Apa Arti Apa Menurut KBBI, Ketahui Juga Contoh Penggunaannya dalam Situasi Formal dan Nonformal

Rabu, 17 November 2021 18:44 Penulis: Puput Saputro
Apa Arti Apa Menurut KBBI, Ketahui Juga Contoh Penggunaannya dalam Situasi Formal dan Nonformal
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Dalam suatu bahasa, keberadaan kata tanya menjadi satu hal yang sangat penting. Pasalnya kata tanya sering dipakai untuk seseorang berkomunikasi. Lebih tepatnya, kata tanya diperlukan untuk menanyakan sesuatu yang berkaitan dengan kejelasan informasi. Apa menjadi salah satu jenis kata tanya dalam bahasa Indonesia yang cukup sering dipakai sehari-hari. Lantas, apa arti apa yang sebenarnya?

Kata tanya apa mungkin sudah biasa kita pakai di keseharian, sama seperti kata tanya lainnya yaitu siapa, kapan, di mana, bagaimana, dan mengapa. Namun karena sering dipakai tersebut, terkadang kita jadi abai dan tidak mengetahui apa arti apa yang sesungguhnya. Sebab, sebagai satu kata tentu apa juga mempunyai arti dan maknanya tersendiri.

Seperti yang kita tahu, dalam praktiknya penggunaan kata apa nyatanya tak selalu menjadi penanda kalimat tanya. Dalam satu kalimat, kata apa bisa dipakai sebagai kata ganti bahkan bisa juga dipakai sebagai partikel. Oleh karena itu, penting untuk tahu dan mengerti apa arti apa yang sesungguhnya. Sebab dengan begitu, kita bisa tahu cara penggunaan kata apa yang baik dan benar.

Nah, untuk mengetahui lebih dalam apa arti apa yang sesungguhnya berikut contoh penggunaannya dalam berbagai situasi, simak ulasan berikut yang telah kapanlagi.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Apa Arti Apa Menurut KBBI

Apa bisa dibilang menjadi salah satu kata dalam bahasa Indonesia yang cukup sering digunakan. Kata apa juga termasuk dalam kosakata baku. Oleh karena itu, apa arti apa sebenarnya bisa kita jumpai di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Dalam KBBI sendiri, ternyata arti apa dijelaskan dalam beberapa pengertian. Berikut apa arti apa menurut KBBI.

1) Arti apa sebagai pronomina adalah kata tanya untuk menanyakan nama, jenis, atau sifat dari suatu objek (misalnya benda hidup maupun mati).

2) Apa arti apa sebagai pronomina juga bisa berarti kata tanya untuk menggantikan sesuatu yang dijelaskan sebelumnya.

3) Apa sebagai pronomina juga berarti sebagai kata tanya yang dipakai untuk menanyakan suatu hubungan atau pertalian dalam keluarga.

4) Apa sebagai pronomina juga bisa berarti kata pengganti untuk sesuatu yang dinyatakan dengan kurang jelas.

5) Apa sebagai partikel penanda hormat yang menunjukkan penghalusan dalam suatu permintaan.

6) Apa sebagai partikel dalam percakapan sehari-hari untuk mendahului kalimat tanya.

7) Apa sebagai partikel dalam percakapan sehari-hari juga digunakan untuk pengganti kata atau dalam menyatakan dua pilihan atau lebih.

2. Contoh Penggunaan Kata Apa dalam Situasi Formal

Pengertian apa arti apa menurut KBBI di atas sebenarnya bisa dimaknai tergantung pada konteks dan situasi. Sebab, terdapat perbedaan penggunaan kata apa dalam situasi formal dan tidak formal. Dalam situasi formal, apa digunakan sebagai kata tanya yang umumnya terletak di bagian awal kalimat. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa perhatikan contoh penggunaannya berdasarkan situasi formal berikut ini.

1) Apa kabar?

2) Apa kamu sudah makan?

3) Apa warna baju yang kamu pakai di hari ulang tahunmu?

4) Apa kesibukanmu saat ini?

5) Apa yang dimaksud dengan Pancasila sebagai dasar negara?

6) Apa saja yang bisa menyebabkan perubahan iklim?

3. Contoh Penggunaan Kata Apa dalam Situasi Nonformal

Sementara itu, apa arti apa dalam situasi nonformal justru mempunyai makna yang lebih luas. Sebab seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ata apa bisa dipakai sebagai kata ganti bahkan bisa juga dipakai sebagai partikel.

Dalam hal penggunaan dan penempatannya pun, kata apa juga bisa bebas diletakkan di depan, di tengah-tengah, maupun di belakang suatu kalimat. Dalam situasi nonformal, kata apa tak saja berguna sebagai kata tanya, melainkan juga berfungsi untuk berbagai hal lain seperti:

- Kata yang menggantikan sesuatu yang belum dijelaskan sebelumnya.

contoh:

1) Aku tidak tahu pasti apa yang tertulis di surat itu.

2) Aku tidak mengerti apa yang menyebabkan dia sedemikian marah padaku.

- Penanda hormat yang menunjukkan penghalusan dalam suatu permintaan.

contoh:

1) Sudi apalah kiranya Bapak mengabulkan permohonan kami.

2) Semoga Bapak mengerti, apalah yang saya maksud dan berkenan menanggapinya secara positif.

- Pengganti kata atau dalam menyatakan dua pilihan atau lebih.

contoh:

1) Kamu mau minum teh apa susu?

2) Kalau sudah lulus SMA nanti, kamu mau lanjut kuliah apa langsung bekerja?

- Kata tanya untuk menanyakan pertalian kekeluargaan.

contoh:

1) Dia itu, apamu?

2) Bapak-bapak berjenggot itu, apamu?

Itulah di antaranya penjelasan apa arti apa dalam KBBI berikut contoh penggunaannya dalam situasi formal dan nonformal. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan, serta kecakapan dalam berbahasa!

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI