Arti Dilema Secara Umum dan Cara Menyikapinya, Ketahui Tips Pengambilan Keputusan

Minggu, 29 Mei 2022 11:33
Arti Dilema Secara Umum dan Cara Menyikapinya, Ketahui Tips Pengambilan Keputusan
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Menghadapi situasi yang sama-sama sulit menempatkan seseorang dalam keadaan dilema. Istilah dilema tentunya sudah umum diketahui. Namun apakah kalian tahu arti dilema sebenarnya?

Bimbang dan dilema menjadi dua hal yang memiliki makna hampir serupa. Namun keduanya tentu memiliki perbedaan. Karena arti dilema adalah kondisi ketika kalian dihadapkan dengan dua hal yang cukup sulit mengambil keputusan lantaran sama-sama tidak menyenangkan.

Namun ketahui juga bahwa terdapat sejumlah istilah dilema yang umum diketahui. Misalnya saja dilema etika, dilema sosial, dilema cinta ataupun dilema dalam hubungan. Sudahkah kalian tahu arti dilema?

Meskipun istilah ini sudah sering digunakan, tidak sedikit pula belum memahami makna dari arti dilema sebenarnya. Karena itulah di bawah ini penjelasan mengenai arti dilema yang perlu kalian ketahui. Yuk cek arti dilema dan bagaimana cara menyikapinya KLovers.

1. Arti Dilema di KBBI

Berbicara mengenai dilema, istilah ini dapat merujuk pada berbagai hal. Karena itulah penggunaan istilah dilema dapat digunakan dalam beragam situasi dan kondisi. Sementara itu kalian bisa mengetahui arti dilema dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti dilema adalah situasi sulit yang mengharuskan orang menentukan pilihan antara dua kemungkinan yang sama-sama tidak menguntungkan ataupun tidak menyenangkan. Selain itu, arti dilema di KBBI adalah situasi sulit sekaligus membingungkan.

Yaps, arti dilema dapat disimpulkan keadaan di mana seseorang dihadapkan dengan dua hal yang sama menyulitkan. Namun mereka diharuskan untuk memilih satu di antara keduanya. Lantaran sama-sama sulit dan tidak menyenangkan, maka dihadapkan perasaan dilema dalam mengambil keputusan. Itulah penjelasan mengenai arti dilema yang perlu kalian ketahui.

2. Arti Dilema Etika dan Dilema Sosial

Setelah tahu arti dilema secara umum di KBBI, istilah ini bisa merujuk pada berbagai kondisi. Salah satunya dilema etika dan dilema sosial. Lalu apa arti dilema etika dan dilema sosial?

Melansir dari sejumlah sumber, arti dilema sosial adalah kondisi ketika terdapat suatu kondisi yang dapat menimbulkan keuntungan dan kerugian bagi diri seseorang atau justru kelompok. Menurut Weiten (1989) dijelaskan bahwa dilema sosial dapat terselesaikan jika orang menyangkal keuntungan segera untuk masing-masing dirinya yang mana pada gilirannya akan menghasilkan kebaikan bersama terutama dalam jangka panjang.

Dengan kata lain dilema sosial dapat berarti ketika suatu keputusan dibuat seseorang bisa menguntungkan diri sendiri. Atau justru menguntungkan dan merugikan semua pihak secara bersama. Kondisi yang sama-sama menguntungkan akan terjadi jika semua pihak bekerja sama dalam mengambil suatu keputusan. Namun jika bertindak secara individual maka pihak lain juga akan dirugikan.

Sementara itu, arti dilema etika adalah kondisi ketika kalian dihadapkan dengan situasi yang menuntut untuk membuat keputusan tentang perilaku yang sesuai untuk dilakukan. Dengan kata lain dilema etika berkaitan dengan benar tidaknya tindakan sikap yang dilakukan berdasarkan keputusan yang sudah diambil sebelumnya.

Kemudian ada juga istilah dilema cinta atau dalam hubungan. Di mana arti dilema cinta adalah suatu kondisi ketika seseorang dihadapkan dua pilihan yang sulit. Misalnya saja ketika seseorang justru menjadi pacar sahabatnya sendiri. Situasi ini tentu sangat menyulitkan untuk mereka pilih antara pacar dan sahabat. Begitulah arti dilema cinta yang perlu kalian pahami.

3. Cara Menyikapi Perasaan Dilema

Setelah tahu arti dilema, pahami juga bagaimana cara menyikapi perasaan dilema. Karena kondisi ini tentu membuat perasaan dan hati tidak nyaman. Namun tenang terdapat cara menyikapi perasaan dilema yang dapat menenangkan pikiran. Ini cara menyikapi perasaan dilema.

- Pertimbangkan dari segi positif dan negatif dari dua pilihan yang kalian hadapi.

- Mengisi waktu dengan kegiatan positif untuk bisa mengalihkan rasa galau akibat perasaan dilema.

- Dapatkan saran dari orang terdekat kalian.

- Mendekatkan diri pada Tuhan dan menyerahkan segala keputusan kepada-Nya.

- Berikan waktu untuk bisa membuat satu keputusan yang tepat.

Itulah beberapa tips cara menyikapi perasaan dilema. Namun cara menyikapi perasaan dilema pada setiap orang tentunya berbeda-beda.

4. Tips Pengambilan Keputusan

Arti dilema memang membuat seseorang jadi sulit dalam membuat keputusan. Karena itulah di bawah ini ada tips pengambilan keputusan yang penting kalian ketahui. Adapun tips pengambilan keputusan dapat kalian simak sebagai berikut.

- Mengidentifikasi persoalan dan keputusan yang akan kalian ambil.

- Cobalah untuk mendapatkan lebih banyak informasi.

- Minta pendapat dari orang terdekat atau yang berpengalaman.

- Cari batasan kemungkinan yang terbaik untuk pengambilan keputusan.

- Tidak takut terhadap risiko yang muncul karena keputusan yang telah diambil.

- Menjaga pikiran tetap positif thinking.

- Kenali dampak peran keputusan yang kalian ambil untuk ke depannya.

- Berikan waktu pada diri sendiri untuk menentukan keputusan yang terbaik dan jangan tergesa-gesa.

Itulah beberapa tips pengambilan keputusan saat diliputi rasa dilema. Sementara itu ulasan tentang arti dilema di atas semoga dapat menjadi informasi tambahan untukmu agar semakin memahami makna dari arti dilema.

(kpl/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI