12 Cara Mengusir Cicak dari Rumah Secara Alami dan Mudah, Dijamin Ampuh

Penulis: Puput Saputro

Diperbarui: Diterbitkan:

12 Cara Mengusir Cicak dari Rumah Secara Alami dan Mudah, Dijamin Ampuh
Cara mengusir cicak (credit: freepik)

Kapanlagi.com - Cicak jadi salah satu binatang yang lumrah dijumpai di setiap sudut rumah. Cicak biasa menempel di dinding hingga di plafon. Banyak orang yang mengabaikan cicak karena menduga hewan yang satu ini tidaklah berbahaya. Padahal, cicak merupakan hewan yang bisa membawa penyakit. Oleh sebab itu, sudah semestinya kita mengetahui cara mengusir cicak dari rumah secara alami.

Cicak tidak saja merayap di dinding dan plafon. Tanpa sepengetahuan kita, cicak juga biasa merayap di meja kemudian menjangkau makanan-makanan yang ada di sana. Begitulah cara bakteri pada cicak menular ke manusia dan menyebabkan penyakit. Maka, mengusir cicak jadi satu cara untuk menjaga kesehatan keluarga.

Sayangnya, mengusir cicak memang bukanlah hal yang mudah dilakukan. Banyak orang memilih jalan pintas mengusir cicak dengan obat kimia. Padahal, ada beberapa cara mengusir cicak secara alami yang tentunya lebih aman. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa cara mengusir cicak dari rumah secara alami.

 

 

1. Memelihara Kucing

Kucing merupakan satu binatang peliharaan favorit. Banyak orang memelihara kucing untuk menakut-nakuti tikus. Namun ternyata, kucing tidak saja menjadi musuh bagi tikus. Kucing juga dapat menakut-nakuti, bahkan menangkap binatang-binatang pengganggu lain seperti cicak dan kecoa. Oleh karena itu, memelihara kucing bisa jadi satu cara mengusir cicak dari rumah yang paling mudah dilakukan.

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Membasmi Nyamuk dan Serangga Lainnya

Nyamuk dan serangga berukuran kecil lainnya merupakan makanan cicak. Maka, kita juga bisa mengusir cicak dengan membasmi nyamuk dan serangga di rumah. Saat nyamuk dan serangga tidak terdapat di rumah. Secara otomatis, cicak akan pergi meninggalkan rumah untuk mencari makanan.

 

 

3. Memakai Cangkang Telur

Cara mudah lainnya untuk mengusir cicak juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan sederhana. Cangkang telur adalah salah satu bahan tersebut. Cangkang telur mempunyai bebauan yang tidak disukai oleh cicak.

Untuk mengusir cicak dengan cangkang telur, pertama-tama hancurkan cangkang telur menjadi serpihan kecil. Kemudian, masukkan cangkang telur ke dalam wadah plastik lalu beri lubang atau gunakan pembungkus kain. Letakkan wadah berisi cangkang telur tersebut di tempat-tempat biasa didatangi cicak.

 

 

4. Tembakau

Selain tembakau, cara mengusir cicak dari rumah juga bisa dilakukan dengan menggunakan tembakau. Sama seperti cangkang telur, tembakau juga punya bau yang tidak disukai cicak. Caranya tak jauh beda, cukup dengan meletakkan tembakau pada plastik yang sudah dilubangi atau dengan pembungkus kain. Lalu, diletakkan di tempat-tempat yang biasa terdapat cicak.

 

 

5. Bawang Putih

Bawang putih mungkin selama ini lebih dikenal sebagai bumbu dapur. Selain dipakai sebagai bumbu, bawang putih ternyata juga mempunyai kegunaan lain. Kalian bisa memanfaatkan bawang putih untuk mengusir cicak. Cukup dengan meletakkan beberapa siung bawang putih di sudut-sudut rumah. Bau bawang putih yang khas juga bisa membuat cicak tidak tahan kemudian pergi.

 

 

6. Bawang Merah

Sama seperti bawang putih, bawang merah juga mempunyai kegunaan serupa. Kalian juga bisa mengusir cicak dengan bawang merah. Caranya, kalian bisa menghaluskan bawang merah, lalu mencampurkannya dengan air. Setelah itu, semprotkan air bawang merah tersebut ke tempat-tempat yang biasa didatangi cicak.

 

 

7. Membersihkan Kolong Meja

Kolong meja biasa menjadi tempat persembunyian cicak. Oleh karenanya, membersihkan kolong meja juga bisa jadi satu cara mengusir cicak dari rumah. Tidak saja cicak, kolong meja juga seringkali jadi sarang nyamuk. Artinya, cara ini terbilang efektif karena dapat membasmi cicak sekaligus makanannya. Jadi, pastikan untuk lebih rajin membersihkan kolong meja sebersih mungkin!

 

 

8. Menyimpan Makanan dengan Benar

Seperti yang disinggung sebelumnya, menutup makanan jadi upaya yang penting untuk menjaga kesehatan. Ternyata, dengan menutup makanan kita juga bisa mengusir cicak dari rumah. Pasalnya, makanan menjadi salah satu alasan mengapa cicak bisa betah berada di suatu rumah.

Pastikan, makanan di rumah disimpan secara tertutup bisa menggunakan tudung saji, atau jika memungkinkan menyimpannya di kulkas. Selain itu, jangan lupa juga untuk membersihkan bekas makanan yang terjatuh di lantai. Sebab sisa-sisa makanan yang terjatuh juga bisa mengundang cicak datang.

 

 

9. Memasang Bulu Merak

Bulu merak yang indah memang cocok untuk dijadikan pajangan. Namun siapa sangka, tidak hanya cantik bulu merak juga sangat bermanfaat. Ya, memasang bulu merak bisa jadi satu cara ampuh untuk mengusir cicak. Corak dan warna bulu burung merak yang indah diyakini bisa menakut-nakuti cicak, karena bisa tampak seperti predator baginya.

Sayangnya, untuk mendapatkan bulu burung merak memang terbilang sulit. Akan tetapi, jika ada kesempatan untuk memperolehnya, cara mengusir cicak dari rumah yang satu ini sangat layak untuk dicoba.

 

 

10. Memasang AC

AC tidak saja bisa membuat ruangan terasa lebih sejuk. AC juga bisa membuat ruangan bersih dari jangkauan cicak. Bagaimana bisa terjadi? Ternyata, cicak termasuk binatang berdarah panas, sehingga tidak tahan terhadap udara dingin. Oleh sebab itu, cara ini terbilang praktis dan efektif untuk kalian coba.

 

 

11. Tangkap dan Buang

Untuk kalian yang tidak merasa geli, kalian bisa menangkap cicak secara langsung, lalu membuangnya jauh dari rumah. Ada beberapa tips bagi kalian yang hendak menangkap cicak. Pertama, cicak termasuk binatang yang aktif di malam hari. Jadi waktu paling tepat untuk menangkapnya adalah malam. hari Selain itu, pastikan untuk meminimalkan suara. Sebab, cicak termasuk binatang yang peka terhadap suara.

 

 

12. Tutup Akses Cicak Masuk ke Rumah

Jika cicak sudah berhasil diusir atau dibasmi dari rumah, jangan lupa untuk menutup akses atau jalan masuk cicak. Pasalnya, cicak bisa saja berasal dari kebun atau tempat lain di luar bangunan rumah. Sehingga, sewaktu-waktu cicak bisa saja kembali masuk meskipun rumah sudah dibersihkan.

Biasanya, cicak masuk ke rumah lewat lubang ventilasi. Jadi kalian bisa menutup lubang ventilasi dengan kawat berlubang kecil. Pada celah-celah kecil di antara pintu, kalian dapat memasang double tape khusus untuk menjebak jika cicak berusaha masuk sewaktu-waktu.

Itulah di antaranya 12 cara mengusir cicak dari rumah dengan mudah, ampuh, dan aman. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending