Arti Holiday dan Vacation Beserta Rekomendasi Tempat Liburan Murah di Yogyakarta

Kamis, 09 Juni 2022 14:11
Arti Holiday dan Vacation Beserta Rekomendasi Tempat Liburan Murah di Yogyakarta
Tempat Liburan di Yogyakarta (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Holiday dan vacation bukan istilah yang asing, sekalipun bagi orang Indonesia. Buktinya, kosakata bahasa Inggris tersebut sering muncul dalam percakapan sehari-hari. Namun, apa semua orang sudah benar-benar tahu arti holiday dan vacation?

Meski sering dianggap sama, arti holiday dan vacation sebenarnya memiliki perbedaan lho, KLovers! Namun, karena sama-sama berhubungan dengan liburan, terkadang makna dari istilah ini dianggap sama.

Nah, agar kalian tak lagi mengulangi kesalahan dalam memaknainya dalam perbincangan, yuk simak penjelasan mengenai arti holiday dan vacation berikut ini.

 

 

1. Arti Holiday dan Vacation

Seperti yang sudah disinggung di atas, arti holiday dan vacation memang berhubungan dengan liburan. Secara umum, arti holiday dapat dipahami sebagai hari libur. Hari libur yang dimaksud adalah hari Minggu, hari Kemerdekaan, hari Raya, hari libur nasional, dan lain sebagainya.

Selain itu, holiday juga bisa dimaknai sebagai masa liburan secara umum atau dialami banyak orang. Contohnya, saat libur sekolah, musim panas, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, arti holiday juga sering merujuk pada suasana liburan yang dirasakan. Misalnya, seperti suasana santai, meriah, atau perasaan malas saja.

Selanjutnya, kalian juga perlu mengetahui arti vacation yang juga sering dimaknai liburan. Jika holiday merujuk pada hari libur, masa libur, atau suasana liburan, vacation dimaknai sebagai kegiatan berlibur. Selain itu, waktu liburan dalam konteks ini juga bisa lebih panjang daripada holiday. Saat kalian mengambil waktu libur untuk cuti dari pekerjaan ini juga lebih tepat jika disebut vacation. Agar lebih memahami perbedaan antara kedua istilah di atas, kalian bisa memahaminya dalam contoh kalimat bahasa Inggris berikut ini.

- On year end holiday last year, my family went on vacation to Bali.

(Pada liburan akhir tahun lalu, keluargaku pergi berlibur ke Bali)

- I will have a vacation in Yogyakarta for two weeks

(Saya akan berlibur di Yogyakarta selama dua minggu)

 

 

2. Rekomendasi Tempat Liburan Murah di Yogyakarta

Arti holiday dan vacation telah kalian simak pada penjelasan di atas. Kini, saatnya menentukan tempat vacation untuk mengisi hari libur kalian. Yogyakarta menjadi salah satu kota wisata yang banyak dituju oleh pelancong. Hal ini terjadi karena memang banyak rekomendasi tempat liburan murah di Yogyakarta dan sekitarnya yang bisa kalian datangi, antara lain:

1. Taman Sari

Saat ke Taman Sari Yogyakarta, kalian bisa menikmati keindahan arsitektur Kesultanan Yogyakarta. Bangunan untuk pemandian putri-putri keraton ini terkenal eksotis. Bangunan yang masih terjaga juga sering digunakan untuk sesi pemotretan pre-wedding. Tiket masuk Taman Sari pun terbilang murah, yaitu Rp5.000 untuk wisatawan lokal dan Rp15.000 untuk turis asing.

2. Gunung Api Purba Nglanggeran Gunung Kidul

Jika kalian suka melihat bukit-bukit batu yang hijau dan diselimuti kabut saat pagi maupun sore hari, Gunung Api Purba Nglanggeran ini menjadi salah satu rekomendasi tempat liburan murah yang bisa kalian kunjungi. Meski bukan terletak di kota Yogyakarta, kalian tak butuh waktu terlalu lama untuk mengunjunginya. Tak sampai satu jam, kalian sudah bisa bersantai di sana sambil menikmati cokelat hangat hasil petani sendiri.

3. Candi Ijo

Mungkin, selama ini kalian hanya mendengar nama Candi Prambanan dan Candi Borobudur yang terkenal saat datang ke Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Padahal sebenarnya, tempat vacation bernama Candi Ijo ini juga tak kalah indah. Dengan tiket masuk Rp5.000 kalian sudah bisa menikmati kompleks candi dengan pemandangan alam indah, plus sunset yang cantik.

4. Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul merupakan halaman belakang Keraton Kesultanan Yogyakarta. Tempat ini bisa menjadi objek wisata malam Yogyakarta yang cukup menyenangkan. Selain banyak penjual di sekelilingnya, ada pula pohon beringin kembar yang legendaris di tengahnya. Kalian bisa mencoba berjalan untuk melintas di antara dua pohon dengan mata tertutup. Konon, keinginan kalian akan tercapai jika berhasil melakukannya. Meski awalnya terlihat gampang, ternyata juga banyak yang gagal lho, KLovers!

5. Malioboro

Jalan Malioboro merupakan lokasi wisata yang sudah terkenal di Yogyakarta bahkan nasional. Pasalnya, jalan yang bisa diakses dengan jalan kaki dari Stasiun Yogyakarta ini kerap dijadikan setting film dan FTV. Kalian bisa menikmati keramaian kota Yogyakarta dengan duduk di bangku panjang di pinggir jalan. Selain itu, ada pula yang namanya Teras Malioboro, surga belanja bagi kalian yang ingin mencari pernak-pernik, baju, hingga makanan untuk oleh-oleh.

 

 

3. Quote Holiday

Setelah memahami arti holiday dan vacation di atas mungkin kalian jadi berpikir bahwa setiap holiday tak harus diisi dengan vacation. Saat libur, kalian juga bisa hanya bersantai atau bermalas-malasan di rumah bersama keluarga. Hal itu pula diterangkan oleh beberapa quot holiday berikut ini.

1. "The Joy of brightening other lives, bearing each others' burdens, easing each other's loads and supplanting empty hearts and lives with generous gifts becomes for us the magic of the holidays." -W. C. Jones

(Kegembiraan mencerahkan kehidupan lain, menanggung beban satu sama lain, meringankan beban satu sama lain dan menggantikan hati dan kehidupan yang kosong dengan hadiah yang murah hati menjadi keajaiban liburan bagi kita.)

2. "Every piece of the universe, even the tiniest little snow crystal, matters somehow. I have a place in the pattern, and so do you. Thinking of you this holiday season!" -T.A. Barron

(Setiap bagian alam semesta, bahkan kristal salju terkecil sekalipun, entah bagaimana penting. Saya memiliki tempat dalam pola, dan begitu juga Anda. Memikirkan Anda di musim liburan ini!)

3. "Holidays-any holiday-are such a great opportunity to focus on bringing the family together." -Lidia Bastianich

(Liburan-liburan apa pun-merupakan kesempatan bagus untuk fokus menyatukan keluarga.)

4. "I find that it's the simple things that remind you of family around the holidays." -Amy Adams

(Saya menemukan bahwa hal-hal sederhana yang mengingatkan Anda tentang keluarga di sekitar liburan.)

5. "May the Spirit of the Holidays be with you throughout the New Year."

(Semoga Semangat Liburan menyertai Anda sepanjang Tahun Baru.)

6. "The holiday season is a perfect time to reflect on our blessings and seek out ways to make life better for those around us."

(Musim liburan adalah waktu yang tepat untuk merenungkan berkah kita dan mencari cara untuk membuat hidup lebih baik bagi orang-orang di sekitar kita.)

Nah, KLovers, itulah penjelasan mengenai arti holiday dan perbedaannya dengan vacation beserta rekomendasi tempat liburan murah di Yogyakarta. Ada pula quote holiday yang bisa melengkapi suasana liburan kalian untuk caption foto saat diunggah ke Instagram.

 

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI