Kumpulan Kata-Kata Idul Fitri 2020, Referensi Ucapan Maaf Terbaik untuk Keluarga - Sahabat

Sabtu, 09 Mei 2020 11:22 Penulis: Dita Tamara
Kumpulan Kata-Kata Idul Fitri 2020, Referensi Ucapan Maaf Terbaik untuk Keluarga - Sahabat
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Lebaran Idul Fitri 2020 tinggal menghitung hari. Berbeda dengan lebaran pada tahun-tahun sebelumnya, semua umat muslim berbondong-bondong melakukan silaturahmi dari rumah kerabat satu ke tempat lainnya. Namun, lebaran kali ini berbagai belahan dunia tengah menghadapi ujian pandemi corona covid-19, tak terkecuali Indonesia. Hal tersebut menyebabkan lebaran kali ini hanya bisa dilakukan dari rumah dan tak bertemu sanak saudara.

Lebaran identik dengan permintaan maaf. Maaf dan memaafkan di hari yang fitri ini memang dianjurkan dalam Islam. Mengakui sebuah kesalahan dan memulai untuk meminta maaf membutuhkan tingkat kesadaran tinggi yang besar. Untuk itu, terkadang kebanyakan orang memilih menggunakan kata-kata permintaan maaf yang digunakan untuk mendeskripsikan tentang penyesalan dan kesalahan seseorang yang telah di perbuat.

-----------------------
Kabar Ramadan: Mau Buka Puasa Ditemani Artis?

Gabung KapanLagi Buka Bareng, event buka puasa online bersama Jirayut dan Rara LIDA 9 Mei ini. Bakal ada Chef Norman, Danilla, dan Adhitia Sofyan juga. Caranya? Daftar dulu di sini, dan isi data diri kamu. Semuanya GRATIS. Baca panduan lengkap di sini.

Daftar sekarang ya. Kalau bukan sekarang, kapanlagi?
-----------------------

Oleh sebabnya, mengirim pesan permohonan maaf di Lebaran tahun 2020 melalui media sosial kini menjadi solusi yang tepat. Berikut ini merupakan kumpulan kata-kata Idul Fitri yang bisa kalian jadikan untuk referensi ucapan maaf.

1. Kata-Kata Idul Fitri untuk Keluarga

1. Apabila jiwa sebening air, maka janganlah membuat keruh. Apabila hati sepenuh awan, maka jangan membuat mendung. Raih kemenangan bersama dengan saling memaafkan. Selamat Idul Fitri 1441 H.

2. Jika Idul Fitri adalah lentera. Maka izinkan-lah membuka takbir-nya dengan maaf. Supaya cahaya yang fitri ini menembus jiwa dari tiap khilaf.

3. Jangan pernah memutuskan persaudaraan hanya karena sepatah kata yang tak sengaja terucap. Taqabalallahi minna wa minkum. Mohon maaf lahir dan batin.

4. Ramadhan telah berlalu, fajar hari kemenangan telah menyambut. Membawa sinar terang kedamaian dan kesucian. Menebarkan berkah di idul fitri yang suci. Selamat idul fitri 1441 H mohon maaf lahir dan batin.

5. Selamat merayakan hari kemenangan, merawat silaturahim, memanjangkan keberkahan, saling maaf memaafkan. selamat idul fitri 1441 H.

6. Maaf adalah pengakuan atas kesalahan dan memaafkan adalah penghargaan atas pengakuan kesalahan. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir batin.

7. Memaafkan tidak akan membuat kita hina, meminta maaf tidak meruntuhkan harga diri, saling memaafkan membuat kita mulia. Minal Aidzin Wal Faidzin. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat Hari Raya

8. Tiada kesucian menjadi sempurna tatkala masih ada rasa kebencian yang tertanam dalam jiwa. Taqabalallahi minna wa minkum. Mohon maaf lahir dan batin.

9. Dibeningnya hati, ada keruh-nya prasangka. Di santunya sapa ada celanya kata. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat hari raya Idul Fitri 1441 H.

10. Tiada kesucian menjadi sempurna tatkala masih ada rasa kebencian yang tertanam dalam jiwa. Semoga Persaudaraan tetap Terjaga. Mohon maaf lahir dan Batin.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Kata-Kata Idul Fitri untuk Orangtua

11. Kemarin malam adalah malam terakhir tarawih tahun ini, malam ini suara takbir bergema menggantikannya. Ayah Ibu, izinkan putra mu ini memohon ampun lahir dan batin atas semua dosa dan kesalahan, maaf putra mu ini belum bisa pulang.

12. Ayah Ibu, aku rindu kepada ayah Ibu, juga dengan rumah di mana aku dibesarkan. Maaf ananda belum bisa pulang kampung. Mohon maaf lahir dan batin, selamat Idul Fitri 1 Syawal 1441 H.

13. Ayah Ibu, Meski wajah tak mampu berjumpa. Tangan tak bisa saling menjabat. Semoga coretan kata ini mampu menjadi jembatan di hari penuh kemenangan. Minal aidin wal faidzin.

14. Mata sering salah menatap, mulut sering salah berucap, hati sering salah prasangka, dengan niat yang tulus dan suci, putra mu mengucapkan mohon maaf lahir dan batin.

15. Fitrah sejatinya adalah mengakbarkan Allah dan syariat-Nya di alam jiwa, di dunia nyata, dalam segala gerak, di sepanjang nafas dan langkah. Semoga seperti itulah diri kita di hari kemenangan ini. Selamat hari raya Idul Fitri 1441 H, mohon maaf lahir batin.

16. Semua yang kulakukan adalah untuk kebahagian mu. Segalanya adalah untukmu.
Hanya saja aku bukan anakmu yang sempurna. Selalu saja ada kata dan kesalahan yang mungkin bisa menyakiti hatimu. Selamat Hari Raya Idul Fitri, terimalah maafku dari anakmu.

17. Pintu langit yang terbuka akan memendarkan cahaya kepada bapak dan ibu, dengan janji Allah untuk surga. Untuk itu maafkanlah saya, untuk semua perkataan yang tidak berkenan, untuk semua bantahan yang pernah terucap-kan.

18. Kepada bapak dan ibu, selamat idul fitri, mohon maaf lahir dan batin. Dengan penuh kesungguhan semoga bapak dan ibu memaafkan. Semoga di sana selalu diberikan kesehatan dan keselamatan, dan naungan perlindungan dari Allah Swt.

19. Berbuat khilaf adalah sifat. Meminta maaf adalah kewajiban. Dan kembalinya fitrah adalah tujuan. Mohon maaf lahir dan batin.

20. Ayah Ibu, Kalau jarak tidak mampu berjabat, setidaknya kata masih bisa terucap. Tulus hati memohon maaf.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Kata-Kata Idul Fitri untuk Teman dan Sahabat Karib

21. Untuk semua masa yang telah kita habiskan dulu ketika masih saling bisa bergandengan. Saling berkunjung dengan begitu mudah tanpa keraguan. Meskipun sekarang kita berjauhan, tapi engkau selalu menjadi sahabat terindah dalam kenangan ku.

22. Keberadaan aku sebagai sahabat mungkin kerap membawa kebahagiaan, tetapi terkadang juga dapat mendatangkan kesedihan. Tanpa disadari, ada beberapa tindakan aku yang membuat hatimu tersinggung atau terluka. Mohon maaf lahir dan batin

23. Maaf memang tidak akan mengubah masa lalu, tapi mengubah masa depan. Selamat hari raya Idul Fitri 1441 H,, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

24. Di khilafku, dalam salahku, dalam budi ku yang pernah melukai mu, dan semua kata-kataku yang terucap tak menyenangkan hatimu, di hari yang indah nan suci ini maafkanlah aku.

25. Memaafkan tidak akan membuat kamu menjadi hina, meminta maaf tidak akan meruntuhkan harga diri, saling memaafkan akan membuat kita semakin mulia. Maafkan aku kawan.

26. Tiada pemberian yang terindah selain kata maaf. Tiada perbuatan yang ter-mulia selain memaafkan. Selamat hari raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin.

27. Dengan meminta maaf semua penyesalan hancur menjadi debu, dengan ikhlas memaafkan semua kesalahan hancur bagai debu, karena di hari yang fitri hanya ada rasa bahagia yang menggebu, selamat hari raya idul fitri mohon maaf lahir dan batin.

28. Dengan keimanan yang semakin tebal dan ketaqwaan tanpa tapi. Menjadi diri yang hangat oleh siraman kasih sayang-Nya. Taqabbalallaahu minnaa wa minkum. Mohon maaf lahir dan batin.

29. Dan jarak yang hanya membuat jeda pada raga. Dosa dan kesalahan masih bisa mengalir seiring hati yang tidak selalu terlindungi. Dunia yang menjadi kecil dengan kemajuan yang semakin terdepan, membuat bisik nakal cepat sampai ke telinga mu. Melukai hati dengan tanpa sengaja dan terjadi dengan begitu saja.

30. Ku ucap syukur kehadirat tuhan masih dipertemukan dengan lebaran. Meskipun belum bisa berkumpul dengan teman-teman. Tetapi selalu berdoa semoga bersua di tahun depan. Selamat lebaran

Itulah tadi beberapa kumpulan kata-kata Idul Fitri 2020 sebagai referensi permohonan maaf. Semoga di lebaran kali ini, segala amal baik kita menjadikan diri sebagai umat yang senantiasa diberkahi oleh Allah SWT. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI