Trik Membuat Singkong Agar Jadi Mekar Sempurna dan Empuk Teksturnya


Berita | Jum'at, 15 Desember 2023 23:06
Editor : Sinta Arumayuni

Kapanlagi.com - Singkong, umbi-umbian yang sering diolah, khususnya dalam bentuk singkong goreng yang tetap menjadi camilan favorit dengan cita rasa gurih dan tekstur yang renyah, menggugah selera.


Biasanya, singkong goreng banyak dijual di berbagai tempat, namun tidak ada salahnya untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah. Agar hasilnya mekar dan bagian dalamnya empuk, umumnya singkong perlu direbus terlebih dahulu. Tidak perlu memasaknya terlalu lama, cukup direbus hingga setengah matang, kemudian tiriskan dan goreng dalam minyak panas.

Walaupun metode ini membuat singkong menjadi empuk, namun proses menggorengnya bisa menjadi lebih lama. Bagi yang ingin menghindari kerumitan, Anda dapat mengikuti resep dan panduan yang dibagikan oleh pengguna TikTok @zafaranierohman. Dalam salah satu videonya, ia menunjukkan bahwa singkong tidak perlu direbus terlebih dahulu sebelum digoreng. Meskipun demikian, warganet ini memiliki cara tersendiri.

Simak informasi selengkapnya, dirangkum dari salah satu pengguna TikTok, @zafaranierohman, pada Jumat (15/12/2023).

1 dari 8 halaman

1. Langkah ke-1

(Sumber: TikTok/@zafaranierohman)

Melakukan tahap pengupasan dan pencucian singkong yang hendak diolah. Setelah singkong bersih, potong menjadi sejumlah bagian kecil. Setelah itu, terapkan proses penirisan.

2 dari 9 halaman

2. Langkah ke-2

(Sumber: TikTok/@zafaranierohman)

Siapkan bumbu halus yang terdiri dari 3 siung bawang putih dan 1-2 sendok teh garam. Ulek kedua bahan tersebut hingga merata dan halus. Kemudian, tambahkan bumbu halus ke dalam wadah yang berisi 1 ½ liter air, aduk hingga tercampur rata. Sisihkan sejenak.

3 dari 9 halaman

3. Langkah ke-3

(Sumber: TikTok/@zafaranierohman)

Berikutnya, letakkan potongan singkong di dalam wadah panci kukusan. Setelah disusun secara terpisah, tutup panci dan kukus hingga singkong matang.

4 dari 9 halaman

4. Langkah ke-4

(Sumber: TikTok/@zafaranierohman)

Setelah singkong sudah matang, ambil dan rendam dalam bumbu yang sudah disiapkan. Biarkan beberapa waktu hingga singkong perlahan-lahan mengembang secara alami.

5 dari 9 halaman

5. Langkah ke-5

(Sumber: TikTok/@zafaranierohman)

Setelah mengembang dengan optimal, angkat dan tiriskan satu per satu potongan singkong. Tanpa perlu menambahkan bumbu tambahan, masukkan singkong langsung ke dalam minyak panas yang telah dipanaskan.

Saat proses penggorengan, gunakan api kompor dengan intensitas sedang. Pastikan untuk membalik singkong agar matang secara merata. Setelah warnanya berubah menjadi cokelat keemasan, angkat dan tiriskan singkong goreng.

Dengan telah dikukus dan direndam dalam air bumbu, singkong goreng tampak sangat sempurna. Meskipun demikian, saat dibelah, teksturnya di bagian dalam tetap lembut.

6 dari 9 halaman

6. Kenapa Singkong Harus Direndam Dulu?

Sebelum dikukus atau direbus, singkong bisa direndam terlebih dahulu untuk mempercepat proses pemasakannya. Lamanya perendaman dapat disesuaikan sekitar 15 menit atau disesuaikan dengan kebutuhan.

7 dari 9 halaman

7. Apakah Singkong Bisa Dikonsumsi Secara Langsung?

Riset dari Frontiers in plant science (2017) menyarankan untuk menghindari konsumsi singkong mentah karena terdapat kandungan racun sianida yang dapat berakibat fatal. Penelitian lain menyatakan bahwa singkong dapat menyerap racun tanah jika ditanam di daerah industri.

8 dari 9 halaman

8. Apakah Singkong Baik Untuk Penderita Asam Lambung?

Selain dipercaya dapat meredakan gejala asam lambung dan penyakit lambung lainnya, singkong ternyata juga memiliki manfaat lain yang begitu kaya. Antara lain seperti: 1. Baik untuk diet karena meskipun tinggi karbohidrat, singkong itu rendah lemak dan rendah kolesterol.

(kpl/saa)

Topik Terkait