Arti Bridesmaid Beserta Tugas dan Tanggung Jawab yang Jarang Diketahui

Jum'at, 08 Juli 2022 11:22
Arti Bridesmaid Beserta Tugas dan Tanggung Jawab yang Jarang Diketahui
Ilutrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Bridesmaid memang menjadi sebuah ungkapan yang saat ini begitu populer. Kata bridesmaid ini begitu populer dalam sebuah acara pernikahan. Arti bridesmaid sendiri bisa dikatakan sebagai pengiring pengantin.

Namun, selain itu, ternyata arti bridesmaid dan tugasnya lebih luas lagi loh KLovers. Bagi KLovers yang mengemban tugas sebagai bridesmaid untuk saudara hingga teman, maka penting nih mengetahui arti bridesmaid secara rinci serta tugas yang kalian tanggung jawabkan.

Nah, untuk itu dilansir dari berbagai sumber, berikut penjelasan rinci tentang arti bridesmaid, beserta dengan tugas dan tanggung jawabnya. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Penjelasan Arti Bridesmaid

Bridesmaid sendiri berasal dari bahasa Inggris yang artinya adalah pengiring pengantin. Sehingga, dalam arti bridesmaid secara bahasa, kita bisa tahu tugasnya dalam sebuah pernikahan. Namun, selain pengiring pengantin, bridesmaid juga membantu banyak tugas saat pernikahan maupun sebelum pernikahan berlangsung.

Bridesmaid adalah seseorang yang diinginkan pengantin wanita menjadi bagian dari pernikahannya sejak awal. mereka juga akan sibuk merencanakan pernikahan dan biasanya dipercaya menjadi yang paling dekat dengan mempelai wanita. Sebagai pengiring pengantin, dia bertanggung jawab untuk membantu pengantin wanita mempersiapkan acara pernikahannya.

Sehingga, bagi KLovers yang dipercaya menjadi bridesmaid, maka kalian perlu berbangga hati karena menjadi bagian dari acara tersebut. Dan KLovers perlu mengetahui secara lebih lagi, bagaimana tugas dan tanggung jawab bila kalian terpilih menjadi seorang bridesmaid.

 

2. Bedanya Bridesmaid dan Pagar Ayu

Namun, apa bedanya bridesmaid dengan pagar ayu? Ya, ternyata bridesmaid dan pagar ayu itu tidak sama ya KLovers. Namun, hal ini tidak berbeda secara berlebihan, kalian bisa melihat beda bridesmaid dan pagar ayu hanya dari tugasnya saja.

Bila bridesmaid biasanya memiliki tugas untuk menemani calon pengantin wanita, bahkan sebelum pernikahan. Maka untuk, kebanyakan pager ayu hanya bertugas sebagai pendamping pengantin di hari pernikahan mereka saja.

Ya, seperti yang banyak kita ketahui bahwa, pagar ayu biasanya mendampingi pengantin saat naik ke pelaminan. Nah, untuk pagar ayu juga ada yang pria ya. Sama seperti bridesmaid yang juga pria, biasanya disebut "Groomsmen". Untuk pagar ayu pria biasanya disebut "Pagar Bagus".

 

3. Tugas Bridesmaid

Nah, setelah KLovers mengetahui lebih dalam apa arti bridesmaid dan bagaimana perbedaan bridesmaid dan pagar ayu. Maka, saat ini KLovers perlu mengetahui apa saja sih tugas dan tanggung jawab seorang bridesmaid? Maka untuk itu dilansir dari berbagai sumber, berikut ini tugas dan tanggung jawab seorang bridesmaid.

1. Melayani Mempelai Calon pengantin

Tugas bridesmaid yang pertama yaitu, melayani kedua mempelai dan berperan sebagai support system. Hal ini dimulai dengan merencanakan semua acara dan upacara pra-pernikahan, serta menghadiri seluruh acara, seperti pesta pertunangan, pesta bujangan dan lainnya.

2. Mempersiapkan Bridal Shower

Bridal shower adalah sebuah selebrasi untuk merayakan lepasnya masa lajang seorang perempuan sebelum hari pernikahannya. Biasanya, bridesmaid mempersiapkan salah satu tempat seperti kafe, restoran, atau tempat liburan untuk mengadakan acara perpisahan sebagai single.

3. Pengiring Pengantin

Peran utama bridesmaid adalah membantu calon pengantin dalam merencanakan pernikahan. Sehingga, selama resepsi, mereka juga perlu berinteraksi dan menjadi pengiring pengganti saat hari H tiba.

4. Memberi Dukungan Mental

Selain pengiring pengantin tugas bridesmaid juga memberikan dukungan spiritual kepada calon pengantin. Sebagai orang yang dipercaya, mereka juga harus menerima curhat dari calon pengantin. Dan memberikan solusi yang positif.

5. Menjaga Barang Pengantin

Di hari H, terutama calon pengantin pasti kewalahan dengan barang bawaannya. Tugas bridesmaid adalah mengurus hal-hal penting seperti ponsel dan dompet pengantin tersebut.

6. Memastikan Pengantin Makan dan Minum

Makanan dan minuman merupakan hal terakhir yang dipikirkan oleh pengantin. Saat acara pernikahan, kedua pengantin akan banyak bertemu dengan tamu. Maka dari itu, bridesmaid harus memastikan dia sudah makan sebelum acara tersebut berlangsung.

7. Ikut Memberi Saran

Selain itu bridesmaid juga bisa ikut memberikan nasihat tentang tentang persiapan pernikahan. Hal ini biasanya terjadi sebelum pernikahan dimulai. Bisa satu bulan atau satu minggu sebelum acara. Seringkali, semua pengantin baru membutuhkan nasihat tentang detail yang berkaitan dengan persiapan pernikahan dan lain-lainnya.

Itulah semua penjelasan tentang arti bridesmaid secara rinci yang dapat KLovers ketahui serta pahami. Bukan hanya mengetahui arti bridesmaid saja, KLovers juga bisa mengetahui tugas dan tanggung jawab seorang bridesmaid.

 

(kpl/gen/dhm)



MORE STORIES




REKOMENDASI