21 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami, Ampuh, Dijamin Nggak Balik Lagi!


Berita | Selasa, 19 September 2023 18:33

Kapanlagi.com - Memiliki ketombe memang sangat memang sangat mengganggu. Nggak cuman merusak penampilan kamu tapi juga bikin kamu nggak PD dengan rambut kamu. Selain itu juga bisa membentuk persepsi orang yang nggak-nggak tentang kamu. Seperti contoh, dibilang jarang keramas lah, jorok lah, dan sebagainya. Maka dari itu buat kamu yang memiliki ketombe, jangan Cuma tinggal diam, lakukan sesuatu! Mulailah dengan cara menghilangkan ketombe secara alami terlebih dahulu sebelum kalian mencoba produk-produk buatan. Karena yang alami sudah pasti aman, natural, dan pastinya ampuh dengan hasil yang tidak mengecewakan.


Sebenarnya apa sih yang menyebabkan ketombe di rambut? Well, jawabannya ada macam-macam. Pertama, ketombe bisa timbul karena kamu jarang keramas. Karena jarang keramas akan membuat sel kulit mati menumpuk tanpa dibersihkan dengan keramas. Alhasil, muncullah ketombe. Kedua, terlalu sering keramas juga bisa menimbulkan ketombe.

Loh kok bisa? Iya, karena terlalu sering keramas akan menghambat produksi minyak kulit kepala yang menyebabkan rambut jadi kering. Sedangkan minyak rambut berfungsi sebagai pelembab sekaligus pencegah timbulnya ketombe.

Tapi, nggak cuman di situ aja penyebab ketombe juga bisa karena kamu salah menggunakan produk atau merk shampoo. Artinya, kamu tidak menggunakan shampoo yang cocok dengan kulit kepala, sedangkan ketidakcocokan itu akan menimbulkan iritasi yang kemudian menjadi ketombe.

Makanya, penting untuk menggunakan shampo yang memiliki formula khusus untuk mengatasi ketombe seperti shampo HEAD & SHOULDERS MENTHOL DINGIN.  Shampo anti ketombe  dengan formula Tiga Aksi Baru ini mampu membantu menghilangkan ketombe dan minyak dari kulit kepala lebih baik dari shampo anti ketombe terkemuka lainnya sejak pertama kali keramas, dan juga sekaligus menjaga kesehatan kulit kepala. Yuk cobain HEAD & SHOULDERS, biar ketombe dan gatal tuntas. Nah, udah tau kan kalau ketombe bukan masalah yang sepele? Untuk menghilangkannya kamu bisa coba 14 cara menghilangkan ketombe secara alami seperti di bawah ini

1 dari 21 halaman

1. Menghilangkan Ketombe dengan Minyak Zaitun

Yuhu, kini minyak zaitun hadir kembali. Tidak untuk mengatasi masalah kulit wajah tetapi kulit kepala. Siapa sih yang nggak tahu khasiat minyak zaitun yang berlimpah untuk masalah kecantikan? Well, kalian juga pasti sering dengar beberapa manfaatnya untuk kecantikan kan? Nah, kali ini minyak zaitun dipercaya dapat menghilangkan ketombe secara alami dan permanen.

Berikut adalah cara menghilangkan ketombe secara alami dengan minyak zaitun:

1. Aplikasikan minyak zaitun secara merata pada kulit kepala

2. Seperti halnya lidah buaya, pijat kulit kepal secara perlahan dan lembut supaya minyak dapat meresap ke dalamnya

3. Setelah dipijat, biarkan selama kurang lebih 30 menit

4. Terakhir, bilas menggunakan air hangat

 

2 dari 22 halaman

2. Menghilangkan Ketombe dengan Minyak Almond

Minyak almond (credit: Shutterstock)

Selain minyak zaitun, minyak almond ternyata juga dapat menghilangkan ketombe secara alami loh. Juga cepat dan secara permanen lagi. Kandungan vitamin E yang ada pada minyak almond dipercaya dapat mengatasi masalah kulit kepala dan rambut. Dengan begitu permasalahan kulit kepala seperti ketombe dapat teratasi dengan menggunakan minyak almond.

Berikut adalah cara menghilangkan ketombe dengan minyak almond:

1. Aplikasikan minyak almond secara merata ke kulit kepala

2. Pijat kulit kepala dengan lembut dan perlahan sampai minyak almond terasa meresap

3. Biarkan hingga 30 menit

4. Terakhir, bilas menggunakan air hangat.

 

3 dari 22 halaman

3. Menghilangkan Ketombe dengan Minyak Kemiri

Cara menghilangkan ketombe secara alami selanjutnya adalah dengan minyak kemiri. Ekstrak dari biji kemiri berkhasiat untuk kesehatan rambut. Inilah mengapa biasanya minyak kemiri digunakan untuk menyuburkan dan menumbuhkan rambut. Nggak cuma itu, minyak kemiri dipercaya juga dapat menghilangkan ketombe tanpa merusak rambut loh. Ini karena efek anti-mikroba yang ada di dalamnya berfungsi untuk menghambat pertumbuhan jamur pemicu ketombe. Gunakan minyak ini setiap sebelum keramas

Berikut adalah caranya:

1. Oleskan minyak ke kulit kepala

2. Tunggu selama kurang lebih 30 menit

3. Terakhir, bilas.

 

4 dari 22 halaman

4. Menghilangkan Ketombe dengan Lidah Buaya

Cara menghilangkan ketombe secara alami yang pertama adalah dengan lidah buaya. Selain khasiatnya untuk memutihkan wajah dan menghilangkan jerawat, lidah buaya juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe secara alami loh.
Ini karena kandungan yang ada di dalam lidah buaya yaitu seperti protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1 dan C.

Caranya menghilangkan ketombe dengan lidah buaya adalah sebagai berikut:

1. Kupas terlebih dahulu kulit lidah buaya

2. Setelah hanya sisa dagingnya saja tumbuk atau blender sampai halus

3. Aplikasikan ke kulit kepala dengan merata sambil pijat secara perlahan. Hal ini supaya lidah buaya dapat meresap menyeluruh ke kulit kepala

4. Lakukan selama kurang lebih 30 menit

5. Terakhir, bilas sampai bersih

 

5 dari 22 halaman

5. Menghilangkan Ketombe dengan Daun Sirsak

Cara menghilangkan ketombe secara alami selanjutnya adalah dengan daun sirsak. Untuk kesehatan, Daun sirsak mengandung zat acetogenin yang diyakini dapat menghilangkan racun dalam tubuh dan juga menghambat berkembangnya sel kanker. Sedangkan untuk perawatan kulit seperti kulit kepala, daun sirsak dapat digunakan untuk membasmi kutu sekaligus ketombe Karena zat acetogenin mampu meracuni parasit penyebab ketombe.

Berikut adalah cara menghilangkan ketombe dengan daun sirsak:

1. Siapkan beberapa lembar daun sirsak. Cuci terlebih dahulu dengan air mengalir

2. Tumbuk atau blender sampai halus

3. Tambahkan air sedikit saja

4. Lalu aplikasikan ke rambut secara merata. caranya tak jauh berbeda dengan lidah buaya

5. Diamkan hingga 30 menit

6. Terakhir, bilas hingga bersih

 

6 dari 22 halaman

6. Menghilangkan ketombe dengan Jeruk nipis Atau Lemon

Jeruk nipis memang memiliki khasiat yang bermacam-macam untuk kecantikan, kali ini tak hanya untuk memutihkan atau menghilangkan jerawat tetapi juga untuk menghilangkan ketombe yang ada di kulit kepala. Kandungan zat alami yang ada dalam jeruk nipis juga bermacam macam. Seperti contoh, vitamin C, B (1,2,3,,5), karbohidrat, lemak, kalsium, protein, magnesium, serat, dan masih banyak lagi. Selain dipercaya untuk menebalkan dan menumbuhkan rambut, jeruk nipis juga diyakini dapat menghilangkan ketombe secara alami.
Sama halnya seperti jeruk nipis, lemon juga dapat menghilangkan ketombe secara alami loh. Ini karena enzim alami yang ada pada lemon dapat menghilangkan ketombe secara tuntas.

Berikut adalah cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis Atau Lemon:

1. Siapkan jeruk nipis atau lemon secukupnya

2. Peras jeruk nipis dan tambahkan sedikit air

3. Aplikasikan pada rambut (cara mengaplikasikannya seperti daun sirsak)

4. Diamkan selama beberapa saat sampai meresap ke dalam kulit kepala

5. Terakhir, bilas sampai bersih

 

7 dari 22 halaman

7. Menghilangkan Ketombe dengan Cuka

Kok bisa? Iya, cuka juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe secara alami. Namun dengan catatan tidak boleh dalam takaran yang terlalu banyak. Jadi yang sedang-sedang saja dan wajar ya guys. Perlu kalian tahu juga bahwa kandungan asam pada cuka diyakini dapat mengangkat sel kulit mati yang ada pada kulit kepala. Jadi, masalah ketombe akibat tertimbunnya sel kulit mati tadi bisa hilang.

Berikut adalah cara menghilangkan ketombe dengan cuka:

1. Tuangkan 1sdt cuka ke dalam sebuah wadah

2. Aplikasikan ke kulit kepala secara merata

3. Diamkan selama beberapa saat

4. Terakhir, bilas sampai bersih. Untuk hasil yang baik gunakan 2 kali seminggu.

 

8 dari 22 halaman

8. Menghilangkan ketombe dengan Baking Soda

Baking soda (credit: Shutterstock)

Cara menghilangkan ketombe secara alami selanjutnya dalah dengan baking soda. Memang terdengar nyeleneh karena bahan ini biasanya digunakan dalam makanan seperti bahan membuat kue. Namun, kemampuan baking soda untuk menghilangkan ketombe juga bukan hoax belaka. Perlu di ingat sebagai catatan nih guys, untuk penggunaan baking soda juga jangan terlalu banyak nya juga jangan terlalu sering karena bisa berakibat buruk pada kulit kepala kalian. Gunakan dengan takaran yang sedang dan sewajarnya.

Berikut adalah cara menghilangkan ketombe dengan baking soda:

1. Tuangkan ½ sdt baking soda ke dalam sebuah wadah

2. Tambahkan sedikit air dan aduk hingga mengental

3. Aplikasikan ke kulit kepala

4. Tunggu selama beberapa saat

5. Terakhir, bilas sampai bersih

 

9 dari 22 halaman

9. Menghilangkan ketombe dengan Bawang Merah

Cara menghilangkan ketombe secara alami selanjutnya adalah dengan bawang merah. Yaps, bawang merah ternyata juga bisa digunakan sebagai pembasmi ketombe loh. Ini karena adanya bermacam macam nutrisi yang ada pada bawang merah seperti sulfur dan anti bakteri, yang mampu mencegah munculnya ketombe.
Caranya menghilangkan ketombe dengan bawang merah adalah sebagai berikut:

1. Siapkan bawang merah secukupnya

2. Kupas kulitnya terlebih dahulu kemudian blender atau haluskan secara manual

3. Aplikasikan ke kulit rambut secara merata

4. Tunggu selama beberapa saat saja

5. Terakhir, bilas hingga bersih.

 

10 dari 22 halaman

10. Menghilangkan ketombe dengan Larutan Garam

Cara menghilangkan ketombe secara alami yang lainnya adalah garam. Garam juga bisa kamu jadikan opsi untuk menghilangkan ketombe secara alami. Ini bukan hoax, larutan garam memang bisa digunakan untuk menghilangkan jenis ketombe yang kering. Caranya adalah seperti berikut ini:

1. Siapkan garam

2. Ambil 2 sampai 5 sendok garam dan tambahan air hangat

3. Larutkan dengan diaduk

4. Aplikasikan ke kulit kepala dengan menggosok-gosokkan menggunakan tangan

5. Gosok sambil pijat kulit kepala

6. Biarkan selama kurang lebih 15 menit

7. Terakhir, bilas sampai bersih

 

