46 Ucapan Maaf Menjelang Ramadan, Penuh Ketulusan Hati Sambut Bulan Suci


Berita | Senin, 12 April 2021 14:33
Editor : Nurul Wahida

Kapanlagi.com - Bulan suci Ramadan menjadi bulan paling ditunggu seluruh umat muslim. Sebab ada beragam kemuliaan dan kebaikan di bulan Ramadan. Sebelum menyambut bulan Ramadan, ada baiknya melepaskan semua amarah dan dendam kepada teman, keluarga, ataupun orang terdekat kalian. Untuk itulah ucapan maaf menjelang Ramadan dapat membantu kalian melewati Ramadan dengan penuh keberkahan.


Bulan Ramadan adalah bulan spesial yang dipenuhi limpahan pahala dan keberkahan. Tidak heran apabila banyak umat muslim berlomba-lomba melakukan kebaikan. Dalam hal ini berkaitan dengan bulan Ramadan, setiap umat muslim berkewajiban menjalankan ibadah puasa sebulan penuh.

Namun puasa bukan hanya dimaknai untuk menahan makan dan minum, melainkan juga mengendalikan hawa nafsu serta emosi pikiran dan hati. Inilah pentingnya melepaskan semua rasa amarah, dendam, dan rasa kesal kepada seseorang.

Selain itu bulan Ramadan disebut sebagai bulan suci yang artinya dapat mengembalikan hati seseorang lebih bersih dan jernih dari segala bentuk dendam dan amarah. Tidak heran jika puncak Ramadan ditutup dengan perayaan Idul Fitri yang mana ada tradisi saling mengucapkan permintaan maaf baik disengaja ataupun tidak.

Namun pada dasarnya permintaan maaf bisa dilakukan kapan saja terutama jika telah melakukan kesalahan. Untuk itulah sejumlah ucapan maaf menjelang Ramadan di bawah ini bisa membantu kalian menjalani bulan suci ramadan lebih nikmat dan dipenuhi keberkahan. Adapun ucapan maaf menjelang Ramadan dapat kalian simak melalui ulasan berikut telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

1. Ucapan Maaf Menjelang Ramadan Penuh Makna

(credit: freepik.com)

Ucapan maaf menjelang Ramadan berikut ini mengandung makna mendalam tentang perasaan kalian. Selain itu ucapan maaf menjelang Ramadan sebagai berikut dipenuhi dengan doa dan kebaikan bagi kalian dan orang tersayang dalam menjalani ibadah bulan Ramadan. Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. "Bulan berkah hampir tiba, jiwa dan hati akan kembali bersih di bulan suci ini. Mohon maaf lahir dan batin."

2. "Setitik tinta jadi noda. Setitik salah jadi dosa. Bulan penuh berkah segera tiba. Mari tekun ibadah di bulan puasa. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa."

3. "Marhaban ya Ramadan, bulan suci penuh berkah telah tiba. Saatnya untuk lebih mendekatkan diri pada-Nya, menjauhi keburukan, memperbanyak ibadah. Dengan segala kerendahan hati, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

4. "Tiada bulan seagung ini. Tiada bulan semulia ini. Tiada bulan seberkah ini. Ramadan penuh berkah dan maghfirah. Marhaban ya ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa."

5. "Dalam kerendahan hati, ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta, ada kekayaan jiwa. Hidup ini terasa indah jika ada maaf. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

6. "Diawali dengan Bismillah, menyambut bulan penuh berkah. Mari tingkatkan keimanan dan takwa. Semoga diampunkan segala dosa. Marhaban ya Ramadhan 1442 H. Selamat menunaikan ibadah puasa."

7. "Jika semua harta adalah racun, maka zakatlah penawarnya. Jika seluruh umur adalah dosa, maka tobatlah obatnya. Jika seluruh bulan adalah noda, maka Ramadanlah pemutihnya. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

8. "Saatnya membersihkan jiwa yang berjelaga, saatnya kembali kepada-Nya, mensyukuri indahnya kemurahan-Nya. Saatnya merenenungi diri bersama kita leburkan kekhilafan, dengan shaum dan amalan shalih dan keikhlasan dalam jiwa. Mohon dimaafkan lahir dan batin atas semua kesalahan. Selamat berpuasa."

9. "Bedug ditabuh mengawali datangnya bulan suci. Bulan penuh berkah dan ampunan-Nya. Selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga kembali suci di hari yang Fitri nanti."

 

2 dari 5 halaman

2. Ucapan Maaf Menjelang Ramadan Penuh Ketulusan

(credit: freepik.com)

Sejumlah ucapan maaf menjelang Ramadan di bawah ini dipenuhi dengan ketulusan rasa penyesalan dan permintaan maaf kalian untuk seseorang. Kata-kata ini dapat menggambarkan perasaan kalian atas segala kesalahan yang diperbuat baik disengaja ataupun tidak. Sehingga kalian dapat menjalani ibadah bulan Ramadan dengan penuh kenikmatan.

10. "Daku rindu bulan ramadan-Mu, dan Engkau beri kesempatan di bulan ini kepadaku. Mohon ampun atas segala dosaku, semoga dilimpahkan banyak rahmat-Mu."

11. "Semoga puasaku, puasamu, dan semua ibadah dan amal kebaikan kita semua diterima oleh Allah Taala, dan semua dosa kita diampuni oleh-Nya. Amin."

12. "Fajar Ramadan akan segera hadir menerangi dunia, selembar sutra menghapus noda, sebening embun penyejuk kalbu, sucikan hati bersihkan jiwa di bulan yang suci. Selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga amal kita diterima Allah Taala. Amin ya rabbalalamin."

13. "Tiada kemenangan tanpa zikrullah. Tiada amal tanpa keikhlasan. Tiada ampunan tanpa maaf sesama. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

14. "Manusia tak pernah lari dari salah dan khilaf karena manusia tidaklah sempurna. Di bulan yang suci ini, marilah bermaafan agar tiada dendam dan dengki. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

15. "Selembut embun di pagi hari, tengadah tangan sepuluh jari, ucapkan salam setulus hati, selamat menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadan, mohon maafkan lahir dan juga batin."

16. "Tak ada kata seindah zikir, tak ada bulan seindah Ramadan. Izinkan kedua tangan bersimpuh maaf untuk lisan yang tak terjaga, janji yang terabaikan, hati yang selalu berprasangka dan sikap yang pernah menyakitkan. Mohon maaf lahir batin. Selamat menunaikan ibadah puasa."

17. "Sebelum cahaya ilahi dipadamkan, sebelum langit runtuh, sebelum pintu tobat ditutup, sebelum malaikat menjemput, sebelum Ramadan tiba, mohon maaf lahir batin atas kesalahan yang pernah dilakukan. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

18. "Mengingat kata yang salah. Hati yang berprasangka. Janji yang terlupakan. Sikap dan sifat yang menyakitkan. Di hari ini izinkanlah aku mengucap, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan."

19. "Air tidak selamanya jernih, demikian juga ucapanku. Salju tidak selamanya putih, demikian juga dengan hatiku. Langit tidak selamanya biru, begitu juga hidupku. Jalan tidak selalu lurus, demikian juga langkahku. Jika maaf tidak bisa didapat hari ini, untuk apa menunggu besok? Sementara jantung kita pun tidak selamanya berdetak. Marhaban ya Ramadan, mohon maaf atas segala kesalahan dan khilaf. Selamat menunaikan ibadah puasa."

20. "Lidah memang mudah untuk mengucapkan, namun hati yang terluka tidak mudah memaafkan. Marhaban ya ramadhan. Mohon maafkan atas ucapan yang menyakitkan."

21. "Bila hati saling terpaut, rasa cinta terjalin indah. Bila salah dan khilaf terjadi, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

22. "Maaf, satu kata singkat yang mungkin tak mudah diucapkan setulus hati. Namun, menjelang bulan yang suci, kiranya kau maafkan saya sepenuh hati."

 

3 dari 5 halaman

3. Ucapan Maaf Menjelang Ramadan Menyentuh Hati

(credit: freepik.com)

Ucapan maaf menjelang Ramadan sebagai berikut dapat membuat dia tersentuh atas permintaan maaf kalian. Sebab ucapan ini mewakili perasaan bersalah kalian kepadanya. Adapun ucapan maaf menjelang Ramadan yang menyentuh sebagai berikut.

23. "Jangan sesalkan perpisahan jika itu untuk kebaikan. Dari jauh aku ucapkan selamat berpuasa di bulan Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin."

24. "Marhaban ya Ramadan, pucuk selasih bertunas menjulang dahannya patah tolong betulkan, puasa Ramadan kembali menjelang, salah dan khilaf mohon dimaafkan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

25. "Jika hati seputih awan, jangan biarkan ia mendung. Jika hati seindah bulan, hiasi dengan senyuman. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa."

26. "Mengingat kata yang salah, hati yang berprasangka, janji yang terlupakan, sikap dan sifat yang menyakitkan, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

27. "Tiada amal tanpa keikhlasan, tiada ampunan tanpa maaf dari sesama. Mohon maaf lahir batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat datang Ramadan."

28. "Andai jemari tak sempat berjabat. Jika raga tak bisa bersua. Bila ada kata membekas luka. Semoga pintu maaf masih terbuka. Selamat menunaikan ibadah puasa."

29. "Bulan suci Ramadan sudah di depan mata, bulan yang penuh keberkahan, bulan yang penuh dengan ampunan. Perlu kesiapan mental yang matang dan kejernihan hati untuk menyambutnya. Sudilah kiranya, membuka pintu hati untuk menerima ucapan kami, Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan bathin. Semoga kita diberi kekuatan dan keringanan dalam menjalankan ibadah shaum."

30. "Terselip khilaf pada canda, ada luka tergores pada tawa, terbelit pilu pada tingkah, tersinggung rasa dalam bicara. Mari kita saling memaafkan sebelum bulan suci Ramadhan kita masuki. Semoga kita tetap setia dalam satu jalur, satu doa, satu tujuan: menggapai ridha Allah SWT."

31. "Ya Allah, muliakan dan sayangilah saudariku ini. Berikanlah kebahagiaan baginya dan keluarganya. Berkahi rizkinya dan kuatkan imannya. Berikanlah kenikmatan ibadahnya, jauhkan dari segala fitnah. Amin yaa rabbal'alamin. Ahlan Wasahlan Ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan."

32. "Dalam kesakitan, teruji kesabaran. Dalam perjuangan, teruji keikhlasan. Dalam ukhuwah, teruji ketulusan. Dalam tawakal, teruji keyakinan. Hidup ini indah jika Allah menjadi tujuan. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa."

33. "Bila ada langkah membekas lara, ada kata merangkai dusta, ada tingkah menoreh luka, Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

 

4 dari 5 halaman

4. Ucapan Maaf Menjelang Ramadan

(credit: freepik.com)

Adapun ucapan maaf menjelang Ramadan dapat kalian kirimkan melalui pesan singkat Whatsapp, SMS, Line, ataupun aplikasi lain sebelum menyambut bulan suci puasa. Ini bisa kalian berikan kepada keluarga, teman, sahabat, pasangan, ataupun rekan kerja. Berikut beberapa referensi ucapan maaf menjelang Ramadan.

34. "Seluruh alam berzikir menyambut bulan penuh berkah. Kemuliaan bulan seribu bulan. Saat Allah memberikan ampunan. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.

35. "Siang diisi kebaikan, malam belajar Al-Quran. Ramadan jadi penerang hati yang mulai remang-remang. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa."

36. "Jika semua harta adalah racun, maka zakatlah penawarnya. Jika seluruh umur adalah dosa, maka tobatlah obatnya. Jika seluruh bulan adalah noda, maka Ramadan pemutihnya. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

37. "Setetes embun di pagi hari jatuh di atas bunga melati. Di bulan suci ini, inilah waktunya untuk memperbaiki diri. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

38. "Bulan berkah hampir tiba, jiwa dan hati akan kembali bersih di bulan suci ini. Mohon maaf lahir dan batin."

39. "Semoga puasaku, puasamu dan semua ibadah dan amal kebaikan kita semua diterima oleh Allah Taala, dan semua dosa kita diampuni oleh-Nya. Amin."

40. "Siang diisi kebaikan, malam belajar Al-Quran. Ramadan jadi penerang, hati yang mulai remang-remang. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa."

41. "Gersang bumi di kala tanpa hujan, pula gersang di hati tanpa adanya iman. Gersang akal di kala tanpa ilmu, pula gersang di jiwa tanpa adanya amal. Selamat menyambut ibadah puasa, Marhaban ya Ramadhan."

42. "Sebelum cahaya padam, Sebelum hidup kan berakhir. Sebelum pintu taubat tertutup, dan Sebelum Ramadhan datang. Mohon maafkan lahir dan juga batin, Marhaban ya Ramadhan."

43. "Tiada kebahagiaan tanpa syukur. Tiada rasa syukur tanpa sabar. Tiada sabar tanpa maaf. Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa."

44. "Di bulan yang suci ini, iinkanlah temanmu yang (ganteng/cantik) ini untuk berbagi suka cita dan berucap 'Marhaban ya Ramadhan' - 1442 H. Mohon dimaafkan semua khilaf dan salah, yang disengaja pun yang tidak disengaja."

45. "Selamat puasa yak. Semoga kuat puasanya tidak ada bolongnya. Semoga dilancarkan rezekinya. Semoga diampuni semua dosanya. Semoga dimudahkan jodohnya. Amin ya Rabbalallamin."

46. "Kalau lihat putus cinta bikin galau, status yang lucu bikin ketawa. Meskipun puasa di musim kemarau, tetap semangat dan tak putus asa!"

Nah itulah 46 ucapan maaf menjelang Ramadan, penuh ketulusan hati buat sambut bulan suci. Ucapan maaf menjelang Ramadan di atas dapat menjadi referensi buat kalian untuk diberikan kepada orang tersayang.

Sumber: Bola.com, brilio.net, merdeka.com

 

(kpl/nlw)

Topik Terkait