11 Manfaat Asam Folat untuk Kesehatan, Salah Satu Vitamin Penting Bagi Ibu Hamil


Berita | Kamis, 15 Juli 2021 11:11

Kapanlagi.com - Asam folat dikenal juga dengan vitamin B9. Vitamin B9 termasuk ke dalam kelompok vitamin B kompleks yang juga diperlukan tubuh. Sebab ada beragam manfaat asam folat untuk kesehatan di antaranya seperti mencegah anemia, menyehatkan otak, serta vitamin penting bagi ibu hamil.


Vitamin B kompleks terdiri dari vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, B12. Di antara kelompok vitamin B kompleks tersebut, vitamin B9 atau asam folat termasuk jenis vitamin yang cukup penting buat tubuh. Sebab, asam folat berperan penting menjaga kesehatan tubuh kita tetap baik dan bugar.

Salah satu manfaat asam folat adalah fungsi menakjubkannya untuk membantu pembentukan sel darah merah. Produksi sel darah merah yang tercukupi, bisa memberi dampak baik bagi kesehatan tubuh seperti mencegah risiko penyakit anemia.

Tak hanya itu saja, asam folat juga termasuk vitamin penting bagi ibu hamil. Sebab ada banyak sekali ragam manfaat asam folat buat ibu hamil.

Selain itu, asam folat adalah vitamin yang larut dalam air bisa diperoleh dari berbagai jenis makanan seperti buah ataupun sayur. Untuk lebih lengkapnya mengetahui manfaat asam folat, di bawah ini telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1 dari 8 halaman

1. Mencegah Anemia - Menyehatkan Otak

Manfaat asam folat untuk kesehatan (credit: unsplash.com)

Manfaat asam folat untuk kesehatan di antaranya seperti mengatasi anemia serta dapat menjaga kesehatan otak. Selengkapnya berikut ini beberapa manfaat asam folat untuk kesehatan otak dan mengatasi penyakit anemia.

1. Mencegah Anemia

Telah disinggung pada ulasan sebelumnya, manfaat asam folat yang pertama adalah dapat mencegah risiko penyakit anemia. Penyakit anemia ditandai dengan kekurangan sel darah merah. Ini menyebabkan tubuh mengalami beberapa gejala seperti pusing, sesak napas, ataupun nafas terasa sesak.

Namun ternyata asam folat bisa membantu pembentukan sel darah merah sehingga bisa mencegah anemia. Dengan begitu, asam folat dapat membuat jumlah sel darah merah dalam tubuh tercukupi. Selain asam folat, tubuh juga memerlukan beberapa nutrisi lain seperti zat besi untuk mengatasi anemia.

2. Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat asam folat untuk kesehatan berikutnya adalah dapat menjaga kesehatan otak kita tetap baik. Sebab, asam folat dipercaya bisa mencegah risiko gangguan kesehatan seperti Alzheimer. Gangguan kesehatan ini menyebabkan pengidapnya mengalami penurunan daya ingat. Kondisi tersebut seringkali lebih berisiko terjadi pada lansia.

Asam folat dapat memberi manfaat buat kesehatan otak tetap baik termasuk menjaga aliran oksigen dan sel darah merah ke otak tetap lancar. Ini membantumu menjaga kemampuan mengingat dan mencegah penurunan risiko daya ingat.

 

2 dari 9 halaman

2. Menjaga Kesehatan Jantung - Menyehatkan Sistem Pencernaan

Manfaat asam folat untuk kesehatan (credit: unsplash.com)

Manfaat asam folat untuk kesehatan berikutnya adalah menjaga kesehatan jantung dan juga menyehatkan sistem pencernaan. Adapun secara rincinya tentang manfaat asam folat untuk kesehatan sebagai berikut.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Asam folat diketahui dapat melancarkan aliran darah ke jantung. Aliran darah yang normal atau berjalan baik ke jantung tentunya membuat fungsi kerja organ vital ini semakin maksimal. Selain itu, manfaat asam folat juga bisa mencegah risiko darah menggumpal yang menyebabkan gangguan aliran darah menuju jantung. Ini terjadi karena asam folat berperan penting dalam pembentukan sel darah merah.

4. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Manfaat asam folat selanjutnya adalah dapat menyehatkan sistem pencernaan kita. Sebab asam folat dapat menurunkan risiko gangguan sistem pencernaan seperti radang usus atau penyakit crohn. Selain itu, beberapa gangguan kesehatan pada sistem pencernaan seringkali terjadi karena kekurangan asam folat. Maka dari itu, mencukupi asam folat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk sistem pencernaan kita tetap baik.

 

3 dari 9 halaman

3. Menyehatkan Kulit - Mencegah Depresi

Manfaat asam folat untuk kesehatan (credit: unsplash.com)

Siapa sangka manfaat asam folat untuk kesehatan ternyata dapat menyehatkan kulit serta menurunkan tingkat depresi. Sebab asam folat diketahui memiliki sifat antioksidan serta berpengaruh pada produksi neurotransmiter. Berikut ini ulasannya tentang manfaat asam folat untuk kesehatan.

5. Menyehatkan Kulit

Manfaat asam folat untuk kesehatan kulit dapat mencegah risiko tumbuhnya jerawat. Melansir dari honestdocs.id, efek antioksidan dalam asam folat berperan penting menjaga kesehatan kulit kita tetap sehat termasuk bisa melawan paparan radikal bebas. Akan tetapi untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal kalian perlu juga mengetahui porsi tepat mencukupi kebutuhan asam folat.

6. Mencegah Depresi

Asam folat dapat mencegah depresi karena berpengaruh pada produksi neurotransmiter tetap baik. Neurotransmiter berperan mengontrol suasana hati dan perasaan kita termasuk seringkali ditambahkan dalam resep obat antidepresan. Selain itu, melansir dari honestdocs.id, bersumber dari penelitian menyebutkan bahwa rendahnya asupan asam folat dalam tubuh berisiko mudah terserang rasa cemas, stres, serta depresi.

 

4 dari 9 halaman

4. Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil

Manfaat asam folat untuk kesehatan (credit: unsplash.com)

Asam folat termasuk salah satu nutrisi penting bagi ibu hamil. Sebab, ada ragam manfaat asam folat yang membantu menjaga kesehatan ibu hamil. Di antara manfaat asam folat bagi ibu hamil sebagai berikut.

7. Meningkatkan Kesuburan Wanita dan Pria

Manfaat asam folat yang pertama bagi ibu hamil adalah dapat membantu meningkatkan kesuburan. Dengan adanya manfaat ini tentunya bisa mendukung program hamil pasangan suami istri untuk memperoleh keturunan. Bagi wanita, manfaat folat untuk kesuburan dapat menjaga kesehatan ovarium tetap baik.

Sedangkan bagi pria, manfaat asam folat dapat meningkatkan kualitas sperma, meningkatkan jumlah sperma. Dengan begitu manfaat asam folat dapat mendukung persiapan program hamil pasangan suami istri.

8. Mencegah Risiko Keguguran

Salah satu penyebab keguguran adalah kondisi rahim yang terlalu lemah. Sehingga seorang ibu perlu menjaga asupan makanan sehat yang dapat memperkuat rahim termasuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin seperti asam folat. Namun perhatikan juga jumlah asupan tepat asam folat untuk ibu hamil agar mendapatkan manfaat yang lebih maksimal.

9. Menurunkan Risiko Kelainan Bawaan Bayi

Manfaat asam folat untuk ibu hamil berikutnya adalah dapat menurunkan risiko kelainan pada janin. Sebab asam folat bisa mencegah kelahiran premature serta mencegah kelainan bawaan pada bayi. Untuk itulah ibu hamil perlu mencukupi kebutuhan nutrisi dan vitamin asam folat.

 

5 dari 9 halaman

5. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi - Mencegah Stroke

Manfaat asam folat untuk kesehatan (credit: unsplash.com)

Manfaat asam folat berikutnya adalah dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi serta mencegah stroke. Adapun lebih lengkapnya tentang manfaat asam folat sebagai berikut.

10. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Manfaat asam folat untuk kesehatan tulang dan gigi. Sebab asam folat bisa mencegah risiko penyakit gusi termasuk menjaga tumbuh kembang janin selama kehamilan untuk mencegah risiko defek kranifasial. Selain itu, asam folat juga berperan menjaga kesehatan tulang untuk mencegah risiko penyakit tulang seperti osteoporosis.

11. Mencegah Stroke

Manfaat asam folat juga bisa mencegah risiko penyakit stroke. Penyakit stroke seringkali terkait dengan sistem saraf pusat. Namun ternyata asam folat bisa membantu menjaga kesehatan saraf pusat sehingga mencegah risiko penyakit stroke. Ini terjadi karena asam folat mendukung pembentukan sel darah merah dan mencegah penggumpalan darah yang juga berpengaruh pasokan aliran darah ke otak.

 

6 dari 9 halaman

6. Makanan Kaya Asam Folat

Makanan yang mengandung asam folat (credit: freepik.com)

Sumber makanan kaya asam folat atau vitamin B9 sangat beragam seperti buah-buahan, sayur, kacang-kacangan ataupun biji-bijian. Adapun makanan kaya asam folat sebagai berikut.

- Sayuran berdaun hijau seperti bayam, sawi, selada, kangkung, asparagus.

- Brokoli.

- Buah alpukat.

- Jagung.

- Wortel.

- Kacang-kacangan seperti, polong, kacang tanah, kacang lentil, kacang hijau, kedelai, kacang merah.

- Buah lemon ataupun buah pisang.

- Sereal.

- Makanan kaya protein (telur, seafood, hati sapi, ikan salmon, olahan susu)

 

7 dari 9 halaman

7. Jumlah Asupan Asam Folat

Asupan asam folat (credit: freepik.com)

Meski diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan tetap baik, besaran jumlah asam folat juga perlu diperhatikan. Terutama jika kalian cenderung memilih suplemen asam folat, maka diperlukan porsi yang tepat untuk mencegah risiko kesehatan tertentu. Sebab itulah, konsultasi dengan dokter bisa dilakukan untuk mengetahui jumlah asupan asam folat yang diperlukan tubuh.

Melansir dari alodokter.com, kebutuhan asam folat juga dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin serta gangguan kesehatan tertentu. Namun, umumnya kebutuhan harian asam folat di atas usia 13 tahun sebanyak 400 mikrogram. Sedangkan untuk bayi setidaknya membutuhkan 85-90 mikrogram/hari.

 

8 dari 9 halaman

8. Vitamin dan Nutrisi Penting Lainnya untuk Tubuh

Vitamin lain yang baik untuk tubuh (credit: freepik.com)

Selain asam folat, tubuh juga memerlukan sejumlah asupan vitamin dan nutrisi penting lain seperti point di bawah ini. Ini penting kalian perhatikan untuk menjaga kesehatan tubuh tetap fit dan bugar. Berikut vitamin dan nutrisi penting untuk tubuh.

- Vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B7, B12, D, E, K.

- Karbohidrat.

- Mineral.

- Protein.

- Lemak sehat.

- Serat.

- Air.

Nah itulah 11 manfaat asam folat untuk kesehatan, salah satunya vitamin penting bagi ibu hamil. Namun perlu diketahui setiap orang tentu memerlukan kebutuhan nutrisi dan vitamin berbeda dalam tubuhnya, sehingga pastikan mendapatkan asupan cukup atau bahkan tidak berlebihan.

Sumber: alodokter.com, honestdocs.id, halodoc.com

 

 

(kpl/nlw)

Topik Terkait