7 Tips Mengurangi Kerutan di Area Mata, Bikin Wajah Tampak Awet Muda


Berita | Rabu, 9 Juni 2021 13:44

Kapanlagi.com - Sebagai bagian tubuh yang paling sering dilihat orang lain, wajah sering menjadi fokus perawatan. Seseorang tak akan rela jika wajahnya ditumbuhi jerawat secara terus-menerus dan kusam. Belum lagi jika kalian menyadari bahwa terdapat kerutan di area mata yang cukup mencolok, pasti kalian juga tak tahan untuk menghilangkannya.


Sebenarnya, munculnya keriput merupakan salah satu proses penuaan pada kulit yang tidak dapat dihindari. Walaupun begitu, tetap ada tips mengurangi kerutan di area mata yang bisa kalian ikuti. Kalian memang tidak bisa menghindari proses penuaan tersebut, tapi paling tidak masih bisa mengulur waktunya.

Proses penuaan biasanya mulai menunjukkan tanda-tandanya secara jelas saat seseorang memasuki usia 40 tahun. Bahkan tak jarang, kerutan di area mata sudah muncul saat menjelang 30 tahun. Hal tersebut disebabkan oleh penurunan kualitas kolagen dan elastin di kulit dermal. Faktor utamanya yaitu, sinar matahari dan sinar UV.

Nah, dengan mengikuti tips mengurangi kerutan di area mata kalian masih bisa menunda munculnya tanda penuaan dini tersebut. Tetap muncul, tapi dengan samar dan perlahan hingga membuat kalian bisa tampak awet muda. Oleh karena itu, langsung saja simak tips mengurangi kerutan di area mata yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

1 dari 6 halaman

1. Jaga Kelembaban

Tips mengurangi kerutan di area mata (Credit: Freepik)

Menggunakan pelembab merupakan rangkaian tips mengurangi kerutan di area mata yang tak boleh kalian lewati. Kekeringan pada kulit bisa membuatnya tidak elastis dan semakin rawan mengalami kerutan. Waktu yang bagus untuk memakai pelembab yaitu setelah mandi karena pada saat itu kulit tubuh dapat menyerap pelembab dengan lebih baik.

Pemakaian pelembab sangat penting, terutama jika usia kalian tergolong sudah tidak muda lagi. Semakin bertambahnya usia, kelenjar minyak yang berfungsi melembabkan kulit mulai berkurang. Kulit pun menjadi semakin kering. Kulit kering akan berisiko tinggi memiliki kerutan lebih banyak.

Melewatkan perawatan pada bagian mata tak bisa kalian lakukan begitu saja. Sama seperti bagian kulit yang lain, kulit di sekitar mata juga perlu diperhatikan dengan baik. Selalu gunakan pelembab agar kesehatan tetap terjaga.

Selain itu, kalian juga harus memilih pelembab sampai masker khusus buat mata yang juga sangat berfungsi mengurangi mata panda.

 

 

2 dari 7 halaman

2. Gunakan Tabir Surya

Tips mengurangi kerutan di area mata (Credit: Freepik)

Tabir surya berfungsi untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Kalian harus mengikuti rangkaian tips mengurangi kerutan di area mata yang satu ini untuk hasil maksimal. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa penyebab dari penuaan dini yaitu sinar matahari dan sinar UV.

Dengan menjalankan tips mengurangi kerutan di area mata menggunakan tabir surya, berarti kalian telah berusaha menangkal penyebab penurunan kualitas kolagen dan elastin di kulit dermal. Pastikan kamu selalu menyediakan tabir surya dalam genggaman karena pengaruh sinar matahari dan sinar UV cukup banyak untuk mengubah wajah kalian jadi tampak tua.

Perangi pengaruh buruk dari sinar matahari dengan selalu mengaplikasikan tabir surya. Pilih sesuai jenis kulit kalian agar mampu bekerja secara maksimal. Aplikasikan setiap dua jam sekali apabila aktivitas kalian di luar ruangan sangat padat.

 

 

3 dari 7 halaman

3. Bersihkan Perlahan

Tips mengurangi kerutan di area mata (Credit: Freepik)

Tips mengurangi kerutan di area mata ini yang paling sering lupa dari ingatan. Membersihkan wajah dengan buru-buru dan kasar terkadang memang tidak disadari. Mungkin kalian sudah terlalu gemas dengan kotoran dan sisa makeup yang menempel pada mata.

Hal tersebut membuat kalian tak sabar dan menggosoknya terlalu kasar, padahal memberikan usapan terlalu kasar bisa menyebabkan kulit mata menjadi keriput. Kulit mata berbeda dengan bagian lain yang sedikit lebih tebal. Jadi, mulai sekarang usap secara perlahan, ya! Latih kesabaran kamu demi menghindari keriput yang mengganggu.

Pilih juga produk pembersih wajah yang sesuai dengan kulit kalian. Setelah itu jangan lupa cuci muka untuk mendapat hasil terbaik.

 

 

4 dari 7 halaman

4. Makanan Sehat

Tips mengurangi kerutan di area mata (Credit: Freepik)

Makanan yang kalian makan tak hanya berpengaruh pada perut, tapi bisa seluruh tubuh termasuk kulit. Tips mengurangi kerutan di area mata lewat kandungan nutrisi makanan harus benar-benar kalian perhatikan.

Kalian bisa mengonsumsi ikan untuk mendapat asam lemak yang terkandung di dalamnya untuk membantu memberi nutrisi pada kulit. Itulah yang membuat kulit bisa tampak lebih muda.

Selain itu kalian juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung AHA. AHA tidak cuma ada di dalam produk kecantikan. AHA juga terkandung dalam beberapa buah, seperti apel dan jeruk. Kandungan ini dapat membantu kulit memproduksi kolagen. Jika ingin hasil lebih maksimal, kalian perlu mengikuti tips mengurangi kerutan di area mata ini secara konsisten.

 

 

5 dari 7 halaman

5. Hindari Begadang

Tips mengurangi kerutan di area mata (Credit: Freepik)

Tips mengurangi kerutan di area mata paling murah yaitu, istirahat cukup. Seseorang yang kurang istirahat membuat tubuh menghasilkan hormon stres atau kortisol secara berlebihan. Hal tersebut dapat menyebabkan pemecahan sel-sel di kulit.

Menghabiskan waktu bermain-main di malam hari dan mengorbankan jam tidur hanya akan merugikan kalian. Biasanya badan akan terasa lemas keesokan hari dan pekerjaan akan terasa lebih berat dari yang seharusnya. Tak hanya merugikan, kebiasaan begadang juga berpengaruh pada kesehatan badan.

Saat istirahat, usahakan tidur secara telentang, hal ini untuk menghindari kerutan di bawah mata. Sedangkan posisi tidur atau tengkurap dapat memicu terjadinya kerutan di bawah mata.

 

 

6 dari 7 halaman

6. Kurangi Kebiasaan Mengerutkan Wajah dan Mengernyitkan Mata

Tips mengurangi kerutan di area mata (Credit: Freepik)

Kebiasaan mengerutkan wajah dan mengernyitkan mata dapat meningkatkan kerja otot wajah, sehingga membentuk lekukan di bawah kulit. Lekukan ini lama-kelamaan dapat menjadi kerutan wajah. Kalian biasa mengernyitkan mata ketika berada di luar dengan sinar terlalu mencolok. Oleh karena itu, jika sedang silau karena sinar matahari, lebih baik gunakan kacamata hitam.

Terlalu sering marah ternyata juga berpengaruh buruk pada proses penuaan. Saat seseorang sedang marah, mimik yang ditampilkan mempertegas garis-garis halus di wajah. Alhasil, wajah kalian akan terlihat lebih tua ketimbang usia asli.

Selain menghindari kebiasaan di atas, ada pula tips mengurangi kerutan di area mata dengan membiasakan diri untuk tidur dalam posisi terlentang. Posisi ini dianggap yang paling baik karena kulit wajah tidak mendapat tekanan dari sisi lain. Tidur menghadap samping dapat memicu timbulnya kerutan di pipi dan dagu. Bila tidur tengkurap, leher akan sakit dan dapat menimbulkan kerutan di area alis.

Nah, KLovers, itulah beberapa tips mengurangi kerutan di area mata yang bisa kalian ikuti secara konsisten untuk memperlambat proses penuaan dini.

 

(kpl/ans)

Topik Terkait