Cara Melihat Google Maps dengan Street View Lama dan Baru, Telusuri Tempat Secara Mudah

Rabu, 19 Januari 2022 13:22
Cara Melihat Google Maps dengan Street View Lama dan Baru, Telusuri Tempat Secara Mudah
Ilustrasi (credit: pexels.com)


Kapanlagi Plus - Cara melihat Google Maps dengan Street View bisa digunakan untuk melihat citra lokasi dari waktu lama bahkan terkini. Apalagi untuk akses Google Maps Street View ini rupanya bisa menggunakan HP dan laptop.

Kemudahan menelusuri lokasi kini dapat dilakukan dengan Google Maps. Google Maps memberikan layanan pada penggunanya untuk bisa menemukan, menjelajahi, atau menelusuri tempat secara cepat dan mudah.

Terlebih fiturnya sangatlah lengkap dengan beragam pilihan yang bisa digunakan pengguna. Seperti Google Maps Street View, bisa diakses untuk melihat situasi jalanan seperti aslinya. Istilah populernya dapat disebut dengan menelusuri lokasi secara virtual.

Lalu bagaimana cara melihat Google Maps dengan Street View? Apabila kalian ingin mencobanya, ketahui dulu cara melihat Google Maps dengan Street View dalam ulasan di bawah ini. Berikut cara melihat Google Maps dengan Street View yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Mengenal Google Maps Street View

Google Maps merupakan produk layanan yang disediakan oleh Google. Melalui Google Maps siapapun bisa menjelajahi lokasi secara mudah. Selain itu dengan Google Maps, maka dapat membantu menemukan tempat menggunakan fitur yang sudah disediakan. Pasalnya ada beragam fitur lengkap yang bisa diakses penggunanya di Google Maps.

Salah satunya Street View di Google Maps. Sesuai namanya, Street View di Google Maps digunakan untuk melihat lokasi sesuai aslinya. Artinya kalian bisa menelusuri lokasi tersebut seperti mengunjunginya secara virtual. Adanya Street View di Google Maps ini membantu penggunanya melihat tempat di seluruh dunia.

Misalnya saja ingin mengunjungi museum di Roma Italia, melihat tempat bersejarah, atau melihat lokasi tertentu dengan Google Maps Street View. Bagi sebagian pengguna mungkin saja sudah tidak asing lagi dengan fitur ini. Street View menampilkan pemandangan lokasi jalanan 360 derajat.

Karena itulah, ketika kalian menggunakan fitur Google Maps Street View tampak seperti menelusurinya secara virtual. Hasil gambar yang ditampilkan tersebut dapat bersumber dari pihak Google yang memotret jalanan dari waktu ke waktu atau pengguna yang memberi kontribusi. Selain itu diketahui juga bahwa di Google Street View hanya terlihat potret lokasi jalanan, rumah, atau tempat tertentu. Sebab itu ketika ada seseorang terekam oleh Google Street View, maka wajahnya akan diblur begitu pula dengan plat nomor kendaraan.

Menariknya lagi, kalian juga bisa melihat suatu tempat meskipun sudah dalam waktu lama. Meski begitu di Google Maps Street View untuk waktunya terlihat dibatasi. Selain itu untuk cara melihat Google Maps dengan Street View juga dapat diakses melalui perangkat HP dan laptop. Itulah seputar Google Maps Street View yang perlu diketahui.

2. Fungsi Google Maps Street View

Bagaimanapun juga beragam fitur yang disediakan oleh Google Maps memiliki fungsi tersendiri. Di mana, ada fungsi atau kegunaan masing-masing tiap fitur di Google Maps. Seperti fitur Street View terdapat fungsi yang perlu diketahui. Di antara fungsi Google Maps Street View tersebut dapat kalian simak di bawah ini.

1. Melalui Google Maps Street View maka dapat memudahkan pengguna melihat lokasi secara mudah. Sehingga memiliki gambaran untuk mengetahui setiap detail jalanan yang akan dikunjungi.

2. Dapat berfungsi untuk menampilkan lokasi bisnis serta membangun kredibilitas bisnis. Dengan begitu bisa meyakinkan customer.

3. Melalui Google Maps Street View maka dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk mengunjungi suatu tempat ataupun membangun sebuah lokasi bisnis.

4. Bisa dijadikan media marketing yang murah.

Itulah beberapa fungsi Google Maps Street View yang perlu diketahui. Sehingga bisa dijadikan referensi untuk mengaksesnya.

3. Cara Melihat Google Maps Pakai Street View di HP

Setelah tahu dan mengenal mengenai Google Street View, kalian mungkin bertanya-tanya bagaimana cara melihat Google Maps dengan Street View. Tidak begitu rumit, cara melihat Google Maps dengan Street View terbilang cukup praktis bahkan cepat. Apalagi kalian dapat mengaksesnya melalui HP. Karena itulah di bawah ini ulasan cara melihat Google Maps dengan Street View di HP.

- Langkah pertama kalian bisa masuk ke aplikasi Google Maps.

- Langkah kedua, tentukan titik lokasi yang akan kalian kunjungi.

- Ketiga, maka ketika kalian sudah klik pada titik lokasi tersebut muncul tampilan informasi mengenai tempat yang akan dikunjungi.

- Langkah keempat, kalian dapat langsung melihat thumbnail Street View di bagian pojok bawah.

- Langkah kelima, kalian bisa klik ikon Google Maps Street View tersebut untuk menelusuri tempat yang akan dikunjungi.

- Arahkan panah yang muncul di bagian jalan, maka kalian dapat melihat lokasi di sekitar. Selain itu kalian juga dapat menggeser tampilan Google Street View sesuai keinginan.

- Selesai.

4. Cara Melihat Google Maps Pakai Street View di Laptop

Cara melihat Google Maps dengan Street View berikutnya dapat diakses menggunakan laptop. Tidak kalah mudah dan praktis, cara melihat Google Maps dengan Street View di laptop bisa kalian jadikan pilihan untuk tahu lokasi secara detail. Untuk langkah cara melihat Google Maps dengan Street View berikut ini ulasannya.

- Langkah pertama kalian bisa buka browser di laptop dan kunjungi situs Google Maps.

- Langkah kedua, tentukan titik lokasi yang akan kalian kunjungi.

- Langkah ketiga, maka ketika kalian sudah klik pada titik lokasi tersebut muncul tampilan informasi mengenai tempat yang akan dikunjungi.

- Langkah keempat, kalian dapat klik pada foto lokasi yang sudah muncul pada bagian informasi.

- Langkah kelima, kalian bisa klik ikon Google Maps Street View terletak di bagian bawah kiri.

- Langkah keenam, arahkan panah yang muncul di bagian jalan, maka kalian dapat melihat lokasi disekitar. Selain itu kalian juga dapat menggesernya sesuai keinginan.

- Selesai.

5. Cara Melihat Google Maps Street View Lama dan Baru

Tak hanya bisa digunakan untuk cara melihat Google Maps dengan Street View pada lokasi terkini, rupanya kalian juga dapat mengetahui view lokasi tertentu dari tahun sebelumnya. Ya, seperti diketahui fitur ini kini begitu populer di sosial media. Di mana kalian dapat melihat citra lokasi tertentu dari tahun sebelumnya. Namun, di Google Maps waktu yang bisa dilihat hanya menampilkan beberapa tahun saja. Sebagai referensi berikut ini langkah cara melihat Google Maps dengan Street View lama dan baru.

- Langkah pertama buka browser di laptop.

- Kunjungi situs Google Maps.

- Tentukan titik lokasi yang akan kalian kunjungi.

- Klik pada titik lokasi tersebut muncul tampilan informasi mengenai tempat yang akan dikunjungi.

- Klik pada foto lokasi yang sudah muncul pada bagian informasi.

- Klik ikon Google Maps Street View terletak di bagian bawah kiri.

- Kemudian kalian dapat melihat Street View di Google Maps.

- Klik ikon jam pada bagian atas.

- Lalu akan muncul informasi tahun.

- Geser ikon bulat yang menampilkan tahun ke kanan untuk waktu lama dan ke kiri di masa kini.

- Setelah itu klik pada informasi tahun.

- Maka secara otomatis, Google Maps Street View akan menampilkan citra lokasi tahun yang sudah kalian klik.

- Selesai.

Itulah beberapa langkah cara melihat Google Maps dengan Street View. Semoga dapat memudahkan kalian mengakses lokasi di Google Maps.

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI