Arti Bunyi Tokek di Pagi Hari Menurut Primbon, Pahami Pertandanya

Diterbitkan:

Arti Bunyi Tokek di Pagi Hari Menurut Primbon, Pahami Pertandanya
Ilustrasi (Credit: Unsplash)

Kapanlagi.com - Tokek menjadi salah satu hewan yang dipercaya sebagai pembawa pertanda suatu fenomena mistis. Oleh karena itu, wajar jika kalian pun merasa penasaran dengan arti bunyi tokek di pagi hari menurut primbon.

Sayangnya, tidak ada informasi yang jelas mengenai bunyi tokek di pagi hari menurut primbon. Meski begitu, tetap ada penjelasan lain mengenai seputar mitos bunyi tokek yang dipercaya membawa sebuah pertanda.

Alih-alih arti bunyi tokek di pagi hari menurut primbon, kalian bisa mengetahui arti bunyi tokek berdasarkan jumlahnya berikut ini.

 

1. Arti Bunyi Tokek di Pagi Hari Menurut Primbon

Apa kalian pernah mendengar bunyi tokek? Ya, menurut masyarakat Jawa secara umum, suara reptil yang masuk dalam suku Gekkonide ini dipercaya sebagai hewan yang membawa suatu pertanda. Suaranya yang begitu khas membuat beberapa orang waspada karena anggapan bahwa tokek merupakan binatang yang erat kaitannya dengan hal mistis.

Terkadang, orang juga mengaitkan bunyi tokek ini pada waktu tertentu. Jadi wajar jika ada pertanyaan mengenai arti bunyi tokek di pagi hari menurut primbon. Bisa jadi, bunyi tersebut membawa arti baik maupun buruk.

Primbon sendiri merupakan kitab warisan leluhur yang memuat berbagai penjelasan mengenai relasi kehidupan manusia dan alam semesta. Sayangnya, mengenai fenomena bunyi tokek di pagi hari, tidak ditemukan penjelasan yang detail.

Meski begitu, ada penjelasan tentang bunyi tokek menurut primbon berdasarkan jumlahnya. Biasanya, suara tokek terdengar berulang dalam jumlah yang beragam. Hal ini yang bisa kalian jadikan acuan sebagai pertanda dari alam semesta.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Arti Bunyi Tokek Berdasarkan Jumlahnya

Meski tak mendapatkan jawaban mengenai arti bunyi tokek di pagi hari menurut primbon, kalian tetap bisa mengetahui makna lain sebagai pertanda. Menurut kepercayaan, bunyi tokek yang jumlahnya ganjil punya makna sebagai pertanda baik, sementara suara yang genap bermakna buruk.

Cara menghitungnya bisa dimulai dari 1 sampai 15. Jika lebih dari 15, berarti hitungan ke-16 kembali ke angka 1 dan seterusnya. Oleh karena itu, saat mulai mendengarnya, kalian perlu memastikan jumlah bunyi tokek tersebut. Selanjutnya, ada penjelasan mengenai bunyi tokek berdasarkan jumlahnya sebagai sebuah pertanda.

1. Arti bunyi tokek 1 kali : Sida Karya atau sukses dalam pekerjaan.

2. Arti bunyi tokek 2 kali : Nemu Asih atau saling mengasihi.

3. Arti bunyi tokek 3 kali : Suwung Kepangih atau menemui kesepian

4. Arti bunyi tokek 4 kali : Menemuredut atau akan mendapat kesusahan.

5. Arti bunyi tokek 5 kali : Sanggih Suka atau akan mendapat kebahagiaan.

6. Arti bunyi tokek 6 kali : Sengkala Gering atau malapetaka.

7. Arti bunyi tokek 7 kali : Nemu Ayu atau mendapat kebaikan.

8. Arti bunyi tokek 8 kali : Ala Gering atau mendapat keburukan.

9. Arti bunyi tokek 9 kali : Sengsara Bara atau mendapatkan kesengsaraan yang tidak ada habisnya

10. Arti bunyi tokek 10 kali : Wiryaguna atau menjadi sangat berguna.

11. Arti bunyi tokek 11 kali : Kirang Sekaya atau kekurangan harta.

12. Arti bunyi tokek 12 kali : Meweh Kepanggih atau bertemu kesusahan.

13. Arti bunyi tokek 13 kali : Laba Bhukti atau mendapatkan keuntungan.

14. Arti bunyi tokek 14 kali : Setata Uyut atau selalu ribut.

15. Arti bunyi tokek 15 kali : Ala Dahat atau buruk sekali.

 

3. Mitos Seputar Bunyi Tokek

Seperti yang sudah disebutkan di atas, tokek sering dianggap sebagai hewan mistis yang membawa pertanda tertentu. Oleh karena itu, masih ada mitos seputar bunyi tokek selain dari jumlahnya. Informasi mengenai mitos tersebut bisa kalian simak pada penjelasan berikut ini.

1. Bisa Meramal Masa Depan

Anggapan bahwa tokek bisa meramal masa depan menjadi salah satu mitos paling dikenal di Indonesia. Suara yang dikeluarkan ini yang menjadi acuan untuk menebak masa depan. Konon, jumlah bunyi tokek bisa digunakan untuk menghitung 'ya' dan 'tidak' untuk mencari jawaban suatu hal. Terutama sesuatu yang telah membuat kalian bimbang.

2. Penolak Bala

Tokek juga dianggap sebagai hewan penolak bala. Popularitas tokek dalam hal ini cukup diagung-agungkan, terutama di pedesaan. Konon, tokek merupakan musuh besar bagi orang yang mempelajari dan mempercayai ilmu hitam. Orang yang percaya dengan mitos ini justru akan membiarkannya hidup di rumah alih-alih mengusirnya.

3. Menandakan Keberadaan Makhluk Halus

Selanjutnya, ada mitos bahwa tokek menjadi pertanda keberadaan makhluk halus. Oleh karena itu, saat mendengar bunyi tokek malam hari, kalian disarankan untuk membaca doa. Bagi umat muslim, kalian bisa membaca ayat kursi.

Jika bunyinya dekat, konon makhluk halus berada lumayan jauh. Namun, saat suara tokeknya menjauh, itu tandanya ada makhluk halus di dekat kalian.

4. Tokek Hewan Sakral Keturunan Naga

Bicara soal mitos, ada anggapan yang cukup unik tentang asal-usul tokek. Ada kepercayaan masyarakat China yang mengatakan bahwa hewan reptil ini merupakan keturunan naga. Sementara itu, naga menjadi simbol keberuntungan, kemakmuran, kesehatan, dan kekayaan di sana. Tak heran jika kemudian muncul mitos bahwa tokek juga menjadi hewan pembawa keberuntungan.

5. Pembawa Keberuntungan

Satu lagi mitos positif yang dimiliki tokek, yakni dianggap sebagai pembawa keberuntungan. Faktor kelangkaan barangkali menjadi salah satu pendukung mitos ini. Suaranya pun dianggap sebagai pertanda yang baik. Semakin keras bunyi tokek, semakin besar pula rezeki yang akan datang di masa depan.

Nah, KLovers, itulah penjelasan seputar mitos tokek sebagai pembawa pertanda. Meski tak ada penjelasan mengenai bunyi tokek di pagi hari menurut primbon, masih ada penjelasan lain yang mungkin bisa menjawab rasa penasaran kalian.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending