98 Kata-Kata Bijak 2020 Paling Inspiratif dan Memotivasi, Penuh Pelajaran Hidup

Senin, 13 September 2021 10:44
98 Kata-Kata Bijak 2020 Paling Inspiratif dan Memotivasi, Penuh Pelajaran Hidup
Ilustrasi (credit: shutterstock.com)


Kapanlagi Plus - Perjalanan tahun 2020 bisa dibilang tidaklah mudah. Pasalnya, situasi pandemi covid-19 membuat hidup setiap orang terasa berubah drastis. Meski sulit untuk dijalani, ada pelajaran berharga yang bisa kalian jadikan renungan melalui kata-kata bijak 2020.

Situasi pandemi covid-19 yang terjadi di awal tahun 2020 sampai saat ini masih terasa begitu hebat dampaknya. Setiap orang merasakan betapa sedih, cemas, dan khawatir menghadapi situasi di tahun 2020. Namun, hidup terus berjalan, segala peristiwa di tahun 2020 harusnya bisa dijadikan bahan introspeksi diri buatmu lebih baik dalam menyikapi segala persoalan hidup.

Seperti kata-kata bijak 2020, mengandung pesan mendalam tentang persoalan hidup yang bisa dijadikan motivasi dan nasihat. Selain itu, kata-kata bijak 2020 dapat juga menguatkan dan membuatmu lebih tegar.

Berikut ulasannya tentang kata-kata bijak 2020 paling inspirasi, memotivasi dan bikin semangat telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Kata-Kata Bijak 2020 Paling Inspiratif

Seberapa beratnya tahun 2020 selalu ada hikmah terbaik yang membantumu lebih bijak dalam menghadapi persoalan hidup. Karena itulah segala peristiwa yang terjadi di tahun 2020, harusnya bisa dijadikan pelajaran hidup berharga. Seperti kata-kata bijak 2020 di bawah ini mengandung pesan inspirasi membantumu kuat dan tegar.

1. "Hidup bukan untuk berhenti dalam meratapi kesedihan masa lalu, tapi untuk berjalan menuju kebahagiaan sesungguhnya di masa depan."

2. "Belajar tenang, karena saya pernah menyesal terburu-buru. Belajar berhenti marah, karena saya sering melihat penyesalan karena marah. Belajar ikhlas, karena saya tahu Allah Maha Adil. Belajar memulai lagi, karena hidup terus berjalan."

4. "Dalam kesehatan terdapat kebebasan. Kesehatan adalah hal paling pertama dalam semua kebebasan." - Henri Frederic Amiel

5. "Kesempatan terbaik selalu datang saat sabar menunggu."

6. "Janganlah memelihara kebiasaan buruk sambil berdoa meminta kesehatan dan umur panjang." - Mario Teguh

7. "Kata-kata tahun lalu milik bahasa tahun lalu dan kata-kata tahun depan menunggu suara lain."

8. "Daripada mengkhawatirkan hal yang tak bisa kau kontrol, alihkan energimu untuk sesuatu yang bisa kau ciptakan." -Roy T. Bennet

9. "Bermimpilah dalam hidup, jangan hidup dalam mimpi." - Andrea Hirata

10. "Hal yang berat biasa dialami oleh orang-orang biasa untuk satu tujuan yang luar biasa."

11. "Kunci dari segala kebahagiaan adalah bersyukur. Jika banyak, kamu bersyukur. Jika sedikit, kamu juga bersyukur sehingga tak ada celah bagi kesedihan."

12. "Semua emosi atau perasaan selalu berawal dari pikiran. Bahkan yang memutuskan untuk dapat menjadi orang paling bahagia saat ini dan seterusnya adalah kamu sendiri dan apa yang ada dalam pikiran kamu."

13. "Hanya orang-orang yang bersabarlah yang disempurnakan pahala tanpa batas." - QS Az Sumar: 10

14. "Sejak kita menginginkan keindahan dan kebahagiaan hidup, jadikanlah sabar sebagai sahabat, dan ikhlas sebagai penguat langkah."

15. "Memaafkan tapi jangan melupakan, atau kau akan tersakiti lagi. Memaafkan mengubah pandangan, melupakan menghapus pelajaran." - Paulo Coelho

16. "Apa yang kamu pikirkan, itulah yang akan kamu dapatkan. Teruslah berpikir positif."

17. "Semua cobaan akan berlalu jika kita selalu bersabar."

18. "Kita berdoa kalau kesusahan dan membutuhkan sesuatu, mestinya kita juga berdoa dalam kegembiraan besar dan saat rezeki melimpah." -Kahlil Gibran

19. "Dahulukanlah yang baik bagi kesehatan, hati, dan pikiran Anda, karena kebaikan adalah sumber dari keberkahan hidup Anda." - Mario Teguh.

20. "Rahasia dari kesuksesan kita adalah bahwa kita tidak pernah menyerah." -Ilma Mankiller

21. "Mengeluh hanya akan membuat hidup kita semakin tertekan. Sedangkan bersyukur akan senantiasa membawa kita pada jalan kemudahan."

22. "Berperang dengan kejahatanmu, berdamai dengan tetanggamu, dan biarkan setiap tahun baru menemukan orang yang lebih baik."

2. Kata-Kata Bijak 2020 Tentang Covid-19

Salah satu peristiwa terberat di tahun 2020 adalah situasi pandemi covid-19. Kondisi ini dapat dibilang telah mengubah hidup banyak orang. Meski terasa berat, situasi pandemi jangan sampai membuatmu makin terpuruk. Karena itulah, ada kata-kata bijak 2020 berikut ini mengandung makna mendalam yang menggambarkan situasi pandemi. Langsung saja simak ulasannya tentang kata-kata bijak 2020 tentang covid-19.

23. "Jarak membuat kita lebih kuat."

24. "Ketika dunia mengalami pandemi seperti ini, satu hal yang pasti - kita menyadari pentingnya kehidupan manusia lebih dari sebelumnya."

25. "Berdiri bersama dengan tidak berkumpul bersama."

26. "Corona menyebarkan kepanikan. Hanya sebuah pencegahan sudah cukup. Jagalah dirimu dengan baik."

27. "Menjaga jarak adalah perawatan diri yang baru."

28. "RIP semua orang yang kehilangan nyawanya dalam perang melawan virus corona yang menakutkan ini."

29. "Kekayaan yang paling utama adalah kesehatan." - Ralph Waldo Emerson

30. "Isolasi diri untuk dunia baru dan lebih baik."

31. "Lockdown adalah waktu yang tepat untuk mengunci semua kebiasaan buruk Anda dan memulai hidup baru yang baru.

32. "Masa-masa perjuangan membuat manusia menyadari nilainya."

33. "Ingat, kita tidak saling bertarung, tapi kita sedang berjuang melawan virus. Mereka bukan musuh, musuh adalah virusnya."

34. "Jagalah suasana hati kalian, bahkan dalam situasi paling kacau sekalipun."

35. "Saya peduli pada kemanusiaan. Saya memilih untuk tinggal di rumah."

36. "Kesehatan adalah kekayaan terbesar yang memberikan nikmat kebahagiaan dan nikmat kebugaran di sepanjang hari." - Djajendra

37. "Kurang enak badan? Hentikan penyebarannya, tetap di tempat tidur!"

38. "Karena virus corona kita jadi paham artinya rindu dan berharganya pertemuan."

39. "Selamatkan dunia dengan tinggal di rumah."

40. "Di saat musibah wabah virus seperti ini, rumah dan keluarga adalah hal yang terpenting. Saling menjaga, men-support satu sama lain, menjadi makin erat. Semoga kita semua senantiasa selalu diberi kesehatan."

41. "Kamu dapat mengunci tubuhku, tetapi kamu tidak dapat mengunci jiwaku."

42. "Kamu tidak bisa menghentikan matahari terbenam, tetapi kamu pasti bisa menghentikan virus corona. Di rumah saja."

43. "Perasaan itu, ketika kamu ingin keluar rumah tetapi tidak punya tempat tujuan."

44. "Kesembuhan memang butuh waktu dan kerja keras, tapi kamu tidak sendiri."

45. "Percayalah bahwa setiap penyakit selalu ada obatnya. Kamu hanya perlu berpikir positif dan bangkit dari keputusasaan."

46. "Terkadang penting untuk menjauh dari orang yang Anda cintai untuk membuat mereka merasa dicintai."

47. "Inilah salah satu masa tersulit yang dihadapi manusia dalam kurun waktu yang lama. Berharap yang terbaik untuk kemanusiaan!"

48. "Isolasi diri Anda dan selami batin Anda."

49. "Mari jadikan dunia ini tempat yang lebih aman hanya dengan tetap berada di dalam ruangan."

50. "Satu-satunya hal baik tentang lockdown ini adalah kamu bisa menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluargamu.

51. "Saya mencintai kemanusiaan dan saya memilih untuk mengisolasi diri."

52. "Pelukan virtual menghentikan penyakit."

53. "Sambil terus berupaya yang tanpa lelah, kita juga harus bersabar dalam menangani wabah. Semua yang Tuhan turunkan punya tujuan. Ketika itu sudah terpenuhi, semua akan kembali seperti sedia kala."

54. "Tidak pernah ada saat di mana kita bisa melakukan sesuatu yang baik dengan menjauh dari satu sama lain."

55. "Yakinlah, terkadang kesedihan kemarin akan menjadi kebahagiaan untuk hari ini jika kita bangkit dari keterpurukan."

56. "Tetap aman. Tinggal di rumah. Ayo berkontribusi dalam perang melawan virus corona ini."

57. "Ketika harapan tampak tidak ada harapan, teruslah berjuang. Ini adalah masa-masa sulit. Saat kita keluar bersama, kita akan memiliki dunia yang lebih baik dan hati yang lebih bersih."

3. Kata-Kata Bijak 2020 Bikin Semangat

Cara terbaik buat menyikapi masa lalu yang telah terjadi adalah menjadikannya sebagai pelajaran dan introspeksi diri. Dengan begitu akan menjadikan diri kalian makin kuat, tegar dan lebih bijaksana. Seperti kata-kata bijak 2020 di bawah ini bisa memotivasi dan menyemangatimu. Berikut ulasannya tentang kata-kata bijak 2020 yang bikin tetap semangat.

58. "Setiap orang adalah pahlawan dengan caranya masing-masing, tetap semangat dan jaga kesehatan."

59. "Tetaplah kuat dan yakinlah bahwa segalanya akan segera membaik. Memang sekarang kita sedang dalam kesulitan, tapi percayalah virus tidak akan mewabah selamanya."

60. "Hambatan tidak bisa menghentikan kamu. Masalah tidak bisa menghentikan kamu. Orang lain tidak bisa menghentikan kamu. Hanya kamu yang bisa menghentikan kamu." - Jeffrey Gitomer

61. "Musibah itu meruntuhkan keangkuhan, bukan menambah keakuan. Dan wabah itu mendekatkan pada Tuhan, bukan menjauhkan."

62. "Ketika kamu berada pada titik yang sangat rapuh, maka mintalah kekuatan hanya pada-Nya."

63. "Semua manusia memiliki kesempatan yang sama, jadi tetap semangat untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin."

64. "Tidak ada kata mustahil dalam hidup ini, jika kamu mau berusaha dengan sekuat tenaga."

65. "Sesekali berhentilah sekedar untuk bersantai. Bukan untuk terlena, namun membangun semangat untuk perjuangan berikutnya." -Abdullah Gymnastiar

66. "Ini adalah kesempatan untuk mengenal diri sendiri lebih baik dari sebelumnya."

67, "Boleh pasrah, tapi jangan menyerah."

68. "Ketika satu pintu kebahagiaan tertutup, pintu lain terbuka; tetapi sering kita melihat terlalu lama pada pintu yang tertutup yang membuat kita tidak melihat pintu lainnya yang sudah terbuka untuk kita." -Hellen Keller

69. "Tuhan tidak pernah membiarkan hamba-Nya terlarut dalam kesedihan, pasti ada rencana indah untuk membayar semua air mata."

70. "Tapi, sungguh siapapun yang sabar dan tekun akan mekar seperti bunga, akan indah seperti purnama, dan menakjubkan seperti kupu-kupu

71. "Kebanggaan kita yang terbesar bukan karena tidak pernah gagal, tetapi bangkit kembali setiap kita jatuh."

72. "Allah tidak membebani seseorang, melainkan sesuai dengan kesanggupannya." - QS Al-Baqarah: 286

73. "Ingatlah suatu hari, tidak lama lagi, kamu akan benar-benar sehat dan tersenyum kembali."

74. "Jangan pernah merasa sepi tau bahkan sendiri, karena sejatinya kita tidak benar-benar sendiri. Masih ada Tuhan yang menemani kita."

75. "Jangan menyerah saat doa-doamu belum terjawab. Jika kamu mampu bersabar, Allah mampu memberikan lebih dari apa yang kamu minta."

76. "Tidak ada waktu untuk mengeluh. Sabar, ikhlas, lalu lanjutkan hidupmu."

77. "Keikhlasan akan membentuk diri jadi lebih kuat."

78. "Kamu terlahir untuk menang. Tapi seorang pemenang juga harus merencanakan kemenangan, mempersiapkan dan berharap untuk menang." -Zig Ziglar

79. "Tulis di hatimu bahwa setiap hari adalah hari terbaik di tahun ini."

4. Kata-Kata Bijak 2020 Menyentuh Hati

Bukan hal mudah menghadapi situasi pandemi covid-19 yang terjadi di tahun 2020. Tidak dipungkiri bahwa setiap orang merasakan dampak dari musibah ini. Sejumlah kata-kata bijak 2020 di bawah ini mungkin saja dapat mewakili perasaanmu tentang situasi di tahun 2020. Adapun ulasan singkatnya dapat kalian simak sebagai berikut tentang kata-kata bijak 2020 yang menyentuh.

80. "Hidup itu bukan soal panjang pendeknya usia, tapi seberapa besar kita dapat membantu orang lain."

81. "Aku sudah pernah merasakan semua kepahitan dalam hidup dan yang paling pahit ialah berharap kepada manusia." -Ali bin Abi Thalib

82. "Bahagia itu datang bersama sabar dan perginya bahagia bersama ikhlas."

83. "Cobaan adalah anugerah karena di saat itulah Tuhan sedang menunjukkan rasa sayangnya."

84. "Ketika hal-hal terlalu sulit untuk ditangani, mundurlah dan hitung berkat-berkat yang telah kamu peroleh."

85. "Tidak pernah ada saat di mana kita bisa melakukan sesuatu yang baik dengan menjauh dari satu sama lain."

86. "Aku menemukan bahwa kehidupan memiliki cara tersendiri untuk memberikan apa yang kita butuhkan. Namun bukan dalam bentuk yang kau inginkan." -Lisa Kleypass

87. "Tetaplah tegar meski yang lain berguguran. Tetaplah tersenyum meskipun perjuangan ini terasa pahit dan berliku."

88. "Lihatlah hal positif setiap harinya, walaupun terkadang kita harus melihat lebih keras untuk mendapatkannya."

89. "Jangan pernah berusaha untuk memperbaiki apa yang membuatmu menyesal di masa lalu untuk diulang kembali, jangan menghadap ke belakang agar hidupmu tak patah."

90. "Aku mencari segala bentuk rezeki, tapi tidak menemukan rezeki yang lebih baik daripada sabar."

91. "Tuhan memberikan karunia berupa kehidupan. Selanjutnya berikan diri kita hadiah berupa hidup dengan baik." - Voltaire

92. "Suatu hal yang sia-sia jika menyesali masa lalu, sebaiknya sesalilah apa yang tak akan mampu kamu lakukan di masa depan."

93. "Jalan menuju kebahagiaan yang sempurna adalah dengan kesabaran dan keikhlasan."

94. "Ada kalanya tidak ada yang tampak baik-baik saja. Ini pasti satu di antara masa itu."

95. "Orang yang kuat dan sabar adalah orang yang mampu menyembunyikan perasaan sedihnya kepada orang lain dan senantiasa mengukir senyuman dengan ikhlas."

96. "Jangan melihat masa lalu dengan penyesalan, jangan pula melihat masa depan dengan ketakutan. Tapi, lihatlah sekitarmu dengan penuh kesadaran."

97. "Kita tak akan mampu mengubah apapun jika kita tak mengubah cara pikir kita." - Santosh Kalwar

98. "Masa lalu adalah sejarah. Hari ini adalah goresan, hari esok adalah harapan."

Nah itulah 98 kata-kata bijak 2020 paling inspiratif dan memotivasi, penuh pelajaran hidup. Sejumlah referensi kata-kata bijak 2020 dapat dijadikan bahan introspeksi di tahun 2021 ataupun tahun-tahun berikutnya.

Sumber: bola.com, brilio.net

(kpl/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI