Arti Bunga Matahari untuk Hadiah di Momen Berharga, Bisa Jadi Simbol Persahabatan yang Abadi


Berita | Kamis, 21 April 2022 13:11
Editor : Puput Saputro

Kapanlagi.com - Bunga sering kali hadir sebagai hiasan di momen-momen penting. Pasalnya, keindahan dari hiasan bunga memang bisa menciptakan berbagai suasana, mulai dari yang hangat hingga romantis. Namun tak saja indah, bagi sebagian orang setiap bunga juga menyimpan arti atau makna tersembunyi. Lantas, apa arti bunga matahari?


Ya, dari sekian banyak jenisnya, bunga matahari jadi salah satu yang cukup digemari. Bentuk yang unik dengan ukurannya yang besar jadi alasan mengapa banyak orang yang menyukai bunga matahari. Selain itu, jelas, arti bunga matahari yang berbeda dari bunga-bunga lain membuatnya lebih cocok dihadirkan di momen-momen tertentu.

Penasaran, apa arti yang tersimpan di balik keindahan bunga matahari? Langsung saja simak ulasan berikut yang telah kapanlagi.com rangkum dari berbagai sumber.

1 dari 8 halaman

1. Memancarkan Kegembiraan

(credit: unsplash)

Arti bunga matahari pertama yaitu kegembiraan murni. Arti ini diperoleh dari penampakannya dengan tangkainya yang tinggi, kepala raksasa, dan dihiasi dengan kelopak kuning yang rimbun. Dari penampilannya itu, bunga matahari tampaknya memancarkan energi positif layaknya matahari yang sesungguhnya. 

Oleh karena itu, bunga matahari bisa jadi hadiah yang sempurna untuk setiap momen yang menggembirakan, seperti peluncuran baru, baby shower, ulang tahun, wisuda. Namun tak perlu menunggu momen-momen tertentu, kalian bisa saja memberikan bunga matahari untuk teman saat mereka bersedih sebagai bentuk penghiburan.

 

 

 

2 dari 9 halaman

2. Simbol Rezeki

Bunga matahari tak saja dinikmati keindahannya. Bunga ini juga dibudidayakan untuk diambil bijinya. Ya, seperti yang kita tahu biji bunga matahari mempunyai nilai ekonomi tersendiri. Biji bunga matahari bisa dinikmati sebagai camilan bernutrisi hingga diolah menjadi minyak.

Itu artinya bunga matahari tidak hanya memberikan kegembiraan, tetapi juga dapat memberikan semua nutrisi yang kita butuhkan. Tak heran, jika arti bunga matahari sering dianggap sebagai simbol dari rezeki. Hal inilah yang membuat bunga ini juga cocok untuk diberikan saat pembukaan bisnis atau tempat usaha baru.

 

 

 

3 dari 9 halaman

3. Simbol Keabadian dan Umur Panjang

(credit: unsplash)

Dilansir dari bloomthis.co, menurut kepercayaan Tiongkok arti bunga matahari bisa jadi simbol dari keabadian dan umur panjang. Bagi orang Cina, warna kuning juga melambangkan kebahagiaan yang melimpah, vitalitas, kecerdasan, serta keabadian. Oleh karenanya dahulu biji bunga matahari juga merupakan makanan ringan bangsawan China. 

Dengan bentuk batang yang tinggi menjulang dan kokoh bahkan di musim panas, bunga kuning yang indah ini cocok untuk melambangkan keabadian dan umur panjang. 

 

 

 

4 dari 9 halaman

4. Persahabatan yang Abadi

Bunga matahari jadi bunga yang paling cocok untuk diberikan pada sahabat. Pasalnya, arti bunga matahari bisa jadi simbol persahabatan yang langgeng atau abadi. Karangan bunga matahari adalah cerminan sempurna dari ikatan erat antara teman dan orang yang dicintai. Bunga matahari mewakili perasaan cerah, ceria, dan hangat. Hal ini membuat persahabatan kalian mengesankan  selayaknya musim panas.

 

 

 

5 dari 9 halaman

5. Simbol Kejujuran

(credit: unsplash)

Bunga matahari mempunyai karakter yang unik dan berbeda dengan bunga lainnya. Seperti yang kita tahu, mahkota bunga matahari selalu menghadap ke arah sinar matahari berasal. Karena selalu condong ke arah sinar matahari, arti bunga matahari sering dianggap sebagai simbol kebenaran dan kejujuran. Jadi, tak ada salahnya jika memberikan bunga matahari untuk pasangan sebagai simbol kejujuran dalam membangun komitmen.

 

 

 

6 dari 9 halaman

6. Optimisme

Sifat bunga matahari yang selalu menghadap matahari ternyata juga bisa diartikan mewakili jiwa yang optimis. Arti bunga matahari ini juga didukung dengan bentuknya yang bulat utuh sebagaimana ambisi seseorang yang benar-benar tekad. Selain itu, bentuk kelopak yang penuh juga seperti pancaran sinar matahari yang mengirimkan getaran positif.

 

 

 

7 dari 9 halaman

7. Kekaguman

(credit: unsplash)

Bunga matahari juga bisa jadi simbol dari kekaguman dan pemujaan. Arti bunga matahari satu ini juga diilhami berdasarkan sifatnya yang selalu menghadap ke arah matahari, seolah-olah selalu memujanya. Terlebih, seperti yang kita tahu tanpa matahari tanaman tidak bisa tumbuh dan berbunga. Sehingga, bunga matahari jadi simbol yang pas untuk kekaguman pada sosok yang memang layak dikagumi. 

 

 

 

8 dari 9 halaman

8. Lambang Perdamaian

Bunga matahari juga mempunyai arti tersendiri bagi masyarakat Ukraina dan dunia pada umumnya. Bunga berwarna kuning ini menjadi simbol dari perdamaian. Bunga matahari dikenang sebagai pengingat peristiwa perlucutan senjata nuklir di tahun 1990-an.

Dilansir dari uniguide.com, Ketika Uni Soviet pecah pada tahun 1991, negara baru Ukraina memiliki gudang senjata nuklir terbesar ketiga. Pada tahun 1996, Ukraina berkomitmen untuk pelucutan senjata nuklir total. Untuk menghormati kesempatan itu, perwakilan dari AS, Ukraina, dan Rusia menanam bunga matahari di lokasi tersebut.

Itulah di antaranya ulasan dan penjelasan tentang beberapa arti bunga matahari yang ternyata bisa jadi simbol dari berbagai hal. Gimana, setelah mengetahui arti dan maknanya yang begitu dalam, apakah bunga matahari jadi bunga favorit kalian? 

 

 

 

(kpl/gen/psp)

Topik Terkait