Tak Perlu Direbus, Ini Cara Mengungkep Ayam hingga Bumbu Meresap dan Daging Jadi Empuk dalam Waktu Hanya 15 Menit


Berita | Rabu, 10 Januari 2024 10:44
Editor : Sinta Arumayuni

Kapanlagi.com - Daging ayam sering kali diolah menjadi berbagai hidangan lezat, dan salah satunya adalah ayam goreng ungkep. Tak hanya lezat, tetapi juga mudah disiapkan, sehingga menjadi favorit banyak orang.


Ungkep dilakukan untuk menjadikan daging ayam lebih lembut, sehingga ketika digoreng, ayam tidak melepaskan darah dan dapat matang dengan sempurna. Proses ungkep juga memiliki peran penting dalam meningkatkan cita rasa dengan menggunakan bumbu rempah khas Nusantara. Saat diungkep, bumbu tersebut meresap ke dalam daging ayam, memberikan cita rasa yang semakin gurih.

Biasanya, ungkep ayam dilakukan dengan merebus agar bumbu lebih mudah meresap ke dalam daging. Walaupun terdengar sederhana, proses ini sebenarnya memakan waktu yang cukup lama, setidaknya 30-40 menit, sehingga dapat dianggap kurang efisien dalam hal pemakaian gas dan waktu memasak.

Untuk mengatasi hal ini, banyak orang mencari cara alternatif, seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok @misjasjisjus. Beliau membagikan metode ungkep ayam yang memastikan matang dalam waktu singkat.

Yuk simak informasi selengkapnya, dikutip dari salah satu pengguna TikTok, @misjasjisjus, pada Kamis (21/12/2023).

1 dari 10 halaman

1. Informasi dari Salah Satu Pengguna TikTok

(Sumber: TikTok/@misjasjisjus)

Menurut informasi yang dibagikan oleh akun TikTok @misjasjisjus, ia memilih untuk tidak merebus daging ayam dalam proses ungkep, melainkan menggunakan metode pengukusan. Pemilihan cara ini dianggap lebih sederhana dan efisien dalam penggunaan gas.

Selain keunggulan tersebut, waktu memasak juga menjadi lebih singkat karena hanya memerlukan waktu 15 menit untuk membuat daging ayam matang dengan bumbu yang meresap secara sempurna.

2 dari 11 halaman

2. Langkah Pertama

(Sumber: TikTok/@misjasjisjus)

Persiapkan ½ kilogram daging ayam terlebih dahulu. Setelah itu, lakukan pencucian dan buat sayatan pada beberapa bagian. Tindakan ini dimaksudkan agar bumbu dapat meresap lebih baik ke dalam daging saat proses ungkep berlangsung.

3 dari 11 halaman

3. Langkah Kedua

(Sumber: TikTok/@misjasjisjus)

Langkah berikutnya, siapkan bumbu untuk proses ungkep. Dalam video tersebut, pengguna menggunakan campuran bumbu buatannya sendiri yang terdiri dari 1,5 jempol lengkuas, 0,5 jempol jahe, 5 siung bawang putih, 8 siung bawang merah, 2 kemiri, 0,5 sendok teh kunyit bubuk, dan 1 sendok teh ketumbar bubuk. Semua bahan ini dapat dihaluskan menggunakan blender atau dicincang dengan menambahkan sedikit air.

4 dari 11 halaman

4. Langkah Ketiga

(Sumber: TikTok/@misjasjisjus)

Setelah bumbu dihaluskan, campurkan secara merata dengan daging ayam yang telah dipersiapkan. Tambahkan air secukupnya dan aduk hingga tercampur rata. Selanjutnya, sisihkan untuk menyiapkan panci kukus.

5 dari 11 halaman

5. Langkah Keempat

(Sumber: TikTok/@misjasjisjus)

Ketika menyiapkan peralatan untuk proses kukus, letakkan beberapa lembar daun salam dan daun jeruk di atas saringan kukus. Penggunaan kedua bahan ini bertujuan agar daging ayam tidak melekat pada saringan, sehingga bentuknya tetap terjaga selama proses ungkep. Setelah itu, panaskan air dalam kukusan hingga mencapai titik didih.

6 dari 11 halaman

6. Langkah Kelima

(Sumber: TikTok/@misjasjisjus)

Selanjutnya, susunlah daging ayam yang telah direndam dalam marinasi di atas saringan yang sebelumnya dilapisi daun salam dan daun jeruk. Setelah daging ayam ditempatkan, tuangkan sisa bumbu ke atasnya.

Berikutnya, susun lagi dengan daun salam dan serai. Penambahan rempah-rempah ini akan memberikan aroma dan cita rasa yang semakin harum pada daging ayam.

7 dari 11 halaman

7. Langkah Keenam

(Sumber: TikTok/@misjasjisjus)

Terakhir, rapatkan penutup panci kukusan. Selanjutnya, kukus selama 15 menit saja. Setelah tahap pengukusan selesai, daging ayam akan matang dan lembut. Pada tahap selanjutnya, Anda dapat menggoreng atau memanggang daging ayam ini.

Pastikan hasilnya lebih lezat dan nikmat karena bumbunya meresap dengan sempurna. Cocok disajikan sebagai hidangan utama bersama nasi hangat dan berbagai jenis sayuran.

8 dari 11 halaman

8. Berapa Lama Ketahanan Ayam Ungkep?

Daging ayam yang telah diungkep dapat disimpan dalam lemari pendingin selama tiga hingga empat hari sebelum dimasak kembali.

9 dari 11 halaman

9. Apakah Ayam yang Sudah Direbus Bisa Disimpan Di Kulkas?

Mengutip dari Healthline dan Food Network, menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat menyatakan bahwa daging ayam yang sudah dimasak dapat disimpan dalam kulkas selama tiga hingga empat hari. Penyimpanan ayam dalam kulkas membantu melambatkan pertumbuhan bakteri, karena bakteri cenderung tumbuh lebih lambat pada suhu di bawah empat derajat Celsius.

10 dari 11 halaman

10. Apakah Ayam Ungkep Boleh Disimpan di Kulkas?

Daging ayam yang sudah diolah dapat dipertahankan kesegarannya dengan disimpan dalam kulkas. Umumnya, hidangan seperti ayam bakar, ayam ungkep, dan variasi masakan dari daging ayam sering dijaga keawetannya dengan cara ini.

(kpl/saa)

Topik Terkait