Arti Subjek, Predikat, Objek, dan Keterangan dalam Kalimat

Rabu, 20 April 2022 11:33
Arti Subjek, Predikat, Objek, dan Keterangan dalam Kalimat
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Pada pelajaran bahasa Indonesia, tentu kalian akan sudah pernah menemui materi tentang kalimat. Saat mempelajarinya, kalian akan menemukan subjek sebagai salah satu unsur kalimat. Lalu, apa sih arti subjek?

Arti subjek dalam kalimat bisa dianggap sebagai pokok pembicaraan. Biasanya, posisi ini diisi oleh kata benda yang terletak sebelum unsur predikat. Fungsinya sendiri bisa dianggap sebagai pelaku dalam kalimat.

Namun, jika kalian ingin lebih memahami seluk-beluk kalimat, tak hanya cukup mempelajari arti subjek saja. Berikut ini terdapat informasi mengenai unsur dan ciri-ciri kalimat secara lengkap yang bisa kalian pelajari.

 

1. Arti Subjek

Saat membicarakan unsur kalimat, tentu kalian pernah mendengar istilah subjek. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti subjek adalah bagian klausa yang menandai apa yang dikatakan oleh pembicara atau pokok kalimat. Selain itu, subjek juga bisa dipahami sebagai pelaku dalam suatu peristiwa.

Sementara itu, arti subjek pada kalimat adalah bagian klausa yang menandai apa yang dibicarakan oleh pembicara. Jenis kata yang bisa menempati posisi subjek dalam kalimat antara lain, kata benda (nomina), kelompok kata benda (frasa nominal), atau klausa. Nah, jika kalian ingin menemukan subjek pada sebuah kalimat, coba terapkan pertanyaan dengan kata "apa" atau "siapa".

Kata tanya "apa" bisa kalian gunakan untuk mencari subjek dalam wujud bukan orang atau sesuatu tak bernyawa. Sementara kata tanya "siapa" bisa kalian gunakan untuk mencari subjek orang atau sesuatu yang memiliki nyawa. Namun, pada penggunaan bahasa Indonesia pada umumnya, subjek biasanya berasal dari frasa nominal. Meski begitu, sebenarnya subjek bisa juga menggunakan verba atau adjektiva, tapi penggunaannya hanya adalah ragam lisan.

 

2. Arti Kalimat

Pada penjelasan arti subjek di atas sudah disinggung mengenai unsur kalimat. Nah, agar lebih mudah dalam memahami unsur lain, tak ada salahnya bagi kalian untuk coba memahami arti kalimat terlebih dahulu.

Menurut KBBI, kalimat adalah kesatuan ujar yang mengungkapkan suatu konsep pikiran dan perasaan. Tentu kalian sudah akrab dengan penggunaan kalimat dalam kegiatan sehari-hari, baik dalam ragam lisan maupun tulisan. Namun, terkadang penutur pun tak menyadari mengenai arti dari kalimat itu sendiri. Oleh karena itu, tak ada salahnya bagi kalian untuk mencoba menyimak pengertian lain dari kalimat melalui beberapa pendapat para ahli berikut ini.

- Menurut Ramlan (1996), kalimat adalah suatu gramatikal yang dibatasi oleh adanya jeda panjang yang disertai nada akhir turun atau naik. berdasarkan defenisi-defenisi di atas, dapat disimpulkan bahwa kalimat adalah satuan bahasa terkecil yang berupa klausa, yang dapat berdiri sendiri dan mengandung pikiran lengkap.

- Menurut Kridalaksana, kalimat sebagai satuan bahasa yang secara relatif berdiri sendiri, mempunyai pola intonasi final, dan secara aktual maupun potensial terdiri dari klausa; klausa bebas yang menjadi bagian kognitif percakapan; satuan proposisi yang merupakan gabungan klausa atau merupakan satu klausa, yang membentuk satuan bebas; jawaban minimal, seruan, salam, dan sebagainya.

- Menurut ahli tata bahasa tradisional di dalam buku Chaer (1994:240), "kalimat adalah susunan kata-kata yang teratur yang berisi pikiran yang lengkap".

 

3. Unsur-Unsur Kalimat

Tak hanya cukup mengetahui arti subjek, untuk mengetahui unsur-unsur kalimat secara lengkap kalian juga perlu mempelajari unsur-unsur lainnya. Nah, kalian dapat menyimak penjelasan mengenai hal tersebut dalam informasi berikut ini.

- P (Predikat)

Arti predikat menurut KBBI adalah bagian kalimat yang menandai apa yang dikatakan oleh pembicara tentang subjek. Biasanya, predikat menggunakan kata kerja atau kata sifat. Namun terkadang, predikat juga bisa diisi dengan kata sifat dan kata benda. Letak predikat sendiri berada di antara subjek dan objek.

- O (Objek)

Objek dapat diartikan sebagai hal, perkara, atau orang yang menjadi pokok pembicaraan. Bisanya, objek terletak setelah predikat. Oleh karena itu, objek dapat di katakan sebagai keterangan yang berkaitan dengan predikat atau sesuatu yang mengalami. Akan tetapi, pada kalimat pasif objek menjadi subjek. Pada umumnya, objek diisi oleh kelas kata nomina, frasa nomina, atau klausa.

- K (Keterangan)

Letak keterangan pada sebuah kalimat biasanya berada di bagian akhir. Unsur keterangan biasanya di jadikan pelengkap kalimat. Keterangan bisa diisi oleh frasa, kata, atau anak kalimat. Keterangan yang berupa frasa akan ditandai dengan preposisi ke, di, dari, pada, dalam, kepada, terhadap, untuk, oleh, dan tentang. Sedangkan keterangan yang berupa anak kalimat ditandai dengan preposisi karena, ketika, jika, meskipun, supaya, dan sehingga.

- Pelengkap

Meskipun berfungsi hanya melengkapi kalimat, pelengkap adalah unsur yang melengkapi predikat. Hal inilah yang menunjukkan bahwa pelengkap posisinya berada di belakang predikat.

 

4. Ciri-Ciri Kalimat

Setelah memahami arti subjek, predikat, objek, dan unsur lain dalam kalimat, mungkin kalian juga tertarik untuk mengetahui ciri-cirinya. Berikut ini terdapat ciri-ciri kalimat yang bisa kalian simak.

- Pada bahasa lisan, kalimat diawali dengan kesenyapan serta diakhiri dengan kesenyapan pula.

- Pada bahasa tulis, kalimat diawali dengan huruf kapital dan diakhiri dengan titik(.), tanda Tanya(?), serta tanda seru(!).

- Kalimat aktif minimal terdiri dari subjek dan juga predikat.

- Predikat transitif disertai dengan objek, predikat intransitive bisa disertai dengan pelengkap.

- Mengandung anggapan yang lengkap.

- Menggunakan urutan yang logis di setiap kata maupun kelompok kata yang dimana mendukung fungsi (SPOK) dan disusun ke dalam satuan sesuai dengan fungsinya.

- Mengandung: satuan makna, ide, atas pesan yang jelas.

- Dalam paragraf yang terdiri dari dua kalimat atau lebih, kalimat-kalimat tersebut disusun ke dalam satuan makna pikiran yang saling berkaitan. Hubungan dijalin melalui konjungsi, pronominal/kata ganti, repetisi/struktur sejajar.

Nah, KLovers, itulah penjelasan mengenai arti subjek, predikat, objek, dan unsur serta ciri-ciri kalimat secara lengkap yang bisa kalian pahami.

 

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI