Cara Screenshot di HP Samsung dengan Mudah dan Praktis, Tidak Perlu Pakai Aplikasi Tambahan

Jum'at, 03 Desember 2021 20:44 Penulis: Puput Saputro
Cara Screenshot di HP Samsung dengan Mudah dan Praktis, Tidak Perlu Pakai Aplikasi Tambahan
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Melakukan screenshot hp menjadi hal yang cukup sering dilakukan. Biasanya, screenshot dilakukan untuk mendokumentasikan sesuatu sebagai barang bukti, misalnya setelah melakukan transaksi pembayaran. Oleh karena itu, penting untuk tahu cara screenshot di hp samsung, khususnya bagi pengguna brand hp asal Korea Selatan ini.

Saat ini, samsung telah menjadi salah satu brand hp yang paling populer. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya pengguna hp samsung. Maka dari itu, berbagai cara untuk mengakses fitur hp samsung jadi satu hal yang cukup sering dicari di internet. Salah satu yang cukup sering dicari adalah cara melakukan screenshot. Padahal, sebenarnya cara screenshot di hp samsung bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Namun tak bisa dipungkiri, sampai saat ini masih banyak orang yang bingung bagaimana cara melakukan screenshot di hp samsung. Sebab terkadang, beda brand hp beda pula cara untuk melakukan screenshot. Tapi kalian perlu lagi merasa bingung. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasan tentang cara screenshot di hp samsung.

1. Cara Screenshot di HP Samsung Menekan Tombol Kombinasi

Salah satu cara screenshot di hp samsung yang paling umum dilakukan adalah dengan menekan tombol kombinasi. Cara ini bisa dipakai hampir di setiap jenis atau tipe hp samsung, sehingga sangat praktis dan bisa kalian praktikkan secara langsung. Berikut adalah cara screenshot di hp samsung melalui tombol kombinasi.

- Pertama, aktifkan dan buka hp kalian jika sebelumnya dalam keadaan tidak aktif atau terkunci.

- Buka halaman atau bagian tampilan layar yang ingin kalian screenshot.

- Untuk melakukan screenshot, kalian bisa langsung tekan kombinasi tombol "Power" dan "Home" secara bersamaan.

- Tahan beberapa detik, sampai layar terlihat berkedip sebagai pertanda bahwa hp telah melakukan screenshot.

- Selesai, secara otomatis hp akan melakukan screenshot. Untuk melihat hasil screenshot tersebut, kalian bisa langsung membuka galeri. Biasanya, hasil screenshot akan langsung terkumpul dalam salah satu folder khusus di galeri.

2. Cara Screenshot di HP Samsung Memakai Fitur Motion Control

Cara screenshot di hp samsung yang kedua juga bisa dilakukan dengan mengaktifkan fitur motion control. Cara yang kedua ini tak kalah mudah dan praktis jika dibandingkan cara yang sebelumnya. Sebab, kalian hanya perlu menggerakkan tangan ke arah layar hp saja. Namun sebelumnya perlu diketahui, bahwa cara screenshot di hp samsung ini mungkin belum bisa dilakukan di setiap jenis atau tipe.

Sementara ini, fitur screenshot dengan metode motion control baru tersedia pada hp tipe Samsung S9 dan S9+, Samsung Galaxy S8 dan S8+, Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge, Samsung Galaxy Note 5, Samsung Galaxy S6, Samsung Galaxy 5, Samsung Galaxy S4 dan Samsung Galaxy S3, Samsung Galaxy Note 4, Note 3, Note 2 dan Galaxy Note, dan Samsung Galaxy yang diproduksi tahun 2013 ke atas.

Jika kalian menggunakan salah satu tipe hp samsung di atas, kalian bisa langsung coba ikuti cara screenshot di hp samsung berikut ini.

- Untuk mengaktifkan fitur motion control, pertama kalian bisa buka smartphone, lalu masuk menu Setting atau Pengaturan.

- Setelah masuk menu setting berikutnya, pilih opsi Motion and Gesture.

- Di dalam menu Motion and Gesture tersebut, kalian bisa pilih 'Palm Swipe To Capture'.

- Setelah itu, secara otomatis fitur Palm Swipe di hp kalian akan aktifkan.

- Berikutnya kalian bisa tekan tombol back, kemudian buka bagian halaman atau tampilan layar yang ingin di-screenshot.

- Setelah ketemu, kalian bisa langsung melakukan screenshot, cukup dengan cara menggeser telapak tangan dari kanan ke kiri.

- Saat melakukannya, akan muncul kilatan dan bunyi suara, sebagai tanda bahwa hp kalian sedang melakukan proses screenshot.

- Selesai, secara otomatis hp akan melakukan screenshot. Untuk melihat hasil screenshot tersebut, kalian bisa langsung membuka galeri. Biasanya, hasil screenshot akan langsung terkumpul dalam salah satu folder khusus di galeri.

 

3. Cara Screenshot di HP Samsung Tipe S8 dan S9

Hp samsung S8 dan S9diketahui didesain tanpa disertai tombol home. Maka dari itu, kedua tipe hp ini, mempunyai cara screenshot di hp samsung yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, berikut cara untuk screenshot di hp samsung S8 dan S9.

1. Cara Screenshot di HP Samsung Tipe S8 dan S9 dengan Tombol Kombinasi

Karena tidak mempunyai tombol home, kombinasi tombol yang harus ditekan saat akan screenshot hp samsung tipe S8 dan S9 bisa dilakukan dengan menekan tombol Power dan tombol Volume (-) secara bersamaan. Tahan beberapa detik, sampai layar terlihat berkedip sebagai pertanda bahwa hp elah melakukan screenshot.

2. Cara Screenshot di HP Samsung Tipe S8 dan S9 dengan Fitur Bixby

Selain dengan menekan tombol Power dan Volume (-), pengguna hp samsung juga bisa melakukan screenshot dengan memanfaatkan fitur bixby. Cara screenshot Samsung S8 dan S9 paling mudah dilakukan. Kalian hanya perlu mengaktifkan fitur ini dengan mengucapkan 'Hai, Bixby' atau dengan tombol Bixby. Setelah aktif, kalian bisa langsung memperintahkan asisten virtual ini dengan mengatakan 'Take a screenshot'.

Itulah di antaranya beberapa cara screenshot di hp samsung yang bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

(kpl/gen/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI