Arti Ekonomi: Penjelasan Secara Umum dan Menurut Ahli, Beserta Jenis hingga Prinsipnya

Senin, 27 Juni 2022 17:33
Arti Ekonomi: Penjelasan Secara Umum dan Menurut Ahli, Beserta Jenis hingga Prinsipnya
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Ekonomi menjadi sebuah hal yang penting dalam sebuah kehidupan. Ya, dengan ekonomi yang baik dan stabil maka kehidupan juga akan berjalan dengan baik. Namun, apakah KLovers tahu arti ekonomi secara mendalam? Ya, bagi KLovers yang ingin mendalami ekonomi, maka harus tahu dulu arti ekonomi itu.

Ya, kalian harus tahu terlebih dahulu arti ekonomi, baik itu secara umum maupun menurut para ahli. Selain mengetahui arti ekonomi, KLovers juga bisa mengetahui jenis dari ekonomi dan juga prinsip sebuah ekonomi. Sehingga KLovers bisa lebih memahami lagi apa itu ekonomi.

Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, berikut ini penjelasan tentang apa sih itu arti ekonomi, baik secara umum dan menurut para ahli. Beserta dengan jenis dan juga prinsipnya.

 

1. Arti Ekonomi Secara Umum

Secara umum, arti ekonomi adalah ilmu sosial yang mempelajari perilaku manusia dalam mengelola sumber daya yang terbatas dan menyalurkannya kedalam berbagai individu atau kelompok yang ada dalam suatu masyarakat. Secara garis besar, ekonomi diartikan sebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga".

Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja. Dalam segi bahasa, arti ekonomi sendiri berasal dari kata Yunani yaitu "Oikos, Oiku atau Nomos'. Di mana memiliki arti peraturan rumah tangga. Menurut pengertian umum, ekonomi merupakan ilmu untuk mengkaji urusan sumber daya material agar dapat sejahtera baik individu, masyarakat dan negara.

Jika disederhanakan, arti ekonomi adalah ilmu tentang perilaku serta tindakan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Ekonomi merupakan sebuah ilmu yang membuat berbagai kegiatan dilakukan untuk dijadikan solusi. Dan ini akan menjawab keberadaan kegiatan produksi, distribusi hingga konsumsi yang dikenal sebagai prinsip ekonomi.

Dalam sebuah ilmu, maka ekonomis akan sesuai dengan prinsip ekonomi seperti cara berpikir dan bertindak sesuai dengan ilmu ekonomi. Jika melihat dari prinsip ekonomi, maka arti ekonomi merupakan ilmu pengelolaan sumber daya. Ini terlihat bagaimana manusia memanfaatkan modal, materi serta tenaga untuk mampu memberikan kesejahteraan banyak orang.

 

2. Arti Ekonomi Menurut Para Ahli

Bila kita tadi membahas arti ekonomi secara umum, maka kali ini ada pula pembahasan tentang arti ekonomi menurut para ahli. Ya, ada beberapa pendapat ahli yang membahas pengertian arti ekonomi. Dan berikut ini penjelasan tentang arti ekonomi menurut para ahli tersebut.

1. John Stuart Mill

John Stuart Mill berpendapat bahwa ilmu ekonomi merupakan cabang ilmu praktis atau sains praktikal yang mempelajari tentang seluk beluk penagihan dan pengeluaran. Juga tentang kegiatan produksi dan distribusi kekayaan.

2. Amwal

Menurut amwal, arti ekonomi adalah ilmu untuk menentukan sebuah keputusan yang efektif. Keputusan ini diambil guna mengelola sumber daya yang ada. Kegiatan ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan individu atau masyarakat.

3. Adam Smith

Arti ekonomi menurut Adam Smith, merupakan ilmu sistematis yang mempelajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk mencapai tujuan tertentu.

4. Khursid Ahmad

Ilmu ekonomi adalah sebuah usaha sistematis untuk memahami permasalahan ekonomi dan perilaku manusia dalam hubungan dengan permasalahan tersebut dari sudut pandang Islam.

5. Aristoteles

Arti ekonomi adalah suatu cabang yang bisa digunakan melalui dua jalan yaitu adanya kemungkinan untuk dipakai dan kemungkinan untuk ditukarkan dengan barang.

6. Von Neumann dan Mogenstern

Ekonomi adalah disiplin ilmu yang sangat disayangkan apabila digunakan secara tidak ilmiah. Sebab para tokoh terkemuka nya sibuk mengurusi solusi untuk masalah yang terjadi pada zaman itu.

7. Abraham Maslow

Arti ekonomi adalah ilmu yang berguna untuk menyelesaikan berbagai permasalahan hidup manusia.
Permasalahan disini tentunya berupa masalah tentang perekonomian sesuai prinsip dan teori yang efektif serta efisien.

8. Richard G. Lipsey

Arti ekonomi adalah ilmu yang mempelajari pemanfaatan sumber daya yang langka guna media yang tidak terbatas.

9. Penson

Arti ekonomi yaitu sebuah ilmu yang mempelajari mengenai sebuah kesejahteraan material pada setiap diri manusia. Kesejahteraan material ini dapat berupa barang atau jasa.

10. J. B. Say

Arti ekonomi adalah sebuah kajian ilmu yang di dalamnya terdapat berupa peraturan yang bisa saja mengatur kekayaan seseorang.

 

3. Jenis Ekonomi

Selain mengetahui apa sih arti ekonomi itu, KLovers juga bisa mengetahui jenis dari ekonomi. Ya, ekonomi memiliki jenisnya loh KLovers. Dan berikut ini penjelasan tentang jenis-jenis ekonomi agar kalian lebih memahaminya.

1. Jenis Ekonomi Pasar Murni

Jenis ini jarang terjadi karena biasanya ada intervensi pemerintah atau perencanaan pusat. Bahkan negara sebebas Amerika Serikat bisa dianggap memiliki jenis ekonomi campuran.

2. Jenis Ekonomi Hijau

Jenis ekonomi ini bergantung pada bentuk energi terbarukan dan berkelanjutan. Sistem ini beroperasi dengan tujuan akhir untuk memangkas emisi karbon, memulihkan keanekaragaman hayati, mengandalkan sumber energi alternatif, dan secara umum melestarikan lingkungan. Ekonomi hijau cenderung berfokus pada inovasi teknologi yang meningkatkan efisiensi energi.

3. Jenis Ekonomi Mikro

Ekonomi jenis ini mempelajari perilaku individu dan perusahaan. Ilmu ekonomi mikro mempelajari mengapa berbagai barang memiliki nilai yang berbeda dan bagaimana individu berkoordinasi dan bekerja sama satu sama lain. Mikro ekonomi cenderung berfokus pada kecenderungan ekonomi, seperti bagaimana pilihan dan tindakan individu mempengaruhi perubahan dalam produksi.

4. Jenis Ekonomi Makro

Kemudian jenis ekonomi ini berfokus pada keputusan dan masalah skala besar. Makro ekonomi mencakup studi tentang faktor-faktor ekonomi secara luas seperti pengaruh kenaikan harga atau inflasi pada perekonomian. Makroekonomi juga berfokus pada laju pertumbuhan ekonomi atau produk domestik bruto.

5. Jenis Ekonomi Pasar

Jenis ini memungkinkan barang mengalir dengan bebas melalui pasar, sesuai dengan penawaran dan permintaan. Indonesia bisa dianggap sebagai ekonomi pasar, di mana konsumen dan produsen menentukan apa yang dijual dan diproduksi.

6. Jenis Ekonomi Perintah

Dan ini menjadi jenis ekonomi yang terakhir. Jenis ini bergantung pada agen politik pusat, yang mengontrol harga dan distribusi barang. Penawaran dan permintaan tidak dapat berjalan secara alami dalam sistem ini karena direncanakan secara terpusat, sehingga ketidakseimbangan sering terjadi.

 

4. Prinsip Ekonomi

Bila KLovers sudah mengetahui apa itu arti ekonomi, bagi secara umum dan menurut ahli. Hingga, apa saja jenis-jenis dari ekonomi itu sendiri. Maka berikut ini ada prinsip dari sebuah ekonomi. Ya, terdapat dua prinsip dasar dalam melakukan tindakan ekonomi.

Pertama, ekonomi dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan sebanyak mungkin dengan memperhatikan pengeluaran sebagai bagian dari perhitungan keuntungan. Kedua, keuntungan yang diperoleh sebisa mungkin hanya memerlukan pengeluaran sedikit mungkin.

Kedua prinsip ini dijadikan sebagai pedoman umum untuk melakukan tindakan ekonomi. Dan hasil dari penerapan prinsip ekonomi ini dapat kita lihat dengan diukur melalui perbandingan antara keuntungan yang diperoleh dan pengeluaran yang diperlukan selama kegiatan ekonomi berlangsung.

Itulah beberapa penjelasan tentang apa sih itu arti ekonomi, baik secara umum dan menurut para ahli. Beserta dengan jenis dan juga prinsipnya.

 

(kpl/gen/dhm)



MORE STORIES




REKOMENDASI