Arti Happy Milad dan Contoh Ucapan Islami yang Populer

Jum'at, 09 Desember 2022 11:11
Arti Happy Milad dan Contoh Ucapan Islami yang Populer
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Perayaan ulang tahun seolah menjadi budaya yang melekat pada masyarakat. Di Indonesia sendiri, sudah banyak variasi ucapan, salah satunya adalah happy milad. Lalu, apa sih arti happy milad sebenarnya?

Meski sudah cukup populer digunakan, tak menutup kemungkinan bahwa masih ada orang yang belum mengetahui arti happy milad. Berasal dari gabungan bahasa Inggris dan Arab, happy milad bisa dipahami sebagai ucapan "selamat hari lahir".

Nah, jika kalian penasaran dengan penjelasan lebih lanjut tentang arti happy milad beserta contoh ucapan Islami yang populer lainnya, yuk simak informasi di bawah ini.

 

1. Arti Happy Milad

Saat ulang tahun, mungkin kalian akan menerima berbagai ucapan selamat. Terkadang, ucapan ini juga berasal dari berbagai bahasa yang populer digunakan. Selain "happy birthday" yang merupakan bahasa Inggris, ucapan "yaumul milad" dari bahasa Arab juga tak kalah populer di Indonesia.

Namun, apa kalian pernah mendengar ucapan selamat ulang tahun dari kedua bahasa tersebut? Ya, di Indonesia ucapan "happy milad" juga lumayan populer. Meski begitu, tak menutup kemungkinan pula bahwa ternyata masih ada orang yang belum mengetahui artinya. Lalu apa sih arti happy milad sebenarnya?

Happy sendiri bisa diartikan sebagai selamat dalam konteks ini. Sementara milad merupakan kosakata bahasa Arab yang berarti lahir. Jadi, happy milad menjadi ucapan yang sah-sah saja digunakan pada momen ulang tahun atau kelahiran.

 

2. Hukum Merayakan Ulang Tahun dalam Islami

Setelah mengetahui arti happy milad, tak ada salahnya bagi kalian untuk memahami hukum merayakan ulang tahun dalam Islam. Jika ditelusuri, Nabi Muhammad SAW memang tidak memerintahkan umatnya untuk merayakan hari lahir. Hal ini juga tidak disinggung secara langsung dalam dalil syari atau ayat-ayat Al Quran.

Sebaliknya, tidak ada pula hukum mengenai pelarangan dalam merayakan ulang tahun. Namun, sebagai umat Islam tentu kalian tahu bahwa selama ini terdapat momen perayaan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau maulid Nabi Muhammad SAW. Perayaan maulid sendiri berakar dari abad IV Hiriyah oleh dinasti Fatimiyun di Mesir, dinasti Fatimiyun mulai menguasai Mesir pada tahun 362 H. Akhirnya, peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW pun dilakukan oleh umat Islam hingga kini.

Karena tidak ada larangan secara langsung, perayaan ulang tahun pun diperbolehkan asal tidak diikuti dengan hal-hal yang dilarang. Misalnya, tidak diikuti dengan foya-foya atau menghamburkan uang. Perayaan ulang tahun diperbolehkan sebagai momen saling mendoakan.

 

3. Contoh Ucapan Happy Milad

Setelah mengetahui arti happy milad, mungkin kalian membutuhkan contoh ucapan Islami yang populer. Berikut ini terdapat beberapa contoh yang bisa kalian jadikan referensi.

1. "Happy milad! Semoga barokah sepanjang hayat, makin belajar, makin bermanfaat untuk orang lain."

2. "Barakallahu fii umrik, ukhti. Semoga selalu diberi kesehatan, selalu diberi umur yang berkah, dan sukses selalu, aminn."

3. "Tidak hanya untuk hari ini, saya berdoa kepada Allah untuk memberikan cinta-Nya kepada kamu selamanya. Happy milad!"

4. "Yaumul milad, barakallah fii umrik. Semoga Allah selalu memberimu kebahagiaan dan kesuksesan."

5. "Happy milad, harapan yang terbaik untukmu. Semoga Allah selalu bersamamu dan memberikan limpahan rezeki yang luar biasa."

6. "Miladuki sa'idy. Semoga Allah selalu melimpahkan keberkahan di sisa umur yang diberikan-Nya, semoga dapat menjadi wanita yang dirindukan oleh surga. Amin."

7. "Barakallahu fii umrik, yaumul milad anakku sayang. Semoga Allah memberikanmu umur yang panjang dan keberkahan dalam hidupmu. Diberikan rezeki yang berkah dan selalu bersyukur. Semoga kelak menjadi anak yang soleh."

8. "Dengan rahmat Allah, kamu pasti akan membuat tahun yang akan datang menjadi tahun yang baik. Selamat ulang tahun untukmu. Happy milad!"

9. "Anakku sayang, semoga dirimu akan terus mendapatkan karunia dan juga segala macam kebaikan. Yaumul milad, barakallah fii umrik,"

10. "Semoga cahaya Islam menerangi hidupmu dengan cara yang positif. Aku berharap kamu hidup bahagia dengan banyak kebahagiaan dan berkah. Selamat ulang tahun untukmu. Happy milad!"

11. "Barakallah fii umrik anakku, yaumul milad sayang. Semoga mimpi-mimpi yang telah kamu bangun dapat tercapai dengan baik. Doa Mama dan Papa akan selalu menyertai setiap langkah hidupmu."

12. "Yaumul milad! Semoga keberkahan selalu engkau dapatkan, rezeki terus mengalir, dan semoga semua yang engkau citakan tercapai."

13. "Happy milad, sahabatku. Semoga engkau dapat menjadi pribadi yang lebih bertakwa. Semoga kemudahan dunia dan akhirat senantiasa engkau dapatkan."

14. "Yaumul milad temanku, yang selalu ada untukku kapanpun. Terima kasih untuk semuanya. Semoga kita bisa selalu saling mendoakan dan mendukung dalam kebaikan, aamiin.

15. "Yaumul milad, barakalah fii umrik, semoga Allah memenuhi hidupmu dengan saat-saat bahagia tanpa akhir, kejutan indah yang tak terhitung jumlahnya, dan kesuksesan tanpa batas!"

Nah, KLovers, itulah penjelasan mengenai arti happy milad beserta hukum ulang tahun dalam Islam dan contoh ucapan yang populer untuk kalian jadikan referensi.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI