Arti Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban Beserta Maksud dan Manfaatnya dalam Surat Ar Rahman

Minggu, 05 Desember 2021 11:33 Penulis: Dhia Amira
Arti Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban Beserta Maksud dan Manfaatnya dalam Surat Ar Rahman
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban merupakan sebuah penggalan ayat dari surat Ar Rahman. Ya, penggalan surat ini begitu berkesan untuk umat muslim. Hal ini karena ayat Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban diucapkan beberapa kali dalam surat Ar Rahman. Namun apakah KLovers tahu dengan arti Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban?

Surat Ar-Rahman memiliki makna mendalam perihal nikmat. Tak heran jika ada begitu banyak manfaat membaca surat Ar Rahman di waktu senggang. Sama seperti arti Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban, yang merupakan sebuah pertanyaan untuk seluruh ciptaan Allah SWT, termasuk untuk manusia. Arti Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban sendiri yaitu, "Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?".

Selain mengetahui arti Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban, kita juga perlu tahu manfaat dari membaca surat Ar Rahman. Serta maksud ayat Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban yang diulang dalam surat Ar Rahman. Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, berikut ini arti Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban beserta maksud dan manfaatnya.

1. Maksud Arti Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa, arti Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban sendiri yaitu, "Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?". Tentu ayat yang menjadi pertanyaan bagi manusia ini memiliki makna dan maksudnya. Menurut Imam As Sutuhi dalam It-Itqan fi Ulumil Quran, ayat Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban dalam surat Ar Rahman menjelaskan untuk memantapkan pemahaman dan menekankan bahwa betapa pentingnya bersyukur atas nikmat-nikmat yang telah Allah berikan.

Sedangkan menurut Wahbah Az Zuhaili dalam Tafsir Al Munir menerangkan bahwa setiap selesai menyebutkan suatu nikmat diikuti dengan kalimat Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban untuk mengingatkan nikmat tersebut sekaligus menubuhkan nuansa takut, segan, dan penuh khidmat. Kemudian menurut Syaikh Al Jamal dalam Haasyiat-nya terhadap Tafsir Al Jalalain yang mengemukakan bahwa, 31 kali pengulangan Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban ini terbagi dalam empat kelompok uraian.

Uraian tersebut berkaitan dengan keajaiban ciptaan Allah yang terhampar di bumi dan di langit disertai penciptaan dan kebangkitan. Kemudian berkaitan dengan siksa neraka, berkaitan dengan penghuni surga dan aneka kenikmatannya. Dan terakhir berkaitan dengan dua surga yang tidak sama dengan surga yang dijelaskan sebelumnya. Namun, penyebab hingga diulang sebanyak 31 pada dasarnya hanya Allah lah yang mengetahuinya.

2. Letak Bacaan Ayat Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban

Ayat Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban menjadi sebuah ayat yang banyak diucapkan dalam surat Ar Rahman. Diketahui bahwa ada 31x pengulangan ayat Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban. Dan berikut ini letak bacaan ayat Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban yang terdapat dalam surat Ar Rahman tersebut:

  1. QS. Ar Rahman ayat 13
  2. QS. Ar Rahman ayat 16
  3. QS. Ar Rahman ayat 18
  4. QS. Ar Rahman ayat 21
  5. QS. Ar Rahman ayat 23
  6. QS. Ar Rahman ayat 25
  7. QS. Ar Rahman ayat 28
  8. QS. Ar Rahman ayat 30
  9. QS. Ar Rahman ayat 32
  10. QS. Ar Rahman ayat 34
  11. QS. Ar Rahman ayat 36
  12. QS. Ar Rahman ayat 38
  13. QS. Ar Rahman ayat 40
  14. QS. Ar Rahman ayat 42
  15. QS. Ar Rahman ayat 45
  16. QS. Ar Rahman ayat 47
  17. QS. Ar Rahman ayat 49
  18. QS. Ar Rahman ayat 51
  19. QS. Ar Rahman ayat 53
  20. QS. Ar Rahman ayat 55
  21. QS. Ar Rahman ayat 57
  22. QS. Ar Rahman ayat 59
  23. QS. Ar Rahman ayat 61
  24. QS. Ar Rahman ayat 63
  25. QS. Ar Rahman ayat 65
  26. QS. Ar Rahman ayat 67
  27. QS. Ar Rahman ayat 69
  28. QS. Ar Rahman ayat 71
  29. QS. Ar Rahman ayat 73
  30. QS. Ar Rahman ayat 75
  31. Dan QS. Ar Rahman ayat 77

3. Manfaat Membaca Surat Ar Rahman

Setelah mengetahui arti Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban, kalian juga perlu mengetahui manfaat dari membaca surat Ar Rahman. Berikut ini manfaat yang bisa dirasakan oleh seorang muslim bila membaca surat Ar Rahman dengan khusuk dan rutin:

1. Seorang hamba yang menyempatkan membacanya di malam hari atau sepertiga malam akan mendapat syafaat di hari kiamat.

2. Membaca surat Ar Rahman, niscaya akan membuat siapa saja yang membacanya mengingat betapa baik Allah SWT kepada setiap manusia.

3. Membacanya dengan sepenuh hati, akan membuat pembacanya tak lagi mampu mengkufuri nikmat. Sebab kesadaran akan karunia hidup sebagai manusia yang merdeka akan muncul secara alami dalam jiwa pembacanya.

4. Manfaat membaca surat Ar Rahman akan selalu mengingat Allah SWT adalah bagian terpenting dalam menjalani setiap detik kehidupan.

5. Manfaat membaca surat Ar Rahman bisa dipakai untuk mahar menikah.

6. Membaca surat Ar Rahman dapat menjadi sebuah penyelamat dan pemberi rasa tenang.

Itulah arti Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban yang bisa kalian pahami dan pelajari. Bukan hanya mengetahui arti Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban saja, kalian juga bisa mengetahui manfaat dari membaca surat Ar Rahman.

 

(kpl/gen/dhm)



MORE STORIES




REKOMENDASI