Arti Emoji yang Sebenarnya, Beserta Pengertian dan Bedanya dengan Emoticon

Rabu, 27 Oktober 2021 12:44 Penulis: Dhia Amira
Arti Emoji yang Sebenarnya, Beserta Pengertian dan Bedanya dengan Emoticon
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Saat ini sudah banyak sekali teknologi yang bisa kita gunakan, salah satunya yaitu chat menggunakan emoji. Yup! Saat kalian chatingan dengan seseorang, memberikan emoji menjadi sebuah hal yang bisa kita lakukan. Emoji bisa menjadi simbol yang sedang kita rasakan bila berkomunikasi dengan seseorang secara online. Namun ternyata, ada loh arti emoji yang sebenarnya.

Yup! Kadang ada dari kita yang salah mengartikan emoji tersebut, padahal emoji memiliki arti sendiri di setiap karakternya. Bagi kalian yang ingin mengetahui apa sih arti emoji yang sebenarnya? Kalian bisa kok melihatnya di sini. Selain itu kalian juga akan diberikan pengertian tentang emoji dan apa sih perbedaannya dengan emoticon? Apakah tidak ada perbedaannya?

Nah, untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah arti emoji dan penjelasannya. Lalu kalian juga bisa mengetahui pengertian emoji dan perbedaannya dengan emoticon. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Apa Itu Emoji

Nah sebelum mengetahui arti dari emoji, kalian juga perlu tahu apa sih pengertian emoji yang sebenarnya. Emoji adalah istilah bahasa Jepang untuk karakter gambar atau emoticon yang digunakan dalam pesan elektronik Jepang dan halaman Web.

Bahkan beberapa emoji sangat spesifik dengan kultur Jepang, seperti pengusaha sedang membungkuk, wajah yang menggunakan masker, hingga sekelompok Emoji yang menggambarkan makanan-makanan populer Jepang seperti ramen, onigiri, sushi, dan kari Jepang.

Meskipun awalnya hanya tersedia di Jepang, beberapa set karakter Emoji telah dimasukkan ke Unicode, yang memungkinkan Emoji untuk digunakan di luar Jepang. Hasilnya, beberapa ponsel seperti Windows Phone 7 line dan iPhone memungkinkan akses ke simbol tanpa memerlukan operator Jepang. Emoji juga mulai muncul dalam layanan email seperti Gmail dan website seperti Flipnote Hatena.

Beberapa aplikasi SMS untuk ponsel yang didukung Android juga menyediakan plugin yang memungkinkan penggunaan Emoji. Sehingga tidak heran bila saat ini emoji menjadi sebuah karakter yang banyak digunakan dalam kegiatan online.

 

2. Perbedaan Emoji dan Emoticon

Setelah mengetahui pengertian dari emoji, kalian juga perlu tahu apa arti emoji dan emoticon. Yup! Banyak yang menyangka bahwa emoji dan emoticon sama, namun nyatanya ungkapan tersebut berbeda ya KLovers. Emoticon adalah tulisan tipografi yang merepresentasikan ekspresi wajah, mulai dari tersenyum, menangis, tertawa, sedih, marah, dan semacamnya.

Untuk membuatnya, pengguna biasa menggunakan kombinasi tanda baca dan emoticon ini hanya berlaku dalam wadah pertukaran pesan berbasis teks.
Contoh dari emoticon, :-) :-( :-D XD dan masih banyak lagi. Sedangkan emoji berbentuk gambar, yang mewakili berbagai hal, bisa ekspresi wajah, hewan, makanan, buah-buahan, dan sebagainya.

Jika emoticon diciptakan untuk menggambarkan emosi dengan berbasis teks dasar, emoji adalah barisan karakter yang dipakai kebanyakan sistem operasi saat ini dari Unicode. Jadi jangan salah dalam mengartikan emoji dan emoticon ya KLovers.

 

3. Arti Emoji dan Penjelasannya

Dan berikut ini beberapa arti emoji dan penjelasannya yang bisa kalian ketahui, agar tidak salah dalam mengartikan emoji yang diberikan:

1. Senyum: Emoji ini digunakan untuk menggambarkan kegembiraan dan sedang dalam suasana hati yang baik.

2. Senyum Mata Lebar: Emoji yang menggambarkan mood positif, suasana riang, dan penuh antusiasme.

3. Senyum Mata Sipit: Emoji ini menggambarkan perasaan sukacita yang benar-benar tulus dan tidak dibuat-buat.

4. Senyum Gigi: Emoji yang menggambarkan mood positif. Memberikan kesan tertawa yang nakal, bersemangat, dan sedikit malu.

5. Ambang Tawa: Emoji ini menggambarkan tertawa dengan sesuatu yang sangat konyol dan lucu. Cocok untuk segala topik pembahasan.

6. Tertawa dengan Titik Air: Emoji yang menggambarkan perasaan lega dengan segala sesuatu. Bisa juga menggambarkan perasaan yang sedang gugup atau bingung.

7. Tertawa Keluar Air Mata: Emoji ini menggambarkan seseorang sedang tertawa sampai keluar air mata. Menertawakan sesuatu yang sangat lucu dan menggelitik.

8. Tertawa Terbahak dan Keluar Air Mata: Emoji yang menggambarkan suasana sangat lucu dan tidak tertahankan. Bisa disebut rolling on floor laughing.

9. Mata Melirik: Emoji ini bisa menggambarkan seseorang tengah memberi peringatan. Ada yang sedang mengawasimu. Bisa juga berupa kode ke gebetan. Tergantung pesannya mau dikirim ke siapa.

10. Bersiul: Emoji yang menggambarkan perasaan sedang senang, riang gembira, dan bahagia. Bisa diartikan dengan kami memeluk dan menciummu untuk teman atau saudara.

11. Tertawa Melet: Emoji ini digunakan untuk mengatakan bahwa topik pembicaraan tidak perlu dibuat serius, alias santai saja.

12. Tertawa Melet dengan Satu Mata: Ditujukan untuk menggoda, tidak perlu menanggapi dengan sangat serius, dan mengajak seseorang bercanda.

13. Tertawa Melet dengan Satu Mata dan Gigi Telihat: Merepresentasikan perasaan gembira dengan sesuatu yang konyol dan lucu. Sedang mengejek atau bercanda dengan lawan bicara.

14. Tertawa dengan Mata Berbintang: Emoji yang penuh dengan semangat dan antisipasi. Mengatakan bahwa itu ide cemerlang, bagus, tidak perlu ragu, dan lain sebagainya.

15. Mata Berair: Emoji yang ingin menuturkan perasaan haru sampai ingin meneteskan air mata. Bisa diartikan dengan perasaan memohon dengan sungguh-sungguh.

16. Kesal: Perasaan merajuk dengan ekspresi tidak senang dengan seseorang dan situasi yang sedang dihadapi.

17. Mendengus: Mirip seperti sedang marah, menghina, dan bangga dengan sesuatu yang berkaitan topik pembicaraan.

18. Pasangan dengan Ikon Hati: Emoji ini memiliki arti seseorang sangat bersyukur dengan hubungan. Sangat cocok dikirimkan pada pasangan untuk semakin meyakinkan perasaannya.

19. Keluarga dengan Anak: Emoji ini menggambarkan keluarga dengan komposisi ayah, ibu, dan anak. Bisa menggambarkan kedekatan dengan keluarga. Bisa juga berarti seseorang sedang tak ingin diganggu karena ada quality time keluarga.

20. Emoji Monyet Tersenyum: Emoji ini memberi ekpresi tersenyum bahagia dengan kesan yang lebih lucu. Cocok dikirimkan kepada sahabat atau pacar.

21. Monyet Menutup Mata: Emoji yang bermakna tidak ingin melihat sesuatu. Bisa respon takut atau malas tapi malu-malu.

22. Monyet Menutup Mulut: Emoji yang cocok digunakan ketika seseorang tidak mau mengatakan suatu. Misalnya saja ketika ditanyai rahasia yang ingin disembunyikan.

23. Monyet Menutup Telinga: 'Aku tidak mau dengar', 'bodo amat', 'ga ikut-ikutan'. Itulah kira-kira arti dari Emoji ini.

24. Perempuan Menari: Emoji yang menggambarkan ekspresi seseorang sangat exited. Bisa berupa ajakan pergi ke pesta atau berdansa. Antar sahabat atau teman dekat wanita.

25. Laki-Laki Menari: Emoji yang menggambarkan ekspresi seseorang sangat exited. Bisa berupa ajakan pergi ke pesta atau berdansa. Antar sahabat atau teman dekat pria.

Itulah apa arti emoji serta penjelasannya, dan ada pula pengertian emoji beserta perbedaannya dengan emoticon. Semoga bisa menjadi sebuah info baru untuk kalian ya KLovers.

 

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI