8 Arti Bahu Kanan Kedutan Menurut Primbon Jawa, Bisa Jadi Pertanda Baik atau Buruk


Berita | Kamis, 23 November 2023 12:22

Kapanlagi.com - Kedutan jadi hal yang bisa dialami oleh siapa saja. Kedutan juga bisa terjadi di hampir seluruh bagian tubuh, termasuk bahu kanan. Meski terkesan sebagai hal biasa, nyatanya masih banyak orang yang percaya bahwa terdapat arti bahu kanan kedutan menurut primbon Jawa. Ya, dalam primbon Jawa, kedutan bahu kanan dianggap memiliki makna tertentu dan dikaitkan dengan kejadian atau peristiwa yang akan datang.


Dalam budaya Jawa, primbon memang sudah jadi bagian dari kepercayaan. Banyak orang yang meyakini primbon bisa berfungsi sebagai sebuah referensi dalam mengartikan suatu fenomena yang dialami. Seperti saat mengalami kedutan di bahu yang berulang kali atau berlangsung lama hingga dirasa aneh dan ganjil.

Lantas, seperti apa penjelasan arti bahu kanan kedutan menurut primbon Jawa? Daripada penasaran, langsung saja simak penjelasannya di ulasan berikut ini.

1 dari 3 halaman

1. Arti Bahu Kanan Kedutan Menurut Primbon Secara Umum

Ilustrasi Arti Bahu Kanan Kedutan Menurut Primbon Secara Umum (credit: unsplash)

Menurut primbon, kedutan bahu kanan dapat diartikan sebagai pertanda akan ada kejadian penting atau perubahan dalam hidup seseorang. Dalam primbon, makna dari kedutan bahu kanan juga bisa bervariasi tergantung pada berbagai hal seperti hari atau waktu kedutan terjadi.

Misalnya, jika kedutan terjadi pada hari Senin, primbon Jawa mengartikannya sebagai pertanda bahwa orang yang mengalami akan mendapatkan berita baik atau kabar gembira dalam waktu dekat. Sementara jika kedutan terjadi pada hari Selasa, dianggap sebagai pertanda akan ada perubahan posisi atau jabatan dalam pekerjaan.

Dalam tradisi primbon Jawa, terdapat juga beberapa interpretasi yang berkaitan dengan jenis kedutan pada bahu kanan. Misalnya, jika kedutan bahu kanan terjadi secara teratur dan berulang, dipercaya bahwa orang tersebut akan mendapatkan keberhasilan dalam berbisnis atau karier.

2 dari 4 halaman

2. Arti Bahu Kanan Kedutan Pertanda Baik

Ilustrasi Arti Bahu Kanan Kedutan Pertanda Baik (credit: unsplash)

Selain penjelasan di atas, ternyata masih ada beberapa arti bahu kanan kedutan menurut primbon Jawa. Beberapa di antara arti-arti bahu kanan kedutan tersebut diyakini merupakan suatu pertanda baik seperti di bawah ini.

1. Akan Mendapatkan Rezeki

Arti kedutan di bahu kanan menurut Primbon Jawa bisa menjadi pertanda bahwa seseorang akan menerima keberuntungan atau rezeki. Dianggap sebagai sinyal dari alam gaib, kedutan di pundak kanan diartikan sebagai tanda bahwa keberuntungan sedang menghampiri seseorang. Ini bisa berupa kesuksesan dalam karir, peningkatan kekayaan, atau bahkan pemberian hadiah yang tak terduga.

2. Bertemu Jodoh

Arti lain yang terkait kedutan di bahu kanan adalah tanda kemungkinan pertemuan romantis atau awal hubungan. Primbon mengatakan bahwa bisa menandakan hal positif yang menarik dari cinta baru yang akan masuk ke dalam hidup. Bisa jadi kalian yang mengalaminya akan berjumpa dengan jodoh.

3. Akan Melakukan Perjalanan Jauh

Primbon Jawa juga mengindikasikan kedutan di bahu kanan bisa diinterpretasikan sebagai tanda perjalanan mendatang atau perjalanan ke tempat-tempat baru. Ini bisa dipandang sebagai kesempatan untuk eksplorasi dan mengalami budaya serta petualangan baru.

4. Berhasil Mencapai Tujuan

Menurut primbon, kedutan di bahu kanan juga bisa jadi simbol tanggung jawab mendatang atau pencapaian. Hal ini menunjukkan bahwa kalian mungkin akan dipercayakan dengan tugas atau diharapkan untuk maju dalam area tertentu dalam kehidupan, baik itu secara profesional maupun pribadi.

5. Berkesempatan Bertemu Orang Penting

Selain itu, kedutan di pundak kanan juga dapat diartikan sebagai pertanda bahwa seseorang akan bertemu dengan orang penting. Ketika kedutan muncul, primbon Jawa meyakini bahwa seseorang akan mengalami pertemuan yang berarti dalam hidup mereka. Ini bisa berupa pertemuan dengan calon pasangan hidup, perubahan penting dalam lingkungan kerja, atau bertemu dengan seseorang yang akan memberikan pengaruh besar dalam kehidupan mereka.

3 dari 4 halaman

3. Arti Bahu Kanan Kedutan Pertanda Buruk

Ilustrasi Arti Bahu Kanan Kedutan Pertanda Buruk (credit: unsplash)

Tak melulu pertanda baik, arti bahu kanan kedutan menurut primbon Jawa ternyata juga bisa jadi sebuah peringatan atau pertanda buruk sebagai berikut.

6. Bakal Mengalami Masalah Kesehatan

Kedutan di pundak kanan menurut primbon Jawa juga bisa menjadi pertanda dari masalah kesehatan. Dalam tradisi Jawa, primbon meyakini bahwa kedutan di pundak kanan bisa menunjukkan adanya masalah atau ketidakseimbangan dalam tubuh seseorang. Dalam hal ini, kedutan bisa menjadi peringatan untuk memperhatikan kesehatan dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk menjaga tubuh tetap sehat.

7. Bakal Mengalami Kehilangan

Menurut Primbon Jawa, jika kedutan di pundak kanan terus berlanjut tanpa henti, itu bisa menjadi pertanda bahwa seseorang akan mengalami kehilangan atau kegagalan dalam hidup mereka. Ini juga bisa berhubungan dengan kehilangan seseorang yang penting, atau kehilangan kesempatan besar dalam hidup.

8. Peringatan Akan Adanya Konflik

Primbon menyebut bahwa kedutan di bahu kanan bisa berarti peringatan akan kemungkinan adanya pertikaian atau konflik dalam waktu dekat. Ini menjadi pengingat untuk berhati-hati dalam tindakan dan menghadapi situasi dengan sikap yang tenang dan sabar.

Itulah di antaranya beberapa penjelasan arti bahu kanan kedutan menurut primbon Jawa. Semoga bermanfaat dan bisa menjawab penasaran kalian selama ini.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP KAPANLAGI.COM BIAR NGGAK KETINGGALAN UPDATE DAN BERITA TERBARU SEPUTAR DUNIA HIBURAN TANAH AIR DAN JUGA LUAR NEGERI. KLIK DI SINI YA, KLOVERS!

(kpl/psp)

Topik Terkait