9 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Usia Lanjut di Atas 50 Tahun, Penting Jaga Asupan


Berita | Senin, 12 Juli 2021 20:33

Kapanlagi.com - Seiring bertambahnya usia, beberapa fungsi tubuh juga mengalami penurunan. Ini menyebabkan kelompok usia lanjut seringkali lebih rentan terkena risiko masalah kesehatan tertentu. Salah satu cara mempertahankan kesehatan di usia lanjut bisa dilakukan dengan menjaga daya tahan tubuh tetap stabil.


Daya tahan tubuh yang kuat bisa menjadi salah satu faktor kesehatan tubuh tetap terjaga. Sebab, imunitas yang tinggi dapat melawan berbagai infeksi serta paparan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan fungsi tubuh. Terlebih pada lansia, ada baiknya sistem kekebalan tubuh pada kelompok usia tersebut harus tetap kuat dan stabil.

Cara meningkatkan imunitas tubuh usia lanjut bisa dilakukan dengan beberapa tips di bawah ini. Di antara yang cukup penting menjaga imunitas tubuh lansia adalah gaya hidup sehat termasuk olahraga, asupan, serta istirahat cukup.

Maka dari itu, berikut ini beberapa referensi cara meningkatkan imunitas tubuh usia lanjut tetap stabil. Langsung saja simak ulasannya tentang cara meningkatkan daya tahan tubuh lansia yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1 dari 10 halaman

1. Menjaga Asupan Makanan Sehat

(credit: freepik.com)

Cara meningkatkan imunitas tubuh usia lanjut terutama di atas 50 tahun yang pertama adalah menjaga asupan makanan tetap sehat. Sebab, asupan makanan sehat bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap baik. Sejumlah bahan makanan bahkan mengandung nutrisi dan vitamin penting yang diperlukan tubuh.

Dengan begitu, ketika kebutuhan nutrisi dan vitamin tercukupi tentunya dapat mendukung kekebalan tubuh lansia tetap terjaga. Melansir dari hellosehat.com, pada lansia makanan yang cukup baik dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh adalah makanan rendah lemak, sayur, buah-buahan, ataupun makanan kaya vitamin A, C, E, B6, dan mineral.

 

2 dari 11 halaman

2. Menjaga Waktu Istirahat

(credit: freepik.com)

Cara meningkatkan imunitas tubuh usia lanjut berikutnya adalah menjaga kebutuhan waktu istirahat. Pentingnya waktu istirahat yang cukup pada lansia bermanfaat menjaga kesehatan tubuh kelompok tersebut tetap stabil. Sebab, semakin bertambahnya usia, rupanya juga berpengaruh pada penurunan produksi hormon melatonin.

Gangguan hormon tersebut bisa memicu kualitas tidur kurang terjaga. Untuk itulah diperlukan waktu istirahat cukup untuk mempertahankan daya tahan tubuh lansia tetap stabil. Setidaknya pada tingkat usia maksimal 60 tahun diketahui membutuhkan waktu tidur selama 7-8 jam perhari. Sedangkan di atas 65 tahun kurang lebih membutuhkan waktu istirahat selama 7-9 jam perhari.

Meski begitu, durasi waktu lama tidur bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Akan lebih baik jika mengkonsultasikannya pada dokter kesehatan untuk mendapatkan saran tepat terkait kebutuhan waktu istirahat bagi lansia.

 

3 dari 11 halaman

3. Penuhi Asupan Cairan Tubuh

(credit: freepik.com)

Cara meningkatkan imunitas tubuh pada lansia juga dapat dilakukan dengan cara menjaga asupan cairan tetap stabil. Seperti diketahui, tubuh kita setidaknya memerlukan asupan cairan kurang lebih delapan gelas perhari setara 2,5 L air. Ini bukan tanpa alasan, sebab dengan asupan cairan yang tercukupi bisa mencegah tubuh mengalami dehidrasi.

Asupan cairan yang stabil juga bisa mendukung peningkatan daya tahan tubuh kita tetap baik. Maka dari itu kalian bisa menjaga asupan cairan tetap baik dan terpenuhi terutama bagi kelompok usia lansia.

 

 

4 dari 11 halaman

4. Terapkan Olahraga Teratur

(credit: freepik.com)

Olahraga secara teratur termasuk penerapan gaya hidup sehat yang tidak bisa kita lewatkan terutama pada usia lanjut. Ya, olahraga teratur bisa membantu mempertahankan daya tahan tubuh tetap baik. Maka dari itu, cara meningkatkan imunitas tubuh usia lanjut berikutnya adalah menerapkan olahraga rutin dan teratur.

Tidak perlu olahraga yang terlalu berat, sebab dengan olahraga ringan seperti gerak jalan, senam, bersepeda bisa dijadikan pilihan yang pas buat menjaga kesehatan tubuh. Namun pastikan bahwa olahraga yang dilakukan sesuai dengan kemampuan tubuh pada usia lanjut.

 

 

5 dari 11 halaman

5. Hindari Kebiasaan Merokok

Cara meningkatkan imunitas tubuh usia lanjut di atas 50 tahun selanjutnya adalah dengan menghindari kebiasaan merokok. Kandungan senyawa dalam rokok bisa menyebabkan gangguan kesehatan tubuh. Terutama pada usia lanjut yang mana beberapa sistem kekebalan tubuh mereka juga mengalami penurunan, maka tidak menutup kemungkinan akan lebih berisiko terkena gangguan kesehatan tertentu.

Maka dari itu, usahakan untuk menghindari kebiasaan merokok terutama pada usia lanjut. Akan lebih baik jika mulai mencobanya pada masa-masa usia muda jika memiliki kebiasaan merokok.

 

 

6 dari 11 halaman

6. Mengendalikan Tingkat Stres

(credit: freepik.com)

Bukan rahasia lagi betapa besarnya dampak stres bagi kesehatan tubuh. Apalagi di usia lanjut, ada baiknya untuk mengendalikan tingkat stres mereka. Sebab cara ini bisa membantu mempertahankan daya tahan tubuh tetap stabil. Selain itu tingkat stres ternyata juga berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh kita. Untuk itulah, usahakan agar pikiran dan hati tetap rileks untuk mengendalikan tingkat stres.

 

 

7 dari 11 halaman

7. Hindari Berjemur Terlalu Lama

Cara meningkatkan imunitas tubuh lansia selanjutnya adalah dengan menghindari berjemur sinar matahari terlalu lama. Ini bermanfaat untuk mencegah risiko kanker yang mungkin saja lebih rentan terjadi akibat paparan sinar UV. Dalam hal ini, pagi hari menjadi waktu terbaik untuk berjemur dengan durasi selama 15 menit. Selain itu, hindari berada di bawah sinar matahari terlalu lama terutama pada siang hari untuk mencegah paparan sinar UV yang terlalu tinggi.

 

 

8 dari 11 halaman

8. Cukupi Kebutuhan Multivitamin

(credit: freepik.com)

Kebutuhan vitamin dan nutrisi penting bagi lansia juga penting terjaga dengan baik. Sebab ini membantu mempertahankan daya tahan tubuh mereka tetap stabil. Maka dari itu, pentingnya mencukupi kebutuhan multivitamin bagi lansia. Selain konsumsi makanan sehat, sejumlah multivitamin khusus lansia dapat dijadikan pilihan buat menjaga kesehatan tubuh tetap baik. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan saran tepat terkait multivitamin yang diperlukan tubuh.

 

 

9 dari 11 halaman

9. Jalin Interaksi dan Komunikasi

Menjalin interaksi dan komunikasi dengan keluarga ataupun orang tersayang bisa membantu menurunkan tingkat stres pada lansia. Sebab, cara ini dapat membuat pikiran lebih rileks, tenang, nyaman, dan merasa diperhatikan. Sehingga bisa menjadi cara mudah menjaga daya tahan tubuh tetap stabil sebab dapat mencegah tingkat stres.

 

 

10 dari 11 halaman

10. Makanan Sehat untuk Lansia

(credit: freepik.com)

Setelah mengetahui beberapa cara meningkatkan imunitas tubuh usia lanjut di atas 50 tahun, di bawah ini ada beberapa makanan sehat yang baik buat lansia. Lalu apa saja makanan sehat tersebut? Langsung saja simak ulasannya tentang makanan sehat untuk lansia sebagai berikut dilansir dari hellosehat.com.

- Makanan kaya protein, karbohidrat, serat, vitamin, mineral.

- Makanan yang lunak dan mudah dicerna.

- Atur pola makan teratur dan sesuaikan porsi tepatnya.

- Hindari makanan pemicu masalah kesehatan seperti terlalu pedas, berminyak, soda, ataupun asam.

- Kontrol makanan manis mengandung gula buatan.

- Mengurangi makanan dengan asupan garam tinggi.

Nah itulah 9 cara meningkatkan imunitas tubuh usia lanjut di atas 50 tahun, pentingnya menjaga asupan sehat. Beberapa cara meningkatkan daya tahan tubuh lansia di atas bisa dijadikan referensi mempertahankan kesehatan tubuh.

Sumber: hellosehat.com, id.theasianparent.com

 

 

(kpl/nlw)

Topik Terkait