarah di Jogja ini kebanyakan masih asri dan terjaga dengan baik. Ini karena sebagian besar bangunan bersejarah di Jogja dilindungi dan dijadikan cagar budaya. Saking terawatnya, tempat wisata bersejarah di Jogja ini bahkan nggak kalah populer dengan wisata kekinian atau yang lagi hits sekarang di Jogja.

Bisa tebak kira-kira apa saja nama tempat wisata bersejarah di Jogja yang begitu populer ini?

1. Taman Sari Jogja

Dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I, tempat wisata bersejarah di Jogja ini sangat popular. Nggak sedikit orang terutama wisatawan yang mengambil foto-foto keren di Taman Sari.

Awalnya, tempat ini dibangun sebagai tempat tinggal istri dan selir raja, tetapi kini semua orang termasuk wisatawan bisa melihat langsung bagian dalam Taman Sari.

Di dalam Taman Sari terdapat 3 kolam besar. Kolam yang pertama bernama Umbul Kawitan yang berfungsi sebagai tempat mandi anak-anak keturunan sultan. Sementara kolam kedua diberi nama Umbul Sari yang pernah menjadi tempat mandi istir dan selir sultan.

Di bagian selatan Umbul Sari, terdapat sebuah bangunan tinggi tempat sultan melihat para selir mandi, yang kemudian dipilih salah satu olehnya untuk mandi bersama. Taman Sari bisa kamu kunjungi mulai jam 9 pagi sampai 3 sore.

2. Situs Warungboto Jogja

Dikenal juga sebagai pesanggrahan Rejowinangun, Situs Warungboto sebetulnya mirip dengan Taman Sari. Di dalam sana, wisatawan dapat melihat beberapa kolam tempat pemandian sultan.

Selain itu, wisatawan juga bisa melihat beberapa ruang di dalam pesanggrahan. Termasuk ruang utama, berupa ruang pengimaman dan kolam. Dulunya, Situs Warungboto Jogja ini menjadi tempat istirahat kerabat keraton Jogja, tetapi kini dibuka untuk umum sebagai tempat wisata.

Popularitas Situs Warungboto Jogja sebagai tempat wisata bersejarah di Jogja makin melejit, setelah dijadikan lokasi pre-wedding putri Presiden Jokowi, yaitu Kahiyang Ayu.

3. Museum Monumen Jogja Kembali

Jogja memiliki salah satu museum dengan bentuk bangunan unik bernama Museum Monumen Jogja Kembali. Salah satu tempat wisata bersejarah di Jogja ini dibangun untuk menandai keberhasilan perebutan Jogja dari tangan Belanda.

Itulah salah satu alasan kenapa tempat wisata bersejarah di Jogja ini dinamakan sebagai Museum Monumen Jogja Kembali. Adapun bagian dalam museum ini terbagi menjadi 3 lantai.

Kamu bisa melihat beragam koleksi berupa peninggalan para pejuang di seluruh lantai di Museum Monumen Jogja Kembali. Selain itu, cobalah mengamati bagian pintu masuk museum ini, karena terdapat 422 nama para pahlawan yang gugur saat perebutan Jogja dari jajahan Belanda.

4. Kotagede Jogja

Jogja juga memiliki salah satu tempat wisata bersejarah yang cocok banget dikunjungi buat wisatawan yang suka berfoto, terutama dengan latar atau konsep retro. Apa lagi kalau bukan Kotagede Jogja.

Kawasan ini sangat bersejarah, bahkan menjadi salah satu lingkungan tertua di Jogja. Sebab, Kotagede menjadi cikal bakal lahirnya kerajaan Mataram Islam. Sebagai bukti, kamu bisa melihat langsung kompleks Masjid Besar Mataram yang dikelilingi pagar batu dengan relief.

Selain itu, terdapat juga pelataran luas dengan beberapa pohon sawo kecik, serta bedug berukuran raksasa. Menariknya, Kotagede bukan saja dikenal sebagai tempat wisata bersejarah di Jogja, tetapi juga menjadi sentra kerajinan perak, seperti peralatan makan, beragam kotak, hingga perhiasan.

5. Benteng Vredeburg Jogja

Tempat wisata bersejarah di Jogja ini mudah banget ditemukan, lantaran dekat dengan kawasan terkenal Benteng Vredeburg Jogja. Saat masa kolonial, Benteng Vredeburg dimanfaatkan serdadu Belanda untuk mengontrol segala gerak-gerik di dalam Keraton Jogja.

Namun, tempat wisata bersejarah di Jogja tersebut kini menjadi museum. Di dalamnya, wisatawan bisa melihat diorama sejarah Indonesia, minirama, media interaktif, ruang audio visual, hingga beragam benda-benda bersejarah. Sejak dibangun, bangunan ini hampir nggak pernah berubah bentuknya.

6. Kampung Pecinan Jogja

Jogja nggak melulu identik dengan budaya Jawa, tetapi juga ada kebudayaan lain yang tinggal berdampingan. Ini sebagai bukti kemajemukan hidup di Jogja. Salah satu tempat wisata bersejarah di Jogja yang menyuguhkan kebudayaan berbeda ini adalah Kampung Pecinan Jogja.

Nggak sulit menemukan kampung pecinan ini, lantaran berlokasi tak jauh dari Malioboro, atau tepatnya sebelah utara Pasar Beringharjo. Kampung Pecinan Ketandan banyak dihiasai dengan beragam ornamen khas Tiongkok.

Selain itu, di Kampung Pecinan Ketandan Jogja ini kamu juga bisa mengunjungi beberapa tempat bersejarah, seperti Toko Roti Djoen hingga Toko Obat Bah Gemuk. Konon obat-obat herbal yang dijual di sana cukup manjur lho.

7. Candi Prambanan Jogja

Nggak ada yang meragukan Candi Prambanan sebagai salah satu tempat bersejarah di Jogja. Bahkan, popularitasnya makin hari makin melejit, kendati usianya sudah ratusan tahun.

Apalagi kini Candi Prambanan sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas wisata yang super lengkap, sehingga benar-benar memudahkan wisatawan yang berkunjung ke sana.

Selain itu, Candi Prambanan Jogja nggak hanya buka di siang hari. Di malam hari, kamu bisa menikmati indahnya penampilan Sendratari Ramayana. Pementasan kolosal tersebut dilangsungkan di pelataran di kompleks Candi Prambanan.

Menariknya iringan musik gamelan, semakin menghadirkan kesan mengagumkan saat melihat indahnya pertunjukan Sendratari Ramayana. Sebab, pertunjukan tersebut berlatar Candi Prambanan dalam sorotan lampu warna-warni di malam hari.

8. Museum Sonobudoyo Jogja

Ingin melihat pertunjukan wayang kulit yang benar-benar autentik? Datang saja ke Museum Sonobudoyo. Salah satu tempat wisata bersejarah di Jogja tersebut nggak hanya menghadirkan museum dengan beragam koleksi bersejarah.

Lebih dari itu, kamu juga bisa menyaksikan pertunjukan wayang kulit asli menggunakan bahasa Jawa, serta iringan gamelan Jawa. Museum yang berlokasi tepat di sebelah selan Alun-Alun Utara Jogja ini buka mulai jam 8 pagi sampai 2 sore.

9. Keraton Jogja

Tempat wisata bersejarah di Jogja ini pastinya amat familiar banget di kalangan wisatawan. Bahkan, hampir selalu masuk list agenda liburan ke Jogja.

Keraton Jogja sendiri menjadi istana resmi milik Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Selain berisi tempat tinggal sultan, kompleks Keraton Jogja juga tersedia museum.

Museum tersebut menyimpan beragam koleksi milik kesultanan. Selain itu, barang-barang pemberian raja-raja dari Eropa, gamelan, hingga replika pusaka keraton juga bisa dilihat langsung di dalam museum keraton Jogja.

Tempat wisata bersejarah di Jogja ini bisa kamu kunjungi setiap hari dari jam 9 pagi, hingga jam 2 siang. Sementara saat Jumat, wisatawan hanya boleh berkunjung sampai jam 11 siang.

Beragam tempat wisata bersejarah di Jogja tersebut sejatinya nggak pernah bosan dikunjungi. Selain menjadi ikon wisata Jogja dan memiliki akses yang mudah, tempat wisata bersejarah di Jogja tersebut juga menyimpan banyak nilai historis yang selalu mengundang rasa penasaran setiap pengunjung.

Wajar pada akhirnya, jika tempat wisata bersejarah di Jogja nggak kalah populer dengan wisata kekinian lainnya.

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI