Pengertian Kata Arti dalam Bahasa Indonesia Lengkap Beserta Contohnya

Kamis, 07 Oktober 2021 18:33 Penulis: Nurul Wahida
Pengertian Kata Arti dalam Bahasa Indonesia Lengkap Beserta Contohnya
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Kata arti memiliki definisi dan pengertian secara tunggal dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Pengertian kata arti dalam KBBI juga dapat diartikan sebagai makna, isyarat, ataupun penafsiran tentang sesuatu.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjadi acuan untuk mencari makna dan arti kata. Di mana kini KBBI tersedia dalam versi online yang memudahkan pengguna untuk mengetahui makna dan arti kata. Namun terlepas dari banyaknya kata yang memiliki arti dan makna tersendiri, ada juga pengertian kata arti dalam KBBI.

Ya, definisi arti secara tunggal sebenarnya sangat mudah dipahami. Bentuk kata arti juga bisa ditambahkan kata imbuhan yang juga memiliki makna tersendiri. Nah selengkapnya tentang pengertian kata arti dalam Kamus besar Bahasa Indonesia dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Pengertian Kata Arti

Setiap kata tentunya memiliki arti dan makna tersendiri. Termasuk pengertian kata arti dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) secara tunggal. Melansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online, pengertian kata arti dapat bermakna maksud yang terkandung dalam suatu kata ataupun kalimat. Selain itu, dapat juga berarti makna, guna, faedah tentang sesuatu. Misalnya saja apa arti ungkapan Adu Mulut, arti ungkapan Panjang Tangan, dan seterusnya.

 

2. Pengertian Kata Berarti

Pengertian kata arti selanjutnya yakni dari kata 'Berarti'. Makna kata ini tak berbeda jauh dari pengertian arti pada ulasan sebelumnya, makna kata berarti cukup mudah dipahami.

Ya, melansir pada sumber yang sama pengertian kata berarti yakni mengandung maksud, berfaedah, berguna, sama artinya dengan; sama halnya dengan. Contohnya misalnya saja alasan seseorang membencimu, ataupun ungkapan kata yang mengandung sebuah arti.

 

3. Pengertian Kata Keberartian

Selanjutnya ada juga kata keberartian. Kata tersebut memiliki definisi tersendiri seperti melansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia. Ya,pada KBBI kata keberartian juga memiliki suatu makna. Di mana pengertian kata ini adalah perihal mempunyai arti. Misalnya saja berkaitan dengan tujuan hidup seseorang yang biasanya memiliki arti dan makna tersendiri.

 

4. Pengertian Kata Mengartikan

Tak berbeda jauh dari makna kata arti, ada juga kata mengartikan. Ya, kata mengartikan bisa dimaknai dengan memberi arti, menafsirkan, menerangkan maksud sesuatu. Biasanya kata mengartikan kerap digunakan untuk mengetahui makna atau maksud dari suatu kata. Sedangkan contoh dari kata arti tersebut yakni seperti arti kata reformasi ataupun arti isyarat tertentu.

 

5. Makna Kata Artian, Pengartian dan Searti

Sedangkan ada juga beragam kata arti yang memiliki makna tersendiri meskipun pada intinya digunakan untuk menjelaskan atau mengartikan sesuatu. Di antaranya yakni kata artian, pengartian, dan searti.

Melansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian dari kata artian bermakna tafsiran, arti, dan pengertian. Sedangkan untuk kata pengartian bermakna proses, cara, perbuatan memberi arti. Sementara kata searti bisa juga bermakna sama artinya. Beragam kata arti ini seringkali digunakan dalam kata ataupun menyusun sebuah kalimat untuk mencari makna atau artinya.

 

6. 15 Contoh Kata Arti Ungkapan

Setelah mengetahui beragam kata arti sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia, ada juga beragam contoh dari kata tersebut. Biasanya kata arti digunakan untuk menjelaskan sesuatu. Nah berikut ulasannya tentang contoh kata arti.

Arti kata ungkapan bahasa Indonesia:

1. Ani banting tulang untuk keluarga. (Arti kata banting tulang berarti bekerja keras menghidupi keluarga).

2. Ibu membawa buah tangan dari pasar. (Arti kata buah tangan yakni oleh-oleh).

3. Andi naik pitam karena ejekan teman-temannya. (Arti kata naik pitam yakni marah).

4. Tia jadi tulang punggung keluarga. (Arti kata tulang punggung yakni bertanggung jawab untuk menghidupi keluarga).

5. Gia jadi anak emas di keluarga. (Arti kata anak emas yakni anak kesayangan).

6. Polisi sudah angkat tangan dalam kasus pembunuhan berencana itu. (Arti kata angkat tangan yakni menyerah).

7. Ibu berat hati meninggalkan adik sendiri di rumah. (Arti kata berat hati yakni tidak tega).

8. Siti tengah berbadan dua. (Arti kata berbadan dua yakni hamil).

9. Biang keladi dari kasus ini ternyata seorang pencuri. (Arti kata biang keladi yakni penyebab masalah).

10. Kasus pencurian pak Ahmad telah dibawa ke meja hijau. (Arti kata meja hijau yakni pengadilan).

11. Semua masalah perlu dihadapi dengan kepala dingin. (Arti kata kepala dingin yakni tenang).

12. Jane hanya bisa gigit jari setelah menerima tawaran Andi. (Arti kata gigit jari yakni kecewa).

13. Fia gelap mata melihat Toni bersama wanita lain. (Arti kata gelap mata yakni hilang kesabaran).

14. Aldo jadi bintang lapangan pada pertandingan final semalam. (Arti kata bintang lapangan yakni pemain yang baik).

15. Jadi orang jangan tinggi hati. (Arti kata tinggi hati yakni sombong).

Nah itulah pengertian kata arti dalam bahasa Indonesia lengkap beserta contohnya. Penjelasan di atas semoga dapat membantu kalian memahami kata arti secara tunggal serta contohnya dalam sebuah ungkapan.

 

(kpl/gen/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI