Ensiklopedia: Pengertian, Sejarah, dan Manfaat, Ketahui Juga Jenis-jenisnya


Berita | Jum'at, 7 April 2023 11:33
Editor : Puput Saputro

Kapanlagi.com - Buku sering disebut sebagai jendela dunia. Sebutan itu tak berlebihan. Pasalnya, hanya dengan membaca buku, pengetahuan seseorang akan dunia luar bisa bertambah. Apalagi, jika buku-buku yang dibaca adalah buku yang benar-benar berisi ilmu pengetahuan seperti ensiklopedia.


Ya, ensiklopedia menjadi salah satu jenis buku penting dalam dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan. Ensiklopedia akan membahas berbagai materi terkait dengan suatu topik tertentu misalkan geografi, biologi, sosial, ekonomi, dan sebagainya. Karenanya, ensiklopedia sering digunakan sebagai referensi saat mendalami suatu bidang tertentu.

Meski berisi ilmu pengetahuan, ensiklopedia jelas berbeda dengan buku pelajaran. Seperti apa bedanya? Nah untuk mengetahuinya, langsung saja simak ulasan berikut ini.

1 dari 4 halaman

1. Pengertian Ensiklopedia

(credit: unsplash)

Ensiklopedia pasti sudah tak begitu asing di benak masyarakat Indonesia. Secara etimologis, istilah ensiklopedia berasal kata dalam bahasa Yunani egkyklios paideia yang berarti rangkuman tulisan berisi penjelasan terkait suatu ilmu cabang dari ilmu pengetahuan tertentu, yang berisi informasi komprehensif dan mudah dipahami.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan ensiklopedia tak jauh berbeda dengan pengertian menurut bahasa aslinya. Dalam KBBI, ensiklopedia berarti karya rujukan yang berisi keterangan atau uraian tentang berbagai hal dalam bidang ilmu pengetahuan, biasanya disusun menurut abjad atau tema.

Secara format, ensiklopedia berisi susunan kumpulan informasi terperinci dan lengkap tentang berbagai topik atau bidang ilmu pengetahuan tertentu. Informasi dalam ensiklopedia disusun secara ringkas, sistematis bisa menurut abjad ataupun berdasarkan tema. Inilah yang membuat pembaca ensiklopedia bisa menemukan informasi yang dicari secara mudah dan cepat.

Untuk memberikan penjelasan yang lebih mudah dipahami, terkadang informasi dalam ensiklopedia juga disajikan bersamaan dengan gambar atau ilustrasi. Format ensiklopedia dengan gambar atau ilustrasi ini umum ditemukan pada ensiklopedia untuk anak.

 

2 dari 5 halaman

2. Sejarah Ensiklopedia

(credit: unsplash)

Ensiklopedia bukanlah jenis buku baru. Sebagaimana asal istilahnya yang berasal dari bahasa Yunani, ensiklopedia ternyata juga sudah ada sejak zaman Yunani Kuno. Bahkan, ensiklopedia pertama diyakini sudah dibuat pada abad ke-4 SM oleh seorang filsuf bernama Speusippus. Ensiklopedia pertama itu memuat informasi tentang filsafat dan sejarah.

Ensiklopedia kemudian berkembang dari zaman ke zaman mengikuti perkembangan. Pada abad ke-18, ensiklopedia modern pertama kali diterbitkan oleh Diderot dan D'Alembert di Prancis. Ensiklopedia pertama era modern ini memuat informasi berbagai topik tentang sains, seni, dan teknologi.

Memasuki abad ke-19, ensiklopedia semakin populer dan banyak dipergunakan oleh masyarakat umum dan akademisi. Produksi ensiklopedia juga semakin masif. Di periode abad ke-19 juga mulai bermunculan label-label ensiklopedia terkenal seperti Britannica dan World Book.

Kemudian memasuki masa digital seperti sekarang ini, ensiklopedia juga mengalami perkembangan pesat. Ensiklopedia kini bisa diakses secara digital. Jadi lebih praktis karena bisa diakses kapan saja dan di mana saja. Wikipedia menjadi salah satu contoh ensiklopedia paling mutakhir saat ini.

 

3 dari 5 halaman

3. Manfaat dan Fungsi Ensiklopedia

Seperti yang telah disinggung di awal, ensiklopedia merupakan buku berisi informasi tentang suatu bidang ilmu pengetahuan. Itu artinya, membaca ensiklopedia bisa menambah pengetahuan. Selain itu, ternyata masih ada beberapa fungsi dan manfaat ensiklopedia. Berikut beberapa manfaat dan fungsi tersebut.

1. Dapat Dipergunakan sebagai Referensi

Ensiklopedia bisa digunakan sebagai sumber referensi dalam penelitian atau untuk pengerjaan tugas akademis. Informasi yang lengkap dan terperinci pada ensiklopedia bahkan memudahkan dalam menjawab pertanyaan atau memperdalam topik yang sedang sedang diujikan atau diteliti.

2. Dapat Dipergunakan sebagai Panduan

Ensiklopedia dapat digunakan sebagai panduan dalam mempelajari berbagai topik dan bidang ilmu pengetahuan tertentu.

3. Dapat Menambah Literasi

Selanjutnya, ensiklopedia juga sangat membantu mengembangkan literasi seseorang. Pasalnya, ensiklopedia memuat informasi yang tersaji dengan menggunakan bahasa yang terstruktur dan dikemas dengan baik. Dengan begitu, membaca ensiklopedia secara tak langsung juga akan meningkatkan kemampuan membaca, menulis, dan berpikir kritis.

4. Bisa Jadi Hiburan

Manfaat ensiklopedia yang keempat, dapat digunakan sebagai sumber hiburan. Ya, tak saja menambah pengetahuan, bagi orang-orang yang memang tertarik dengan topik tertentu, ensiklopedia bisa jadi bacaan yang seru. Apalagi, banyak ensiklopedia yang dikemas dengan format menarik.

 

4 dari 5 halaman

4. Jenis-jenis Ensiklopedia

(credit: unsplash)

Ensiklopedia ada banyak jenisnya. Setiap jenis ensiklopedia mempunyai karakteristik dan kegunaan tertentu. Berikut beberapa jenis-jenis ensiklopedia yang perlu diketahui.

1. Ensiklopedia Umum

Sesuai dengan namanya, ensiklopedia umum adalah ensiklopedia yang membahas berbagai topik dari berbagai bidang ilmu, seperti sejarah, geografi, ilmu pengetahuan, dan budaya. Topik-topik tersebut dibahas secara umum atau garis besar.

2. Ensiklopedia Populer

Jenis ensiklopedia kedua adalah jenis populer. Ensiklopedia ini ditulis dalam bahasa yang mudah dipahami dan ditujukan karena untuk masyarakat umum.

3. Ensiklopedia Referensi

Ensiklopedia yang umum digunakan sebagai referensi dalam penelitian atau tugas akademis. Bahasanya mungkin sulit dipahami karena memang ditujukan untuk akademisi.

4. Ensiklopedia Spesialis

Ensiklopedia yang memaparkan informasi secara fokus pada topik tertentu. Contoh dari jenis ensiklopedia ini, antara lain matematika, ensiklopedia biologi, dan seni.

5. Ensiklopedia Interaktif

Ensiklopedia interaktif merupakan jenis ensiklopedia yang disertai fitur-fitur interaktif seperti video, audio, gambar, dan animasi. Fitur-fitur ini ada dengan tujuan membuat pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan.

6. Ensiklopedia Anak-Anak

Ensiklopedia yang memang dibuat dan dirancang khusus untuk pembaca anak-anak. Oleh karena itu, ensiklopedia ini menggunakan bahasa sederhana yang mudah dipahami, serta sering kali disertai gambar atau ilustrasi menarik.

Itulah di antaranya beberapa penjelasan tentang apa itu ensiklopedia, sejarah, manfaat, dan jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan!

 

(kpl/gen/psp)

Topik Terkait