9 Arti Bunga dan Jenis-jenisnya yang Cocok Dijadikan Hadiah, Jangan Sampai Salah Pilih!

Rabu, 20 April 2022 16:44
9 Arti Bunga dan Jenis-jenisnya yang Cocok Dijadikan Hadiah, Jangan Sampai Salah Pilih!
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Pemilihan bunga yang cocok dijadikan sebagai hadiah bisa dikatakan merupakan hal yang susah-susah gampang. Selain memperhatikan keindahannya, arti bunga yang kalian pilih juga penting lho, KLovers!

Meski warna dan bentuknya sama-sama indah, arti bunga yang dimiliki setiap jenisnya punya pesan yang berbeda. Isi pesan itu pun beragam, bisa positif atau pun negatif.

Oleh karena itu, kalian perlu berhati-hati agar tak salah dalam memilihnya. Berikut ini terdapat informasi mengenai berbagai arti bunga untuk hadiah.

 

1. Arti Bunga Mawar

Bunga mawar merupakan jenis paling umum yang dipilih seseorang saat ingin memberi hadiah. Namun, sebelum memutuskannya, kalian perlu mengetahui arti bunga mawar berdasarkan warnanya berikut ini.

- Mawar merah: cinta atau "aku cinta kamu"

- Mawar merah tua gelap (dark crimson): ungkapan duka

- Mawar merah karang: persahabatan, kesederhanaan, dan simpati

- Mawar merah muda (pink): kebahagiaan

- Mawar putih: kemurnian, keindahan, atau "aku layak untukmu"

- Mawar oranye: hasrat dan semangat

- Mawar lavender: cinta pada pandangan pertama

- Mawar kuning: kecemburuan, berkurangnya kadar cinta, atau perselingkuhan

 

2. Bunga Melati

Sudah menjadi rahasia umum jika melati merupakan jenis bunga dengan aroma yang sangat kuat dan sering dijadikan parfum. Seperti wanginya, arti bunga melati adalah cinta yang manis, khususnya bunga melati putih. Sementara itu, bunga melati kuning berarti berkat atau keanggunan.

Oleh karena itu, tak heran jika kalian juga banyak menemukan rangkaian bunga melati yang dijadikan sebagai aksesori pengantin. Arti bunga melati cocok untuk menggambarkan cinta antara dua orang yang baru memulai hidup sebagai pasangan.

 

3. Bunga Baby\'s Breath

Baby breath mungkin memang populer sebagai salah satu elemen dekorasi rustic yang cantik. Hal tersebut bisa kalian temukan dalam dekorasi pernikahan, photoshoot, atau sekadar mempercantik ruangan. Kebanyakan, orang memakai baby breath dengan warna kelopak putih. Namun sebenarnya, ada jenis baby breath dengan warna merah muda.

Arti bunga baby breath ini pun cukup mendalam. Satu buket bunga baby's breath melambangkan kesucian dan kemurnian. Biasanya, baby's breath menjadi pilihan bunga yang ideal untuk pasangan yang baru saja menyambut kelahiran anak pertama. Dalam satu buket, tak jarang pula bunga baby's breath dikombinasikan dengan bunga aster atau bunga lainnya.

 

4. Bunga Matahari

Bunga matahari menjadi salah satu jenis yang cukup populer untuk dijadikan hadiah. Terdapat dua arti bunga matahari yang perlu kalian ketahui.

Bunga matahari yang pendek, bisa dijadikan pesan yang berkaitan dengan kekaguman. Sementara bunga matahari yang tinggi, maknanya adalah keangkuhan. Menurut legenda, ketika para penjelajah dari Spanyol tiba di Amerika, mereka mengira bunga matahari sebagai emas sungguhan. Kisah itu yang kemudian dipercaya sebagai asal-usul mengapa bunga matahari dianggap sebagai simbol "kekayaan palsu".

 

5. Bunga Lily

Seperti yang mungkin sering kalian lihat, bunga lily memiliki penampakan yang indah, halus, dan elegan. Umumnya orang menggunakan bunga lily sebagai buket pernikahan atau untuk memperindah ruangan. Arti bunga lili yang cantik itu pun beragam, tergantung warna dan jenisnya.

- Lili putih: perawan, kemurnian, dan keindahan.

- Lili kuning: kebahagiaan dan rasa syukur.

- Calla lily: kecantikan.

- Day lily: simbol ibu di China.

- Tiger lily: kekayaan dan kebanggaan.

 

6. Bunga Krisantemum

Secara umum, arti bunga krisantemum dianggap sebagai simbol kejujuran. Namun, maknanya juga bisa berubah berdasarkan warnanya. Oleh karena itu, sebelum kalian memberikan bunga ini sebagai hadiah, pahami dahulu maknanya berikut ini.

- Krisantemum merah: "aku cinta kamu"

- Krisantemum kuning: cinta yang terabaikan

- Krisantemum putih: kebenaran

 

7. Bunga Anyelir

Dalam bahasa Inggris, bunga anyelir dikenal dengan nama carnation. Bunga ini memiliki kelopak cantik yang bergelombang. Terkadang, orang pun menyebutnya sebagai bunga kertas karena teksturnya yang halus dan terlihat seperti potongan kertas. Nah, saat kalian berniat memberikan bunga ini pada yang terkasih, pilihlah satu atau dua warna di bawah ini :

- Anyelir putih: manis, elok, cinta suci, kemurnian, hingga hadiah keberuntungan untuk perempuan

- Anyelir merah muda: "aku tak akan melupakanmu"

Dua warna di atas yang memiliki arti positif. Arti bunga anyelir dengan warna-warna di bawah ini juga perlu kalian perhatikan.

- Anyelir merah: "aduh, malangnya hatiku" atau "hatiku sakit".

- Anyelir belang: penolakan.

- Anyelir kuning: penghinaan, kekecewaan, dan penolakan.

 

8. Bunga Aster

Bunga aster biasanya muncul di bulan September. Arti bunga aster berkaitan dengan filosofi keyakinan, kebijaksanaan, dan keberanian. Nama aster sendiri diambil dari bahasa Yunani yang artinya bintang, karena bentuknya ketika mekar memang menyerupai bintang.

Oleh karena itu, bunga ini tak hanya bagian dari simbol cinta tapi juga kebijaksanaan dan kepercayaan. Saat kalian ingin menyampaikan pesan, seperti "jagalah dirimu", atau "percayalah padaku", kirimkan buket bunga aster kepada orang tersebut.

 

9. Bunga Lavender

Bunga lavender begitu populer karena aromanya yang menenangkan dan bisa dijadikan untuk bahan kecantikan. Oleh karena itu, bunga ini juga sering dijadikan sebagai bahan minyak esensial, produk yang membantu dalam menormalkan jenis kulit kering, berminyak dan sensitif, dengan menciptakan keseimbangan produksi sebum.

Selain itu, lavender juga membantu dalam meringankan dan mengurangi ketegangan dengan memberikan efek menenangkan pada kulit. Namun, terlepas dari simbol kecantikan yang dimiliki, arti bunga lavender juga bisa dianggap sebagai simbol kesetiaan. Selain itu, ada pula anggapan yang mengatakan bahwa lavender memiliki arti yang kontras dari sebelumnya, yaitu sebuah simbol ketidakpercayaan.

Nah, KLovers, itulah beberapa arti bunga berdasarkan warna dan jenisnya yang perlu kalian ketahui.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI