7 Buah Pilihan untuk Menangkal Gula Darah Tinggi


Berita | Senin, 22 Januari 2024 06:28
Editor : Sinta Arumayuni

Kapanlagi.com - Stabilitas kadar glukosa yang tidak terjaga dapat menjadi sumber masalah serius, terutama dalam mengelola kondisi seperti diabetes. Oleh karena itu, menjaga keseimbangan glukosa menjadi sangat penting guna mencegah munculnya berbagai penyakit yang dapat membahayakan kesehatan.


Berbagai faktor dapat menjadi pemicu perubahan signifikan dalam tingkat glukosa, dan salah satu elemen kunci dalam mengendalikan fluktuasi tersebut adalah pola makan yang sehat. Dengan memilih jenis makanan yang tepat, seseorang dapat membantu mengurangi variasi atau perubahan tiba-tiba dalam kadar glukosa.

Sejumlah jenis buah dikenal karena kemampuannya menjaga stabilitas gula darah, memberikan alternatif sehat dan alami untuk mengatasi berbagai penyakit yang mungkin timbul.

Yuk simak informasi selengkapnya, dikutip dari berbagai sumber pada Rabu (10/01/2024).

1 dari 12 halaman

1. Buah Jeruk

Buah Jeruk (Sumber: Liputan6.com)

Jeruk mengandung vitamin C, asam folat, kalium, tiamin, dan kandungan air yang memberikan manfaat bagi penderita diabetes. Tiamin yang terdapat dalam buah jeruk dapat mengurangi tingkat gula darah dan mencegah resistensi insulin. Kalium juga memiliki peran yang terbukti dalam mengendalikan tekanan darah.

Menurut penjelasan dari halodoc, yang telah ditinjau oleh dr. Rizal Fadli, buah jeruk secara utuh menyediakan beragam nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengatur kadar gula darah. Lebih disarankan daripada memilih jus buah.

2 dari 13 halaman

2. Buah Kiwi

Buah Kiwi (Sumber: Liputan6.com)

Kiwi diakui sebagai buah bermanfaat bagi individu yang menderita diabetes karena mengandung vitamin C, kalium, dan antioksidan yang tinggi, ditambah dengan kandungan serat dalam setiap buahnya.

Dengan kelebihan kandungan air, 100 gram buah kiwi setara dengan sekitar 5 gram (1 sendok teh) glukosa, yang berpengaruh pada kadar glukosa dalam darah. Maka dari itu, kiwi memiliki dampak glikemik yang rendah dan sesuai untuk penderita diabetes.

3 dari 13 halaman

3. Buah Pir

Buah Pir (Sumber: Freepik)

Informasi dari halodoc yang ditinjau oleh dr. Rizal Fadli menyatakan bahwa buah pir memiliki variasi nutrisi, seperti vitamin K, antioksidan yang tinggi, dan kandungan air. Tambahan pula, serat yang terdapat dalam pir memberikan dampak positif pada kesehatan pencernaan. Maka dari itu, pir dianggap sebagai pilihan yang disarankan untuk individu yang menderita diabetes.

4 dari 13 halaman

4. Buah Jambu Biji

Buah Jambu Biji (Sumber: Liputan6.com)

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, jambu biji diketahui memiliki efek antidiabetes yang dapat membantu dalam manajemen dan pencegahan diabetes. Pada daging buahnya terdapat pektin, suatu jenis serat makanan, yang berfungsi menghambat penyerapan glukosa oleh usus, mencegah lonjakan gula yang tiba-tiba dalam tubuh. Jambu biji mendukung peningkatan toleransi glukosa dan mengurangi risiko diabetes atau membantu mengelola kondisi tersebut.

5 dari 13 halaman

5. Buah Apel

Buah Apel (Sumber: Freepik)

Buah ini memiliki kandungan 21 gram karbohidrat dan memberikan 77 kalori. Apel juga kaya serat dan merupakan sumber yang baik untuk vitamin C bagi tubuh. Selain itu, apel memiliki indeks glikemik yang rendah, kurang dari 55.

Disarankan untuk mengkonsumsi apel beserta kulitnya, karena terdapat berbagai nutrisi dan antioksidan di dalamnya. Oleh karena itu, apel menjadi opsi yang baik untuk individu yang menderita diabetes.

6 dari 13 halaman

6. Buah Beri

Buah yang masuk dalam keluarga berry (Sumber: Liputan6.com)

Buah-buahan yang masuk ke dalam kategori beri mengandung antioksidan, vitamin, dan serat yang berguna untuk mengatur tingkat gula darah. Sebagai contoh, manfaat stroberi dan blueberry telah terbukti sangat positif bagi individu yang mengalami diabetes.

7 dari 13 halaman

7. Buah Anggur

Buah Anggur (Sumber: Liputan6.com)

Berdasarkan penjelasan dari halodoc yang ditinjau oleh dr. Rizal Fadli, buah anggur menyimpan nutrisi yang sangat esensial bagi individu yang menderita diabetes. Kandungan serat yang tinggi dan rendah kalori pada buah ini dapat membantu mengatur tingkat gula darah. Selain itu, anggur juga menyediakan vitamin C, vitamin K, serta mineral potasium dan magnesium yang memberikan manfaat kesehatan.

8 dari 13 halaman

8. Apakah Mentimun Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah?

Timun mungkin memiliki peran dalam pengaturan dan pencegahan diabetes. Timun mengandung substansi yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah atau menghentikan peningkatan glukosa darah yang berlebihan.

9 dari 13 halaman

9. Daun Apa yang Bisa Menurunkan Gula Darah dengan Cepat?

Manfaat daun kelor melibatkan penurunan kadar gula darah dalam tubuh. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa daun kelor mampu menurunkan gula darah agar tetap dalam kisaran sehat.

10 dari 13 halaman

10. Kadar Gula Darah yang Normal Berapa?

Kondisi dianggap normal apabila hasilnya di bawah 140 mg/dL, sementara kisaran 140 hingga 199 mg/dL menunjukkan prediabetes. Jika hasil tes mencapai 200 mg/dL atau lebih, itu menunjukkan bahwa pasien mengidap diabetes tipe 2. Sebagai alternatif, dapat digunakan uji Hemoglobin A1c (HbA1c).

11 dari 13 halaman

11. Beras Apa yang Tidak Mengandung Gula?

Mengutip informasi dari cnnindonesia.com, beras hitam bebas gula. Walaupun kaya karbohidrat, beras ini dicerna perlahan dan tidak menyebabkan kenaikan kadar gula darah. Itulah tiga varietas beras terbaik untuk pencegahan diabetes. Anda dapat tenang karena konsumsi beras-belas di atas tidak menyebabkan lonjakan gula darah.

12 dari 13 halaman

12. Berapa Bulan Sekali Harus Cek Gula Darah?

Menurut informasi dari halodoc yang ditinjau oleh dr. Fadhli Rizal Makarim, Pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan setiap tiga bulan atau minimal satu kali dalam setahun.

(kpl/saa)

Topik Terkait