Apa Arti Do atau Does pada Bahasa Inggris? Pahami Juga Perbedaannya dengan Did, Doing, dan Done

Diterbitkan:

Apa Arti Do atau Does pada Bahasa Inggris? Pahami Juga Perbedaannya dengan Did, Doing, dan Done
Ilustrasi (credit: unsplash)

Kapanlagi.com - Bahasa Inggris jadi bahasa asing yang telah dipelajari sejak bangku sekolah dasar. Maka dari itu, banyak kata dalam bahasa Inggris yang tentunya sudah familiar. Kata do dan does adalah salah satunya. Do dan does memang jadi satu kata yang kerap muncul dalam percakapan ataupun teks berbahasa Inggris. Oleh karena itu, penting untuk paham apa arti dari do dan does yang sebenarnya.

Meski telah dipelajari belasan tahun sejak sekolah dasar, menguasai bahasa Inggris memang tidak gampang. Buktinya, masih banyak orang yang kesulitan membedakan apa arti do dan does. Selain do dan does, masih ada pula did, doing, dan done yang kurang lebih sama. Maka dari itu, untuk bisa berbahasa Inggris yang benar paham apa arti do, does, did, done adalah satu keharusan.

Nah untuk memahami apa arti do, does, did, doing, dan done serta perbedaannya, simak ulasan berikut yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Apa Arti Do atau Does

Dalam bahasa Inggris, ternyata apa arti do atau does mempunyai beberapa makna. Adapun berbagai arti dan makna do tersebut sangat tergantung pada konteksnya. Namun secara umum, apa arti do atau does adalah tergolong sebagai kata kerja yang berarti melakukan atau mengerjakan (sesuatu). Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa arti dari do atau does dalam bahasa Inggris:

- Melakukan

- Mengerjakan

- Belajar

- Progres atau Perkembangan

- Menjangkau

- Menunjukkan

- Menyelesaikan

- Memainkan atau Berperan

- Berkunjung

- Merapikan

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Perbedaan Do, Does, Did, Doing, dan Done

Seperti yang telah disinggung di awal, bahwa selain do dan does masih ada bentuk kata lain yang mempunyai arti mirip yaitu did, doing, dan done. Meskipun apa arti do atau does mirip dengan did, doing, dan done, tapi kata-kata tersebut punya aturan pemakaian yang berbeda. Sehingga, penting untuk tahu dan paham perbedaannya.

Nah sebelum tahu perbedaan semuanya, kalian harus tahu dulu perbedaan do dan does. Do merupakan kata kerja atau kata kerja bantu yang dipakai khusus untuk subjek berupa I (saya), They (mereka), dan you (kamu). Sementara, Does dipakai untuk subjek berupa He (dia laki-laki), she (dia perempuan), dan it (dia untuk menyebut benda atau makhluk hidup lain selain manusia).

Secara mendasar, apa arti do atau does merupakan bentuk dasar dari did, doing, dan done. Jika perbedaan do dan does tergantung pada jenis subjek, maka berbeda dengan did, doing, dan done. Perbedaan pemakaian do atau does, did, doing, dan done lebih tergantung pada jenis tenses yang digunakan. Agar lebih paham perhatikan penjelasan dan contoh pemakaiannya di penjelasan berikutnya.

3. Contoh Penggunaan Do, Does, Did, Doing, dan Done

Agar lebih paham apa arti do, berikut penjelasan dan contoh perbedaan penggunaan dari do atau does, did, doing, dan done:

1. Penggunaan Do atau Does diterapkan untuk kalimat dalam bentuk present atau untuk menyatakan kejadian yang terjadi secara berulang atau sudah jadi kebiasaan. Contoh:

- Rendi does his work this Saturday (Rendi mengerjakan pekerjaannya Sabtu ini)

- You do your homework today (kau mengerjakan pekerjaan rumahmu hari ini)

2. Penggunaan Did diterapkan diterapkan untuk kalimat dalam bentuk lampau (pas tense) atau untuk menyatakan kejadian yang sudah terjadi. Bisa diterapkan pada berbagai subjek. Contoh:

- He did the job well (dia melakukan pekerjaan itu dengan baik)

- You did your homework yesterday (kau mengerjakan pekerjaan rumahmu kemarin)

3. Penggunaan Doing diterapkan untuk kalimat dalam bentuk progressive tense atau untuk menyatakan kejadian yang sedang berlangsung. Juga bisa diterapkan di berbagai subjek. Contoh:

- She is doing the cake (dia sedang mengerjakan kuenya)

- We are doing the best (Kami sedang mengerjakan yang terbaik)

4. Penggunaan Done diterapkan untuk kalimat dalam bentuk perfect tense atau untuk menyatakan suatu kejadian yang telah selesai. Contoh:

- We have done the work (Kita telah menyelesaikan pekerjaan itu)

- It is done by her (itu sudah dikerjakan oleh nya)

Itulah di antaranya penjelasan apa arti do atau does, serta perbedaannya dengan did, doing, dan done. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian!

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending