Primbon Senin Wage: Karakter, Jodoh, Karir dan Keuangan


Plus | Jum'at, 27 Oktober 2023 18:55

Kapanlagi.com - Primbon adalah sebuah buku yang di dalamnya terdapat ramalan tentang kehidupan manusia di dunia. Dalam primbon, ada istilah yang namanya weton, atau sebuah hari lahir seseorang dengan pasarannya. Salah satu weton yang ada dalam tanggalan Jawa yaitu, primbon Senin wage.


Nah, bagi KLovers yang memiliki hari lahir pada primbon Senin wage, atau ada seseorang yang lahir pada primbon Senin wage. Maka artikel ini akan membahas sedikit tentang kepribadian, rejeki dan pekerjaan, hingga jodoh bagi pemilik primbon Senin wage ini.

Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah penjelasan mengenai primbon Senin wage, baik secara rejeki, jodoh, hingga karakternya. Yuk, langsung saja dicek KLovers.

1 dari 5 halaman

1. Pengertian Weton

Ilustrasi Pengertian Weton (credit: pexels.com)

Sebelum kita membahas tentang primbon Senin wage, KLovers perlu tahu nih apa itu weton. Arti weton sendiri merupakan sebuah hari lahir seseorang dengan pasarannya (Legi, Paing, Pon, Wage, Kliwon). Menurut kepercayaan Jawa weton bisa berkaitan dengan ramalan peristiwa tertentu. Ramalan tersebut ditelaah melalui suatu siklus hari dalam kalender tradisional.

Namun, fungsi weton sendiri nyatanya banyak ya KLovers. Pertama untuk mengetahui kecocokan pasangan calon pengantin, jumlah neptu hari lahir masing-masing orang dijumlahkan. Sisa dari perhitungan tersebut yang menentukan apakah pasangan tersebut baik atau tidak. Kemudian untuk mengenali karakter atau watak seseorang.

Hal itu bisa dilakukan oleh orang yang memang mempelajari perputaran kalender tradisional. Kemudian, fungsi weton lainnya yaitu agar selalu memperoleh keselamatan. Dan yang terakhir yaitu, weton seseorang juga dipercaya sebagai usaha untuk selalu meraih kesuksesan di masa depan. Weton sendiri terdiri dari hari (7 hari) dan dino pasaran (5 hari).

Dalam kalender Jawa, satu pekan terdiri dari tujuh hari yang mana ditambahkan dengan hari pasaran Jawa. Hari pasaran Jawa terdiri dari lima hari yakni Legi, Pahing, Pon Wage, dan juga Kliwon. Perputaran (Weton) ini berulang setiap 35 hari yaitu 7x5 hari, sehingga menurut perhitungan Jawa, hari lahir akan berulang setiap lima minggu.

Dan setiap dari hari kelahiran memiliki pengaruh masing-masing dalam menentukan sifat, karakter, dan juga "nasib". Namun, sebelum itu perlu kalian ketahui bahwa menghitung weton juga tak bisa dilakukan sembarang. Artinya, kalian harus benar-benar memahami kalender Jawa terlebih dahulu untuk mengetahui kepribadian, kecocokan jodoh, hingga ramala rejeki.

 

2 dari 6 halaman

2. Kepribadian Primbon Senin Wage

Ilustrasi Kepribadian Primbon Senin Wage (credit: pexels.com)

Bila sudah mengetahui arti weton dalam primbon Jawa, maka KLovers bisa mengetahui primbon Senin wage untuk kepribadian. Ya, untuk jenis weton ini memiliki watak Lakuning Geni atau berapi-api yang diartikan dalam hal positif dan negatif. Dalam hal positif, mereka dikenal dengan semangat yang tinggi bahkan bisa dikatakan hiperaktif.

Kemudian, primbon Senin wage ini juga dikenal memiliki jiwa ambisius tinggi dan tak pantang menyerah. Namun, jika dilihat dari sisi negatif mereka, primbon Senin wage dapat berubah menjadi sosok yang angkuh, tinggi hati, dan kejam. Sehingga, mereka yang lahir pada weton ini harus diperlakukan dengan baik dan tulus.

Namun tenang KLovers, nggak selamanya mereka yang memiliki primbon Senin wage ini selalu buruk loh. Ya, orang dengan primbon Senin wage ini nyatanya memiliki hati yang baik serta penyayang. Mereka suka menolong orang lain, selain itu, primbon Senin wage ini juga merupakan orang yang sertia loh.

 

3 dari 6 halaman

3. Karier Primbon Senin Wage

Ilustrasi Karier Primbon Senin Wage (credit: pexels.com)

Nah, bagaimana dengan urusan karir bagi primbon Senin wage? Pada karir dan pekerjaan, primbon Senin wage ini diprediksi sulit menemukan pekerjaan yang tepat untuk dirinya loh. Hal ini karena beberapa watak buruk yang mereka miliki cukup merepotkan dirinya sendiri.

Tidak hanya itu, orang-orang di bawah weton ini juga cenderung sangat sensitif dan mudah tersinggung sehingga membuat perjalanan kariernya cukup sulit. Sehingga, mereka akan sulit mendapatkan kritik untuk diri mereka. Dan ini akan membuat dirinya susah memiliki pekerjaan atau diterima orang sekeliling.

Bukan hanya pekerjaan saja, ternyata primbon Senin wage ini juga memiliki garis rezeki yang cukup sulit loh KLovers. Hal ini terjadi akibat kebiasaan buruk primbon Senin wage yang membuat mereka jauh dari pendapatan yang bagus dan ideal.

Namun, garis ekonomi yang sulit ini tidak berpengaruh pada mereka yang sudah meraih kesuksesan saat muda. Meski sulit mendapatkan pekerjaan yang benar-benar tepat untuk dirinya, bidang pekerjaan yang cocok untuk primbon Senin wage adalah buruh, karyawan, dan freelancer atau pekerja lepas.

Tetapi, tidak semua garis karir dan rejeki hanya dilihat dari sini saja ya KLovers. Ya, semua tergantung dari pribadi masing-masing, apakah orang tersebut bisa mengubah diri lebih baik lagi ataupun menjadi pribadi yang semangat. Karena, rejeki datang dari Tuhan dengan usaha yang kita lakukan.

 

4 dari 6 halaman

4. Jodoh Primbon Senin Wage

Ilustrasi Jodoh Primbon Senin Wage (credit: pexels.com)

Dan primbon Senin wage yang terakhir yang bisa KLovers lihat adalah jodoh. Jika kalian pemilik primbon Senin wage, diramalkan cocok menjalin hubungan dengan seseorang yang memiliki neptu antara 16 atau 11. Beberapa neptu tersebut merupakan orang-orang yang lahir pada Kamis kliwon, Senin pon, Sabtu pon, Selasa kliwon, Jumat legi, dan Rabu wage.

Pertemuan dua weton tersebut diramalkan dapat membawa keharmonisan dalam rumah tangga. Hal ini karena Senin wage jika bertemu dengan salah satu weton tersebut sangat cocok. Itu karena sifat dan karakter di antara beberapa weton tersebut dengan primbon Senin wage akan saling melengkapi terlebih dalam urusan rumah tangga.

 

 

5 dari 6 halaman

5. Hari Baik dan Buruk Senin Wage Menurut Primbon

Ilustrasi Hari Baik dan Buruk Senin Wage (credit: unsplash)

Menurut catatan dalam Primbon Jawa, setiap weton memiliki hari-hari baik dan hari-hari yang dianggap baik karena membawa keberuntungan. Untuk weton Senin Wage, hari-hari baik tersebut antara lain Jumat Pon, Sabtu Wage, dan Minggu Kliwon.

Dalam pandangan primbon ini, pemilik weton Senin Wage diyakini bakal mendapatkan banyak berkah dan keberuntungan. Karenanya, hari-hari baik tersebut dinilai akan sangat cocok untuk melaksanakan berbagai acara penting, seperti lamaran, pernikahan, relokasi rumah, atau bahkan memulai usaha baru. Diyakini setiap kegiatan yang dilakukan di hari baik tersebut bakal membuat lancar dan berkah.

Di samping hari baik, weton Senin Wage menurut primbon Jawa juga memiliki hari-hari yang dianggap kurang menguntungkan atau bahkan buruk. Hari-hari tersebut, salah satunya adalah wetonnya sendiri yaitu Senin Wage. Selain itu hari-hari lain seperti Senin Legi, Kamis Legi, dan Kamis Pahing juga dipercaya kurang baik bagi Senin Wage. Pada hari-hari buruk ini, pemilik weton Senin Wage dipercayai akan lebih rentan terhadap kesialan dan ketidakberuntungan.

Untuk menjauhkan diri dari berbagai nasib buruk ini, menurut primbon Jawa, weton Senin Wage dianjurkan untuk lebih meningkatkan kehati-hatian. Dianjurkan juga untuk melakukan berbagai ritual yang bersifat spiritual, seperti berpuasa atau berdoa untuk memohon perlindungan dari Tuhan.

Itulah penjelasan mengenai primbon Senin wage yang bisa KLovers ketahui. Namun, tidak semua penjelasan di atas ada benarnya ya KLovers. Tidak semua alur kehidupan bisa terfokus pada penjelasan di atas. Semua tergantung kepribadian masing-masing.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP KAPANLAGI.COM BIAR NGGAK KETINGGALAN UPDATE DAN BERITA TERBARU SEPUTAR DUNIA HIBURAN TANAH AIR DAN JUGA LUAR NEGERI. KLIK DI SINI YA, KLOVERS!

(kpl/dhm)