Komplikasi dalam Drama Adalah Pertengahan Cerita & Pengembangan Konflik, Simak Contohnya


Berita | Senin, 13 Maret 2023 20:22
Editor : Nurul Wahida

Kapanlagi.com - Drama memiliki unsur dan struktur cerita yang disusun dengan kaidah tertentu. Seperti alur cerita dalam teks drama yang mengandung beberapa bagian khusus. Sebut saja komplikasi dalam drama adalah bagian pertengahan cerita berisikan konflik awal sebelum mencapai klimaks.


Seperti diketahui, dalam penulisan cerita drama dilengkapi dengan bagian awal, tengah dan penutup. Di mana, cerita drama tak lepas dari konflik hingga mencapai klimaksnya. Sebelum klimaks konflik, dikenal apa yang dinamakan bagian komplikasi.

Komplikasi dalam drama adalah bagian penting dari penulisan naskah yang tidak bisa dilewatkan. Karenanya, di bawah ini pengertian tentang komplikasi dalam drama yang penting diketahui. Yuk cek di sini penjelasan lengkap mengenai pengertian komplikasi dalam drama.

1 dari 3 halaman

1. Pengertian Komplikasi dalam Drama

(credit: pexels.com)

Drama dikenal sebagai karya sastra yang menampilkan sebuah cerita terkait kehidupan manusia dengan peran dan dialog dalam sebuah pementasan. Sebelum pementasan dimulai penting untuk membuat teks drama atau naskah. Adanya teks dan naskah drama inilah yang akan membantu keberhasilan dari pementasan drama.

Teks drama sendiri memuat alur kisah dan dialog yang akan dipentaskan. Dalam pembuatan teks drama ada struktur dengan bagian-bagiannya tersendiri. Jika bagian prolog atau epilog sudah cukup familiar dikenal, ada bagian yang disebut komplikasi. Komplikasi dalam drama adalah bagian penting yang tidak bisa anda lewatkan begitu saja. Dalam penulisan teks drama, komplikasi adalah bagian awal dari pengembangan sebuah konflik.

Selain itu, pengertian komplikasi dalam drama juga termasuk dari bagian sebuah dialog drama. Karena, dalam penulisan teks drama dikenal bagian pembuka, tengah, hingga penutup. Kalau komplikasi dalam drama adalah bagian tengah cerita yang berisikan pengembangan sebuah konflik. Artinya, pada bagian ini para tokoh dalam drama akan menemukan berbagai konflik, rintangan, persoalan, perlawanan, kesalahpahaman atau tantangan.

Selain itu, pada tahap komplikasi tokoh dalam drama akan menghadapi situasi yang rumit hingga memerlukan perjuangan. Dari komplikasi ini kemudian akan berkembang pada bagian resolusi hingga bagian penutup (epilog). Itulah pengertian dari komplikasi dalam drama yang perlu kalian ketahui.

 

2 dari 4 halaman

2. Struktur Penulisan Teks Drama

(credit: pexels.com)

Komplikasi dalam drama adalah bagian dari struktur yang penulisan teks atau naskah. Selain dikenal dengan komplikasi, terdapat beberapa struktur penulisan teks drama yang juga penting dipahami. Adapun urutan dari struktur penulisan teks drama dapat kalian simak sebagai berikut.

1. Prolog

Prolog termasuk struktur penulisan teks drama pada bagian awal. Pengertian prolog adalah sebuah pembuka atau pengantar sebuah cerita dalam drama sebelum memasuki inti cerita ataupun pengenalan tokohnya.

2. Orientasi

Orientasi adalah bagian setelah prolog yang mana para tokohnya mulai dikenal termasuk dengan aksi, tempat, dan karakter. Pada bagian ini juga menjadi tahapan permulaan munculnya sebuah konflik.

3. Komplikasi

Seperti telah disinggung sebelumnya, komplikasi adalah bagian pertengahan dalam teks drama. Ini menjadi tahapan ketika sebuah konflik mulai berkembang. Sehingga para tokoh dalam drama akan menghadapi beberapa hambatan ataupun persoalan yang akhirnya akan menjadi sebuah klimaks untuk tahapan selanjutnya.

4. Resolusi

Saat sebuah klimaks sudah mulai dicapai, tahapan selanjutnya akan memasuki resolusi. Pada bagian ini sebuah penyelesaian atau jalan keluar dari konflik yang dihadapi pemerannya. Penyelesaian terkait dengan konflik yang sudah terjadi pada bagian komplikasi hingga mencapai klimaksnya.

5. Epilog

Epilog merupakan bagian penutup dalam sebuah naskah drama. Epilog berisikan sebuah simpulan dari keseluruhan cerita dalam teks drama. Ketika sudah mencapai epilog maka drama berada pada tahap terakhir atau penutupan.

 

3 dari 4 halaman

3. Contoh Komplikasi Dalam Drama

(credit: pexels.com)

Setelah memahami pengertian dari komplikasi, ada contoh yang juga perlu kalian pahami. Adapun contoh komplikasi dalam drama dapat kalian simak sebagai berikut yang memudahkanmu dalam membedakan antara bagian komplikasi dalam drama dengan bagian struktur lainnya.

Ambar: Tan, Rud, Din mendingan hari ini kita absen dulu yuk dari kelas Pak Badi.

Intan: Eh, boleh tuh aku juga lagi bosan ingin rehat sejenak.

Rudi: Aku enggak ikut dulu deh.

Ambar: Kenapa Rud? Ayolah sekali-sekali jangan sok nggak mau gitu. Biasanyakan kamu paling semangat tuh jalan-jalan.

Rudi: Mulai sekarang aku mau serius belajar.

Dina: Yaudah deh kalau kamu emang nggak bisa ikut Rud. Nggak setia kawan banget.

Ambar, Intan, dan Dina memutuskan bolos kelas untuk main dengan menerobos pagar. Saat antri lewat pagar, ketiganya malah ketemu guru yang langsung mendapat teguran.

Pak Badi: Kalian mau kemana? Kok malah mau kabur lewat pagar pula.

Ambar: Eh, kaaaamii (terbata-bata)

Pak Badi: Ayok ikut bapak ke ruangan BK.

Ketiganya kemudian masuk ke ruangan Pak Budi untuk mengklarifikasi tindakan bolos yang sudah ketahuan.

Itulah pengertian tentang komplikasi dalam drama yang perlu diketahui. Sehingga dapat membantumu tahu arti komplikasi dengan contohnya.

 

(kpl/gen/nlw)

Topik Terkait