Arti Custom dan Modifikasi dalam Dunia Otomotif, Ketahui Pula Jenis Hingga Perbedaannya

Senin, 09 Mei 2022 17:33
Arti Custom dan Modifikasi dalam Dunia Otomotif, Ketahui Pula Jenis Hingga Perbedaannya
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Kendaraan custom sudah banyak beroperasi di jalanan umum. Namun terkadang, orang awam masih sering salah menyebut bahwa itu merupakan hasil modifikasi. Padahal, arti custom dan modifikasi itu berbeda.

Secara singkat, arti custom dan modifikasi memang bisa dikatakan sama-sama proses perubahan. Namun, ada perbedaan yang cukup banyak dari dua proses tersebut. Hal ini menyangkut desain, part, serta bagian lain dari perubahan.

Nah, jika kalian tertarik untuk mempelajari lebih jauh tentang arti custom dan modifikasi, silakan simak informasi berikut ini. Ada pula penjelasan mengenai perbedaan antara keduanya dan jenis custom yang perlu kalian ketahui.

 

1. Arti Custom

Custom merupakan istilah dari bahasa Inggris dan sudah dikenal sejak cukup lama dalam dunia otomotif. Istilah ini juga sudah begitu lazim digunakan di Indonesia. Arti custom adalah proses penyesuaian dengan keinginan, karakter, atau fungsi tertentu. Melakukan custom pada kendaraan berarti mengubah rancangan standar pabrik. Orang tersebut akan membuat desain sendiri dengan seunik mungkin atau mengikuti imajinasi serta karakter si pemilik. Tentu saja, hasilnya akan berbeda dengan pabrik secara umum.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk melakukan pengubahan pada bagian-bagian kendaraan. Custom sendiri mengacu pada perubahan spek kendaraan dan model kerangka. Oleh karena itu, sebagian besar perubahan yang terjadi pada kendaraan dilakukan secara manual dan menyeluruh.

 

2. Perbedaan Custom dan Modifikasi

Setelah mengetahui arti custom, kini kalian perlu menyimak arti modifikasi terlebih dahulu untuk bisa mencari perbedaannya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) modifikasi adalah pengubahan atau perubahan. Modifikasi pada kendaraan memang dilakukan untuk memberi perubahan dari versi standar pabrik dengan mengganti komponennya. Komponen tersebut bisa dibeli dari aftermarket berupa barang jadi. Selain itu, sparepart juga bisa diambil dari kendaraan jenis lain.

Sekilas, arti custom dan modifikasi mungkin terdengar sama karena sama-sama mengubah kendaraan dari versi pabrik. Namun sebenarnya, dua istilah tersebut punya perbedaan. Perubahan pada kendaraan custom tidak hanya pada bentuknya, tapi lebih spesifik dan menyeluruh. Sparepart juga bisa dibuat sendiri dari nol.

Custom juga memungkinkan perubahan kendaraan dari versi pabrik menjadi bentukan baru. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat part kendaraan sendiri dan mengubahnya secara total. Intinya, Custom menanggalkan komponen asli bawaan pabrik. Mulai dari desain, frame, hingga aksesoris custom berusaha diciptakan sendiri.

Oleh karena itu kendaraan hasil kendaraan custom sulit ditiru, bahkan hanya bisa dimiliki oleh satu orang saja. Dari segi biaya dan waktu pembuatan juga bisa dikatakan lebih banyak. Pasalnya, kalian perlu bantuan spesialis tangki, bubut, dan lain sebagainya.

Sementara itu, kendaraan modifikasi hanya diubah bagian tertentu dengan membeli barang jadi. Perubahan yang dilakukan juga tidak secara total, jadi masih mungkin untuk menghasilkan bentuk yang mirip dengan kendaraan lain.

 

3. Jenis Custom Motor

Motor menjadi salah satu kendaraan yang banyak dicustom. Bahkan, sudah banyak jenis motor custom yang beroperasi di jalanan umum, seperti Royal Enfield Bullet 350, chopper, bobber, Scrambler dan lain sebagainya. Nah, jika setelah memahami arti custom di atas kalian jadi ingin mencari ide untuk membuatnya, tak ada salahnya untuk menyimak beberapa jenis custom motor berikut ini.

1. Cafe Racer

Cafe Racer merupakan aliran yang cukup dikenal. Konsepnya mengambil dari jenis motor balap jaman dulu dengan ciri khas jok single seater. Motor ini juga memiliki bentuk tangki bahan bakar yang cukup ramping dan memanjang. Karena dikhususkan sebagai motor balap, jadi jenis ini tidak cocok untuk digunakan dalam keseharian.

2. Scrambler

Jenis Scrambler terkadang dianggap satu aliran dengan Cafe Racer, padahal keduanya merupakan jenis yang berbeda. Scrambler memiliki tipe stang seperti motor sport pada umumnya dan tipe ban dual-purpose. Jenis yang satu ini bisa digunakan pada medan jalanan on-road dan off-road.

3. Bobber

Aliran motor custom bobber memiliki style dengan aura sangat gahar. Hal itu terlihat dari bodi yang berisi. Motor ini semakin dikenal ketika beberapa artis Hollywood dan selebriti yang memamerkan motor custom Bobber.

4. Brat Style

Awalnya, Brat Style merupakan nama sebuah bengkel khusus cutom yang ada di Jepang. Namun kemudian, nama Brat Style semakin dikenal di Indonesia pada tahun 2000 hingga saat ini sudah banyak para custom di tanah air yang mengusung konsep tersebut. Sekilas, Brat Style juga tak jauh beda dengan Bobber.

5. Tracker

Tracker merupakan salah satu jenis custom motor yang bisa kalian jadikan inspirasi. Custom jenis ini memiliki tampilan yang sangat garang. Tracker sendiri merupakan kombinasi antara motor trail enduro dan motor jalanan sehingga bisa digunakan dual-purpose.

6. Chopper

Ciri dari jenis Chopper adalah memiliki stang yang lebih tinggi, jok rendah, dan memiliki fork panjang. Modelnya mudah dikenali secara cepat saat melihatnya untuk kali pertama. Banyak juga yang mengatakan bahwa jenis ini mirip dengan Bopper. Namun, sebenarnya ada perbedaan yang terletak pada ban. Pada Chopper, ban bagian depan memiliki ukuran lebih besar bila dibandingkan dengan ban belakang.

Nah, KLovers, itulah penjelasan mengenai arti custom kendaraan dan jenisnya, serta perbedaannya dengan modifikasi.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI