5 Cara Mirroring HP ke Laptop dengan Mudah dan Lengkap, Simak Langkahnya Agar Berhasil


Berita | Rabu, 19 Januari 2022 17:22

Kapanlagi.com - Menampilkan layar HP ke laptop kini sangatlah praktis. Apalagi, sejumlah ponsel dan laptop dibekali dengan fitur untuk melakukan mirroring.


Cara mirroring HP ke laptop umumnya dilakukan dengan menginstal aplikasi tambahan. Namun, tahukah kalian kalau kini cara mirroring HP ke laptop dapat dilakukan tanpa aplikasi. Misalnya saja dengan menambahkan perangkat seperti USB ataupun menyambungkan dengan Wifi.

Jika penasaran ingin tahu langkah cara mirroring HP ke laptop, ulasan di bawah ini dapat dijadikan referensi. Pasalnya ada beberapa langkah yang perlu diketahui agar proses mirroring berhasil.

Karena itulah berikut cara mirroring HP ke laptop dengan mudah dan lengkap. Langsung saja simak ulasannya mengenai cara mirroring HP ke laptop yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

1. Cara Mirroring HP Ke Laptop Pakai dengan Fitur Bawaan

(credit: pexels.com)

Perangkat HP dan laptop kini sudah jadi alat yang digunakan untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Apalagi, ada banyak sekali fitur di HP dan laptop dapat memudahkan penggunanya untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan praktis. Sebut saja di antaranya yakni mirroring HP ke laptop.

Istilah mirroring HP ke laptop memiliki arti menampilkan layar HP ke laptop. Artinya kalian dapat melihat tampilan di HP pada layar laptop. Biasanya cara mirroring HP ke laptop digunakan untuk beberapa aktivitas. Buat yang belum tahu bagaimana langkah cara mirroring HP ke laptop, ulasan di bawah ini bisa dijadikan referensi. Terlebih cara mirroring HP ke laptop rupanya dapat menggunakan fitur bawaan perangkat. Langsung saja cek cara mirroring HP ke laptop sebagai berikut.

Cara mirroring HP ke laptop memakai fitur bawaan dapat dilakukan dengan mengetahui spesifikasi perangkat kalian. Pasalnya tak semua jenis laptop atau HP mungkin saja dibekali dengan fitur untuk langsung mirroring tanpa aplikasi tambahan. Seperti Windows 10 yang sudah support untuk mirroring HP ke laptop. Di mana ada fitur bawaan di Windows 10 dikenal dengan aplikasi Connect.

Namun sebelum itu, pastikan lebih dahulu laptop kalian sudah support dan dibekali dengan fitur ini. Kalian bisa cek melalui menu DXDIAG di laptop buat cek spesifikasi laptop sudah support atau belum dengan fitur mirroring. Apabila sudah memastikan laptop dapat digunakan untuk cara mirroring HP ke laptop, berikut ini langkahnya.

- Pertama kalian dapat mengaktifkan kedua Wifi di HP dan laptop.

- Selanjutnya kalian perlu masuk ke menu system di laptop kemudian atur dulu beberapa pengaturan yang perlu diubah.

- Pada menu system, kalian bisa pilih Projecting to This PC, lalu ubah settingan di kolom pertama jadi Available Eeverywhere, kolom kedua First Time Only, dan kolom ketiga Never.

- Setelah semua settingannya sudah tepat, langsung cari aplikasi Connect dan masuk akses aplikasinya.

- Kemudian pada Hp kalian ubah settingan Wireless Display.

- Namun setiap ponsel memiliki cara berbeda untuk mengubah settingan Wireless Display. Tapi kalian dapat masuk ke menu Settings kemudian mencari Wireless Display atau Wireless and Networks. Di menu ini kalian dapat mengaktifkan Screen Mirroring ataupun Miracast

- Kemudian akan muncul laptop kalian di HP, nah klik nama tersebut untuk menyambungkannya.

- Klik Always Allow untuk mengijinkannya.

- Terakhir bisa klik Ok.

- Jika berhasil maka tampilan layar HP akan langsung muncul di laptop.

- Selesai.

2 dari 4 halaman

2. Cara Mirroring HP Ke Laptop dengan USB

(credit: pexels.com)

Selain itu, ada juga cara mirroring HP ke laptop hanya dengan menggunakan USB. Yups, tepat sekali USB rupanya dapat digunakan untuk cara mirroring HP ke laptop. Cukup mudah dan praktis, cara mirroring HP ke laptop pakai USB dapat kalian coba dengan mengikuti langkahnya sebagai berikut. Namun perlu diketahui sebelum menggunakan cara mirroring HP ke laptop dengan USB, kalian bisa mengaktifkan lebih dahulu Debugging USB di ponsel.

Sehingga dengan mengaktifkan fitur tersebut bisa memudahkan kalian untuk melakukan mirroring HP ke laptop. Untuk mengaktifkan fitur Debugging USB kalian bisa masuk ke menu Opsi Pengembang di ponsel. Setelah aktif, maka dapat mengikuti langkah di bawah ini.

- Apabila Debugging USB sudah aktif, instal aplikasi Vysor di HP.

- Selanjutnya download juga ekstensi Vysor di laptop kalian via Google Chrome.

- Apabila keduanya sudah terpasang Vysor, maka buka Vysor di dua perangkat HP dan laptop,

- Sambungkan kabel USB dari HP ke laptop.

- Setelah itu klik Find Devices di laptop.

- Klik nama HP yang akan dihubungkan lalu tekan Select.

- Izinkan perangkat terhubung di HP kalian saat terdapat notifikasi Mirroring.

- Jika berhasil maka kalian dapat melihat tampilan layar HP di laptop.

- Selesai.

3 dari 4 halaman

3. Cara Mirroring HP Ke Laptop Pakai Apk Tambahan

(credit: pexels.com)

Cara mirroring HP ke laptop paling praktis yang bisa dicoba umumnya memasang aplikasi tambahan. Pasalnya ada beberapa jenis aplikasi tambahan dapat digunakan untuk cara mirroring HP ke laptop. Apa saja aplikasinya? Yuk simak cara mirroring HP ke laptop di bawah ini.

3. Aplikasi Screen Mirror

Cara mirroring HP ke laptop menggunakan aplikasi ini terbilang sangat mudah dan praktis. Langkah pertama, kalian perlu instal aplikasi ini di HP. Kemudian nantinya dapat mengaktifkan Wifi untuk menyambungkannya. Setelah kedua Wifi aktif, kalian dapat melakukan pemindaian kode pada aplikasi Screen Mirror. Jika berhasil maka, layar HP akan langsung muncul di laptop.

4. Aplikasi Samsung DeX

Cara mirroring HP ke laptop selanjutnya dapat menggunakan aplikasi Samsung DeX. Cara tersebut dapat dicoba buat kalian yang memiliki perangkat dar Samsung. Sedangkan, cara mirroring HP ke laptop dengan aplikasi ini begitu simple. Kalian hanya perlu memasangnya di laptop, kemudian menyambungkannya untuk cara mirroring HP ke laptop. Sambungkan juga dengan menggunakan USB untuk proses mirroring. Jika berhasil, maka kalian dapat melihat tampilan layar HP di laptop.

5. Aplikasi Mobizen

Aplikasi Mobizen juga cukup populer digunakan untuk cara mirroring HP ke laptop. Langkahnya dapat kalian mulai dengan menginstal aplikasi ini di perangkat laptop dan HP. Namun untuk mengaksesnya, kalian perlu membuat akun. Jika sudah memiliki akun, dapat langsung menyambungkkannya untuk mirroring. Di mana kalian juga perlu mengaktifkan USB Debugging di HP. Jalankan aplikasi Mobizen, kemudian nantinya kalian akan mendapatkan kode unik yang digunakan untuk mirroring. Jika berhasil, maka tampilan layar di HP akan muncul pada laptop.

Itulah cara mirroring HP ke laptop dengan mudah dan praktis. Sebelum itu, pastikan dulu perangkat kalian apakah sudah support untuk melakukan mirroring di HP ke laptop.

(kpl/gen/nlw)

Topik Terkait