11 dari 22 halaman

11. Sayuran Hijau

Nah, kamu gemar makan sayur nggak? Bagi yang tidak lebih baik cobalah untuk makan sayur-sayuran hijau seperti kangkung. Karena sayur hijau secara tidak langsung dapat menghilangkan ketombe loh. Sayuran hijau seperti kangkung mengandung nutrisi yang baik bagi rambut. Yang pertama, dengan mengonsumsinya saat makan. Yang kedua, dengan cara yang tidak jauh berbeda dengan masker rambut lainnya. Caranya, rendam daun kangkung selama satu malam. Kemudian, setelah air rendaman berubah menjadi warna biru, gunakan lah air tersebut untuk keramas.

 

12 dari 22 halaman

12. Menghilangkan ketombe dengan Cuka Sari Apel

Yaps, cuka sari apel juga dapat kalian gunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami loh. Karena cuka sari apel dipercaya dapat membunuh jamur penyebab ketombe. Ini karena kandungan anti-jamur dan anti-bakteri nya guys. Cara menggunakannya juga gampang, yaitu dengan mencampurkan sari cuka apel dengan air (secukupnya). Setelah itu, campur dengan shampoo. Gunakan untuk keramas seperti biasanya. Hasilnya bisa dirasakan dengan hilangnya rasa gatal secara perlahan.

 

13 dari 22 halaman

13. Menghilangkan ketombe dengan Daun Pandan

Daun pandan (credit: Shutterstock)
Tak hanya sebagai garnis dan pengharum makanan, daun pandan ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe secara alami. Daun pandan mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan rambut. Tak hanya mengusir ketombe, manfaat yang dihasilkan dari daun pandan yang lain adalah mencegah rambut rontok, serta menghaluskan dan menguatkan rambut. Caranya yaitu dengan menghaluskan daun pandan. Kemudian campur dengan air hangat. Setelah itu, aplikasikan ke kulit kepala dan terakhir bilas.

 

14 dari 22 halaman

14. Menghilangkan ketombe dengan Minyak kayu Cedar

Minyak kayu cedar (credit: Shutterstock)

Yuhu, cara terakhir untuk menghilangkan ketombe secara alami adalah minyak kayu cedar. Minyak kayu cedar mengandung anti-septic, anti-sboroik yang diyakini dapat secara alami menghilangkan ketombe. Minyak kayu cedar baiknya digunakan ketika malam hari sebelum tidur. Caranya adalah seperti berikut ini:

1. Campurkan 6 tetes minyak kayu cedar dengan 6 tetes minyak esensial rosemary dan 4 tetes minyak cypress

2. Kemudian, campurkan juga 50 ml minyak zaitun.

3. Setelah tercampur, aplikasikan ke kulit kepala sambil lakukan pijatan secara lembut.

4. Biarkan semalaman

5. Terakhir, bilas sekaligus keramas di pagi hari.

 

 

15 dari 22 halaman

15. Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa untuk menghilangkan ketombe (credit: pexels.com)

Untuk menghilangkan ketombe secara alami, menggunakan minyak kelapa ternyata dapat memberikan manfaat mengatasinya. Sebagai informasi, minyak kelapa sering ditambahkan dalam produk perawatan kecantikan. Termasuk merawat rambut agar tetap sehat dan terawat. Seperti menggunakan minyak kelapa untuk menghilangkan ketombe.

Bahan minyak kelapa ini dapat membantu melembabkan kulit kepala yang kering dan mengatasi ketombe. Untuk menggunakannya cukup mudah, hanya dengan mengoleskan langsung pada kulit kepala. Lalu biarkan hingga minyak kelapa menyerap pada kulit kepala dan melembabkannya.

 

16 dari 22 halaman

16. Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dengan Minyak Peppermint

Minyak peppermint untuk menghilangkan ketombe (credit: pexels.com)

Cara menghilangkan ketombe secara alami selanjutnya dapat menggunakan minyak peppermint. Minyak esensial satu ini bisa membantu mengatasi masalah ketombe yang menimbulkan gejala gatal dan kulit kepala kering. Minyak peppermint bersifat antiseptik dan anti-inflamasi yang baik untuk perawatan kulit kepala. Selain itu, memakai minyak peppermint memiliki efek mendinginkan sekaligus bisa menjaga kesehatan kulit kepala.

 

17 dari 22 halaman

17. Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dengan Minyak Serai

Minyak esensial serai juga dapat digunakan untuk menghilangkan masalah rambut berupa ketombe. Untuk menggunakannya cukup mudah, pakai minyak serai pada kulit kepala yang bermasalah. Jika mengalami rambut ketombe, minyak serai bisa membantu meredakan gejala berupa gatal. Termasuk bisa mengatasi masalah rambut kering, kerontokan, menyeimbangkan produksi minyak di kulit kepala. Selain itu, minyak serai bisa mencegah pertumbuhan jamur yang memicu ketombe.

 

18 dari 22 halaman

18. Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dengan Minyak Tea Tree Oil

Minya tea tree oil untuk menghilangkan ketombe (credit: pexels.com)

Solusi alami seperti tea tree oil dapat menjadi kunci untuk mengatasi masalah rambut berketombe dengan efektif. Bahan alami ini bersifat anti bakteri dan anti jamur sehingga bisa menghambat produksi bakteri atau jamur penyebab ketombe.

Selain itu, minyak tea tree oil dapat memberikan banyak manfaat seperti menyegarkan kulit, menenangkan, serta merawat kesehatan kulit rambut. KLovers dapat menggunakan minyak tea tree oil dengan mengoleskan pada kulit kepala. Campurkan dengan carrier oil berupa minyak zaitun, castor atau kelapa untuk mendapatkan manfaat maksimal. Bilas hingga bersih setelah tahapan ini kalian lakukan.

 

19 dari 22 halaman

19. Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dengan Rosemary Oil

Minyak esensial lainnya yakni Rosemary juga dapat digunakan sebagai cara alami mengatasi ketombe secara permanen. Minyak Rosemary ini punya banyak manfaat untuk kulit kepala. Di antaranya seperti merawat kebersihan kulit kepala, mengontrol produksi minyak di kulit kepala, dan bersifat antijamur.

Sehingga, Rosemary oil cocok digunakan untuk mencegah masalah ketombe. Cara menggunakannya cukup praktis hanya dengan mengoleskan pada kulit kepala bermasalah. Setelah tahapan ini dilakukan, diamkan selama beberapa waktu dan bilas sampai bersih. Namun untuk mendapatkan hasil maksimal memerlukan penggunaan secara rutin.

 

20 dari 22 halaman

20. Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Permanen dengan Minyak Argan

Cara menghilangkan ketombe (credit: pexels.com)

Argan oil dikenal menawarkan banyak manfaat untuk produk perawatan baik itu untuk kulit ataupun kulit rambut. Sifat anti jamur dalam minyak argan dapat membantu meredakan gejala masalah ketombe yang muncul. Selain itu, minyak argan diketahui mengandung sifat anti inflamasi dan antioksidan yang baik untuk perawatan rambut. Cara mengaplikasikan minyak argan cukup praktis dengan mengoleskan pada kulit kepala bermasalah. Setelah tahapan tersebut dilakukan, diamkan sesaat dan bilas sampai bersih. Penggunaan secara rutin minyak argan akan membantu mendapatkan hasil yang maksimal.

 

21 dari 22 halaman

21. Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Permanen dengan Baby Oil

Baby oil ternyata tidak hanya bermanfaat untuk bayi melainkan juga orang dewasa. Ya, penggunaan baby oil bisa membantu menghilangkan ketombe secara alami. Kandungan dalam baby oil bisa membantu melembabkan kulit kepala. Sehingga dapat mengatasi kulit kering yang merupakan gejala dari ketombe.

Selamat mencoba.

 

(kpl/nlw)

Topik Terkait