Arti Introduction Adalah Pengenalan Beserta Contohnya

Selasa, 30 November 2021 12:22 Penulis: Dhia Amira
Arti Introduction Adalah Pengenalan Beserta Contohnya
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Introduction merupakan salah satu bahasa baku bahasa Inggris. Arti introduction sendiri merupakan pengenalan atau awalan. Biasanya introduction diperlukan, terutama bagi mereka yang merupakan orang baru dalam sebuah lingkungan seperti sekolah hingga tempat kerja. Selain itu introduction juga dilakukan ketika kita mengawali sesuatu yang penting seperti presentasi kerja hingga memberikan materi di sebuah kelas.

Namun di zaman ini introduction juga digunakan untuk melakukan kegiatan di dunia media sosial. Yup! Kalian pasti pernah mendengar kata intro di media sosial. Intro sendiri berasal dari kata introduction yang artinya pengenalan atau awalan. Kata intro biasanya digunakan menjadi pembuka di media sosial.

Nah, bagi KLovers yang ingin mengetahui lebih dalam tentang arti introduction. Maka berikut ini penjelasan tentang Introduction beserta dengan point-point saat introduction dan juga contohnya. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Pengertian Introduction

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa, arti introduction adalah sebuah perkenalan atau pengenalan. Selain itu arti introduction yang lainnya yaitu bisa menjadi kata pengantar, kata pendahuluan, prawacana, prakata, dan lainnya. Introduction dalam pengenalan biasanya dilakukan bagi mereka yang merupakan sosok baru di sebuah lingkungan, seperti lingkungan sekolah ataupun tempat kerja.

Namun di jaman ini introduction juga digunakan untuk melakukan kegiatan pada dunia media sosial. Yup! Kalian pasti pernah mendengar kata intro di media sosial. Intro sendiri berasal dari kata introduction yang artinya pengenalan atau awalan. Kata intro biasanya digunakan menjadi pembuka di media sosial.

Biasanya kata intro digunakan untuk pembukaan di YouTube. Dalam Instagram, intro bisa menunjuk pada pembuka terutama pada video, lalu pengantar pada konten berupa teks, dan perkenalan awal serta lain sebagainya. Maka makna dari arti introduction ini tergantung pada penggunaannya baik untuk pengenalan ataupun di media sosial.

2. Point-point Saat Introduction

Dalam introduction atau pengenalan diri sendiri memiliki point-point yang bisa kita masukkan ke sana. Point-point ini perlu diketahui agar saat melakukan introduction atau pengenalan, kita sudah tahu bagaimana alur yang harus diucapkan atau diberitahukan. Dan berikut ini beberapa point saat kalian melakukan introduction:

1. Nama/Name

2. Asal/Country

3. Alamat/Address

4. Usia/Age

5. Keluarga/Family

6. Ulang tahun/Birthday

7. Phone number/Nomor telepon

8. Media sosial/Social media

9. Pekerjaan/Jobs

10. Hobi/Hobbies

11. Pendidikan/Education

3. Contoh Introduction

Setelah mengetahui arti introduction dan point-point yang bisa kalian berikan dalam melakukan introduction. Maka berikut ini ada contoh introduction yang bisa mempermudah kalian memahami arti introduction dan bagaimana membuat introduction yang baik. Berikut ini beberapa contoh introduction tersebut:

1. Contoh Introduction untuk Murid Baru

My name is Cinta Laura. I am a new student at this school. I was born in Jakarta, February 9th, 1994. My hobbies are writing and reading. If there is a competition, I would love to take part as long as it relates to the world of authorship. It was my first step to achieve my goal of becoming a famous writer. Yep, that’s all that I can tell about myself. Thank you.

2. Contoh Introduction untuk Pegawai Baru

My name is Mark Lee. I'm a new employee here. Previously, I had worked in various reputable companies in Indonesia. So, I will do my best for this company so that this company can make more progress and get higher profits. Well, that's a simple introduction I can do. I hope we can work together as a team. Thank you.

3. Contoh Introduction untuk Memulai Presentasi

First, let me introduce myself, my name is Cita Citata. I graduated from Yogyakarta State University majoring in mechanical engineering. Here, I would like to convey my research on mechanical techniques that some time ago I found and completed.

Itulah arti introduction yang bisa kalian pahami dan pelajari. Bukan hanya mengetahui arti introduction saja, namun kalian juga bisa mengetahui point-point dalam pembuatan introduction dan contohnya.

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI