Arti Limit Secara Umum dan Penggunaannya dalam Berbagai Bidang, Simak Tiap Maknanya

Kamis, 09 Juni 2022 12:11
Arti Limit Secara Umum dan Penggunaannya dalam Berbagai Bidang, Simak Tiap Maknanya
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Arti limit secara umum adalah membatasi atau batas suatu hal tertentu dapat berkaitan dengan transaksi ataupun produksi. Karena itulah arti limit bisa digunakan dalam berbagai bidang dan konteks.

Salah satu contoh penggunaan kata limit misalnya saja limit kartu kredit. Buat kalian pengguna kartu kredit pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Namun ada juga beberapa istilah populer lainnya juga menggunakan kata limit untuk menjelaskan suatu kondisi tertentu berkaitan dengan transaksi jual beli ataupun bisnis.

ada juga arti speed limit yang bermakna batas kecepatan tertentu. Karena itulah dalam artikel kali ini, akan dibahas mengenai arti limit secara umum dan penggunaannya dalam berbagai bidang. Adapun penjelasan mengenai arti limit secara umum dapat kalian simak dalam ulasan sebagai berikut.

Ini ulasan lengkap arti limit secara umum dan penggunaannya dalam berbagai bidang baik dunia bisnis ataupun transaksi.

 

1. Arti Limit Secara Umum

Pernah mendengar kata limit? Kata limit memang bisa digunakan dalam sejumlah konteks baik terkait dengan keuangan ataupun jual beli. Sebelum membahas satu per satu arti limit, ketahui makna arti limit dari kata dasarnya merujuk pada Kamu Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Karena itulah dalam poin kali ini akan diulas mengenai arti limit secara umum.

Arti limit berasal dari bahasa Inggris yang berarti membatasi, memperketat, atau mempersempit. Sementara itu, jika merujuk pada KBBI arti limit adalah batas ataupun tapal batas. Sehingga pada dasarnya arti limit menjelaskan mengenai sesuatu yang dibatasi dengan ketentuan tertentu. Itulah penjelasan mengenai arti limit secara umum jika merujuk pada kamus.

 

2. Arti Limit Kartu Kredit

Setelah mengetahui arti limit secara umum, kata limit tersebut juga kerap digunakan dalam beberapa hal. Salah satunya arti limit jika digunakan dalam bidang transaksi seperti penggunaan kartu kredit. Apalagi di masa sekarang, sebagian besar transaksi menggunakan kartu kredit. Untuk itulah, perlu tahu beberapa istilah transaksi dalam menggunakan kartu kredit.

Sementara itu, arti limit kartu kredit adalah batas maksimal nominal transaksi per bulan bisa dipakai oleh nasabah. Limit kartu kredit yang diberikan oleh setiap bank juga berbeda-beda tergantung pada aturannya masing-masing.

Sementara itu terdapat beberapa hal yang dapat menjadi penentu limit sebuah kartu kredit. Di antaranya seperti penghasilan, jumlah saldo yang dimiliki, jumlah kartu kredit yang dimiliki, kepemilikan rumah, tempat tinggal ataupun ketentuan lainnya. Itulah arti limit kartu kredit yang perlu diketahui.

Salah satu contoh limit kartu kredit misalnya saja dari salah satu bank BCA. Adapun beberapa limit kartu kredit yang ditetapkan oleh BCA misalnya saja:

1. Terdapat limit penarikan untuk beberapa jenis produk kartu kredit BCA tentunya berbeda.

2. Terdapat limit kartu kredit atau batas transaksi pada satu kartu kredit. Misalnya saja ada kartu kredit BCA dengan limit mulai dari Rp 5juta sampai Rp 450 juta per bulan. Masing-masing jenis dan produk dari kartu kredit BCA tersebut juga memiliki limit tersendiri.

Sedangkan terdapat beberapa faktor yang menentukan limit kartu kredit BCA misalnya saja penghasilan, status kepemilikan tempat tinggal, tempat tinggal, jumlah kepemilikan kartu kredit, jumlah total kredit yang dipilih nasabah.

 

3. Arti Limit Order

Selain arti limit kartu kredit, ada juga istilah lain yang menggunakan kata limit. Salah satunya arti limit order yang memiliki makna tersendiri. Sementara itu, arti limit order seringkali digunakan dalam sebuah transaksi. Lalu apa arti limit order?

Arti limit order adalah suatu pesanan menjual atau membeli dengan ketentuan harga yang lebih baik atau yang sudah ditetapkan dengan nominal ataupun harga tertentu sesuai ketetapan nasabah. Dengan kata lain, ketika suatu aset sudah mencapai limit order baik harga tertinggi atau terendah maka dimanfaatkan untuk membeli ataupun menjualnya untuk membuka posisi baru ataupun likuidasi posisi sebelumnya.

Sebab itulah, muncul istilah stop order artinya adalah ketika harga berada di atas ataupun di bawah batas harga yang sudah ditetapkan. Sehingga ketika sudah mencapai stop price maka stop order akan berubah menjadi market order. Dengan kata lain setelah suatu transaksi sudah masuk market order dapat dikatakan tidak lagi menggunakan limit order. Itulah arti arti limit order yang perlu kalian ketahui dalam sebuah transaksi jual beli.

 

4. Arti Limited Edition

Selain beberapa arti limit secara umum, arti limit order, ataupun limit kartu kredit, terdapat juga istilah limited edition. Lalu apa arti limited edition? Seperti penjelasan sebelumnya arti limited edition berkaitan dengan dunia bisnis. Namun istilah limited edition berkaitan dengan suatu produk atau barang tertentu.

Sementara itu arti limited edition berasal dari bahasa Inggris. Di mana makna dari arti limited edition adalah edisi terbatas. Maksudnya suatu barang atau produk diproduksi secara terbatas jumlahnya. Sehingga menggunakan istilah limited edition sebagai salah satu bentuk strategi marketing. Sebab dengan istilah ini maka barang yang diproduksi tersebut tidak pasaran.

Itulah penjelasan mengenai arti limit dan penggunaannya dalam berbagai bidang lainnya. Sehingga dapat memudahkan kalian memahami makna dari arti limit secara umum ataupun istilah populer lainnya seperti limit order, limit kartu kredit, ataupun limited edition.

 

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI