Arti Customer: Pengertian Hingga Jenis-Jenisnya, Ketahui Pula Makna dari Customer Service

Rabu, 08 Juni 2022 17:44 Penulis: Dhia Amira
Arti Customer: Pengertian Hingga Jenis-Jenisnya, Ketahui Pula Makna dari Customer Service
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Kalian pasti tahu dengan kata customer. Ya, kata customer sendiri berasal dari bahasa Inggris dan arti customer adalah pelanggan. Ya, dalam dunia bisnis ataupun jasa, kata customer bukan hal yang asing dan menjadi salah satu hal penting.

Dengan adanya customer, sebuah perusahaan akan berjalan. Sehingga pelayanan terbaik untuk customer itu merupakan hal penting. Nah, untuk KLovers yang ingin mengetahui lebih dalam untuk penjelasan arti customer, maka bisa baca artikel berikut ini ya.

Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah penjelasan tentang arti customer beserta dengan jenis-jenis customer itu sendiri. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Pengertian Customer

Customer adalah istilah bahasa Inggris yang digunakan untuk merujuk pada pelanggan. Dan arti customer sendiri adalah individu atau rumah tangga, perusahaan yang membeli barang atau jasa yang dihasilkan dalam ekonomi. Secara spesifik, customer adalah seseorang yang terbiasa untuk membeli barang pada suatu toko tertentu.

Namun, kata customer ini bisa disebut sebagai klien, nasabah, pasien, hingga konsumen loh KLovers. Sehingga, tidak selalu dengan menggunakan customer. Tetapi, pada intinya customer adalah suatu istilah yang maknanya tak jauh berbeda dengan istilah lain tersebut.

Maknanya adalah pihak ketiga di luar sistem perusahaan yang karena sebab tertentu, membeli barang atau jasa perusahaan. Khusus untuk nasabah, istilah ini digunakan mewakili pihak yang menggunakan jasa bank, baik itu untuk keperluannya sendiri maupun sebagai perantara bagi keperluan pihak lain.

Nah, bila dalam dunia pemasaran customer dapat didefinisikan sebagai barang atau jasa yang dibutuhkannya untuk mencapai tujuan tertentu. Customer memiliki kebutuhan yang berbeda tingkatannya dan pengharapan pelanggan biasanya dipengaruhi oleh nilai-nilai budaya, iklan, pemasaran, serta bentuk komunikasi lain, baik dari pemasok maupun sumber-sumber lainnya.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa, arti customer adalah seorang yang menggunakan sebuah jasa ataupun seseorang yang membeli sebuah produk di sebuah perusahaan. Sehingga, customer ini merupakan pihak ketiga namun, di luar dalam perusahaan tersebut.

 

2. Pengertian Customer Service

Bagaimana dengan customer service? Ya, customer service sendiri merupakan sebutan untuk sebuah pelayanan yang diberikan oleh sebuah perusahaan. Dalam bahasa Indonesia, customer service mempunyai padanan kata yaitu layanan pelanggan.

Pengertian yang lebih luas, customer service atau layanan pelanggan adalah pelayanan yang disediakan perusahaan untuk menjawab pertanyaan dan permasalahan konsumen. Dalam praktiknya, customer service bekerja dengan menjalin komunikasi interaktif dengan konsumen.

Komunikasi tersebut bisa dilakukan melalui berbagai teknis, mulai dari tatap muka langsung, telepon, email, chat, hingga media sosial. Lewat interaksi tersebut, CS akan memberikan jawaban dan bimbingan pada konsumen untuk menyelesaikan permasalahannya terkait gangguan dalam penggunaan produk

 

3. Jenis Customer

Setelah KLovers mengetahui apa sih arti customer, maka berikut ini beberapa jenis dari customer itu sendiri. Ya, jenis-jenis ini bisa membantu KLovers memahami arti customer lebih dalam lagi. Dan berikut ini beberapa jenis customer yang bisa KLovers ketahui.

1. Customer Eksternal

Arti customer eksternal adalah pelanggan yang secara langsung menggunakan produk atau layanan dari suatu perusahaan. Customer eksternal disebut juga dengan konsumen akhir, seperti pemilik bisnis, pelajar, maupun ibu rumah tangga.

Pelanggan akhir ini hanya akan datang saat perusahaan memiliki kualitas barang dan jasa yang baik. Jadi, customer tersebut akan setia menggunakan produk atau layanan jasa dari perusahaan.

2. Customer Perantara

Arti customer perantara, yaitu orang atau perusahaan yang menjadi perantara penjualan produk. Namun customer ini bukan pengguna terakhir dari suatu produk atau jasa tersebut. Perbedaan pelanggan ini yaitu bukan berasal dari lingkup perusahaan.

Melainkan individu atau kelompok umum yang mendistribusikan produk atau jasa dari suatu perusahaan. Contohnya, yaitu reseller sebuah produk kecantikan, biro jasa pemesanan tour, agen bahan baku makanan, dan semacamnya.

3. Customer Internal

Dan yang terakhir adalah arti customer internal, yaitu pelanggan yang berasal dari lingkup bagian dalam perusahaan. Customer internal ini pada umumnya membeli produk atau layanan untuk dijual kembali ke orang lain. Beberapa contohnya yaitu pegawai pemasaran, karyawan operasional, karyawan delivery, HRD, dan lain-lain.

Itulah penjelasan tentang arti customer yang bisa KLovers ketahui dan pahami. Bukan hanya arti customer saja, namun KLovers juga bisa mengetahui jenis-jenis dari customer itu sendiri.

 

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI