Arti Intuisi dan Tanda-Tandanya, Ketahui Sumbernya Sekaligus Cara Mengasahnya

Selasa, 15 Februari 2022 16:44
Arti Intuisi dan Tanda-Tandanya, Ketahui Sumbernya Sekaligus Cara Mengasahnya
Ilustrasi (credit: pexels.com)


Kapanlagi Plus - Mendengar kata intuisi tentu bukan hal baru lagi. Namun, sudah tahukah kalian apa arti intuisi sebenarnya dan tanda-tanda memiliki kemampuan intuisi yang baik?

Arti intuisi sebenarnya adalah kemampuan untuk memahami dan mengetahui sesuatu tanpa disadari. Dengan kata lain, arti intuisi adalah pikiran kita yang muncul berdasarkan pada gerakan hati atau bisikan hati. Ini adalah penjelasan singkat mengenai apa arti intuisi.

Namun, sejumlah tokoh juga menyebutkan mengenai apa arti intuisi beserta tanda-tandanya. Selain itu, munculnya intuisi dapat berasal dari apa yang dilihat, terjadi, dan muncul.

Karena itulah, dengan intuisi terkadang menjadi salah satu hal yang digunakan dalam mengambil suatu keputusan meskipun tanpa alasan dan fakta jelas. Untuk tahu tentang apa arti intuisi langsung saja simak ulasan di bawah ini yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Arti Intuisi di KBBI dan Para Tokoh

Istilah intuisi sudah akrab diketahui. Istilah intuisi seringkali disebut juga dengan gerakkan hati. Di mana intuisi dapat muncul secara tiba-tiba yang melibatkan alam bawah sadar. Lalu apa sebenarnya arti intuisi?

Untuk memahami apa arti intuisi sebenarnya dapat kalian lihat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jika merujuk pada KBBI arti intuisi adalah daya atau kemampuan mengetahui atau memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari. Dengan kata lain arti intuisi dapat bermakna juga dengan bisikan hati. Sejumlah tokoh juga mendefinisikan arti intuisi dengan pendapat mereka masing-masing. Adapun penjelasan mengenai arti intuisi menurut beberapa tokoh dapat kalian simak di bawah ini.

1. Arti intuisi menurut Butler menyatakan bahwa intuisi adalah sekumpulan proses fisik yang membuat seseorang tetap bertahan hidup. Munculnya intuisi dapat berlangsung tanpa disadari dengan memberi sinyal-sinyal tentang kejadian yang akan terjadi atau telah terjadi.

2. Arti intuisi menurut Day disebutkan bahwa arti intuisi adalah sebuah proses non-linier dan non-empiris dalam memperoleh serta menafsirkan informasi untuk menjawab pertanyaan.

3. Arti intuisi menurut David G. Myers disebutkan bahwa pemikiran intuitif layaknya persepsi, sekelebat dan tanpa usaha.

4. Arti intuisi menurut Sigmund Freud menyatakan bahwa pengetahuan hanya dapat dicapai melalui manipulasi intelektual dari pengamatan yang sungguh-sungguh serta menolak cara mendapatkan pengetahuan dengan intuisi.

5. Arti intuisi menurut Carl Jung menyebutkan bahwa fungsi irasional dan persepsi yang diperoleh melalui ketidaksadaran.

Dapat disimpulkan bahwa intuisi adalah suatu ide, informasi, sinyal, pengetahuan dan lainnya secara tiba-tiba muncul dan tanpa disadari bahkan tanpa alasan jelas. Sehingga kalian seolah-olah dapat memperoleh suatu hal baru yang berkaitan dengan peristiwa yang terjadi selanjutnya. Itulah penjelasan mengenai apa arti intuisi yang perlu kalian ketahui. Sehingga memudahkan kalian dalam memahami makna intuisi yang sebenarnya.

 

2. Arti Intuisi dan Tanda-Tandanya

Arti intuisi dapat dikatakan seperti sebuah gerakan hati yang muncul secara tiba-tiba. Sehingga seringkali intuisi dapat muncul di luar kesadaran kita. Selain itu, intuisi terkadang digunakan seseorang untuk memutuskan sesuatu atau berpengaruh pada suatu tindakan. Menurut psikolog modern menyebutkan bahwa intuisi juga mencakup kemampuan untuk mendapatkan solusi valid dalam memutuskan sesuatu. Keputusan berdasarkan intuisi tersebut perlu dilakukan dengan memilih solusi yang layak dan tepat.

Setelah tahu apa arti intuisi kalian juga perlu memahami tanda-tanda seseorang memiliki intuisi yang baik. Pasalnya ada beberapa tanda yang bisa kalian kenali untuk mengetahui intuisi yang baik. Berikut ini tanda-tanda jika kalian atau seseorang punya intuisi.

- Seringkali berpikir secara mendalam.

- Dapat menilai karakter orang lain dengan baik.

- Seringkali memperoleh ide dan kesadaran secara tiba-tiba.

- Dapat mengenali, menangkap, dan mengetahui emosi orang lain dengan baik. Mulai dari ekspresi, bahasa tubuh, suara, dan berbagai hal non-verbal lainnya yang terlihat.

- Punya suara batin yang kuat.

 

3. Perbedaan Intuisi dan Insting

Setelah tahu apa arti intuisi kalian mungkin pernah merasa bingung membedakan mana intuisi dan insting. Pasalnya ada perbedaan antara intuisi dan insting yang sering bikin orang-orang sulit membedakannya. Berikut ini penjelasan mengenai perbedaan antara intuisi dan insting yang perlu kalian ketahui.

Arti intuisi adalah sesuatu yang muncul secara tidak disadari untuk mengetahui apa yang terjadi dan akan terjadi dalam pengaruhnya membuat suatu keputusan. Intuisi juga dapat berarti kemampuan memahami sesuatu dengan melibatkan gerakan hati.

Sedangkan arti insting adalah kemampuan alami yang muncul dalam diri setiap orang. Misalnya saja dalam keadaan bahaya kalian akan cenderung langsung menghindarinya tanpa harus berpikir panjang. Dengan kata lain arti insting dapat juga berarti respon alami yang muncul secara otomatis. Sejumlah sumber menyebutkan jika intuisi dan insting memiliki perbedaan pada pikiran dan tindakan. Pikiran menjadi arti dari intuisi dan tindakan adalah buah dari insting.

 

4. Sumber Munculnya Intuisi

Selain itu kalian mungkin bertanya-tanya dari mana sumber munculnya intuisi? Ada beragam faktor mengapa intuisi dapat muncul secara tiba-tiba. Melansir dari berbagai sumber disebutkan jika asal mulanya muncul intuisi dapat berasal dari sebuah pengalaman ataupun pemikiran intensif dan ekstensif.

Menurut Albert Einstien seperti melansir dari merdeka.com pernah menyebutkan jika intuisi dapat muncul dari hasil pengalaman intelektual yang terjadi dan dirasakan sebelumnya. Sehingga akan membentuk suatu rekognisi yang terjadi secara berulang. Sebut saja ketika cuaca mendung, maka kalian akan berpikir akan hujan dan memutuskan untuk membawa payung atau mantel.

Namun intuisi juga dapat muncul dari pemikiran dan suara hati. Selain itu munculnya intuisi ini juga sangat penting diseimbangkan dengan logika. Sehingga dapat memudahkan kalian mengambil suatu keputusan dan tindakan. Dengan kata lain juga bahwa intuisi dan insting menjadi dua hal yang saling bekerja sama dalam mempengaruhi otak untuk berpikir dan bertindak.

 

5. Cara Mengasah Kemampuan Intuisi

Ada beragam cara mengasah intuisi dalam diri ternyata bisa dilatih. Melansir dari liputan6.com, ada beberapa cara melatih untuk mengasah intuisi dan mempertajamnya. Berikut ini ulasan mengenai cara mengasah intuisi dan mempertajamnya.

- Pertama, cobalah untuk yakin dan percaya pada intuisi yang muncul dalam diri kalian. Bentuk pola pikir positif terhadap intuisi yang muncul untuk melatih dan mempertajam kemampuan intuisi.

- Kedua, mengasah intuisi dengan attention yakni seperti menulis jurnal, mengamati lingkungan sekitar dan alam, diskusi dengan orang lain.

- Ketiga, kalian dapat mendengarkan bahasa tubuh, simbol, sinyal yang muncul.

Itulah beberapa penjelasan mengenai apa arti intuisi yang perlu kalian ketahui. Semoga dapat membantu kalian dalam memahami apa arti intuisi sebenarnya.

 

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI