Apa Arti Attitude Berkaitan dengan Sikap? Simak Cara Menerapkan dan Keuntungannya

Jum'at, 26 November 2021 11:44
Apa Arti Attitude Berkaitan dengan Sikap? Simak Cara Menerapkan dan Keuntungannya
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Apa arti attitude sebenarnya berkaitan dengan sikap yang ditunjukkan dalam diri kita kepada orang lain. Sebab itulah dengan attitude, terkadang bisa menunjukkan kualitas dan nilai seseorang.

Semakin bagus dan baik attitude dalam diri individu tentunya memberi dampak positif bagi diri mereka. Dampak attitude yang baik bukan saja bisa bermanfaat dalam lingkungan pertemanan melainkan juga bidang pekerjaan ataupun karir. Contohnya, sekedar mengucapkan terima kasih bisa menunjukkan salah satu bentuk attitude yang bagus.

Namun sudah tahukah kalian apa arti attitude sebenarnya? Secara bahasa apa arti attitude berasal dari bahasa Inggris. Ya, apa arti attitude memang berkaitan dengan sikap seseorang. Sikap yang ditunjukkan seseorang ini bisa terkait dengan berbagai hal terhadap apa yang mereka tampilkan, tunjukkan dan respon tertentu.

Untuk lebih jelasnya memahami apa arti attitude, ulasan di bawah ini penting kalian ketahui. Tak hanya apa arti attitude, melainkan juga ketahui cara menerapkan dan keuntungan ketika memiliki attitude yang bagus. Berikut apa arti attitude telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Apa Arti Attitude Secara Umum

Mendengar kata attitude yang pertama kali kalian bayangkan tentunya sebuah sikap atau perilaku. Ya, apa arti attitude memang berkaitan dengan sikap dan respon seseorang. Apa arti attitude bisa menunjukkan respon, tindakan, sikap seseorang yang berbeda-beda terhadap apa yang mereka jumpai.

Ada istilah attitude baik ataupun attitude buruk. Baik atau buruknya attitude ini tentu memiliki dampak bagi kehidupan individu itu sendiri. Misalnya saja dalam dunia kerja, maka attitude baik sangatlah penting. Lalu sudah tahukah kalian apa arti attitude sebenarnya?

Jika merujuk pada kamus, apa arti attitude berasal dari bahasa Inggris. Apa arti attitude jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah sikap. Apa arti attitude juga dapat berarti kelakuan serta cara. Apa arti attitude di kamus adalah makna secara umum yang perlu diketahui. Itulah apa arti attitude menurut kamus.

2. Apa Arti Attitude Berkaitan dengan Sikap

Seperti telah disinggung pada ulasan sebelumnya, apa arti attitude berkaitan dengan sikap, perilaku atau tindakan seseorang. Melansir dari liputan6.com, apa arti attitude jika berkaitan dengan sikap dapat disebut juga dengan cara merasakan atau bertindak terhadap orang, benda ataupun situasi.

Hal ini berhubungan dengan respon dan sikap seseorang yang bisa dilihat dan diamati orang lain. Dari attitude inilah terkadang bisa dilihat kualitas serta kepribadian seseorang. Sejumlah ahli juga memberikan pendapat mereka tentang apa arti attitude. Adapun apa arti attitude menurut para ahli seperti dilansir dari liputan6.com sebagai berikut.

Menurut Katz dan Stotland, apa arti attitude adalah kombinasi dari reaksi atau respon kognitif (respon perceptual dan pernyataan apa yang diyakini), afektif (respon pernyataan perasaan serta berkaitan dengan emosional), konatif (respon berupa kecenderungan perilaku tertentu sesuai dengan dorongan hati).

Sedangkan menurut Chaplin apa arti attitude adalah prediposisi atau kecenderungan yang relatif stabil dan berlangsung terus-menerus untuk bertingkah laku atau bereaksi dengan cara tertentu terhadap objek, lembaga serta suatu persoalan.

Sementara W.J. Thomas mengartikan apa itu attitude dengan suatu kesadaran individu yang menentukan perbuatan nyata ataupun mungkin akan terjadi dalam kegiatan sosial.

Itulah beberapa apa arti attitude berkaitan dengan sikap serta penjelasan para ahli. Dari ulasan di atas tentunya dapat dilihat bahwa apa arti attitude itu erat kaitannya dengan sikap, tindakan, perilaku dan respon terhadap suatu hal.

3. Fungsi Attitude

Setelah tahu apa arti attitude yang berkaitan dengan sikap, ketahui dulu fungsi attitude yang juga memberi dampak bagi kehidupan seseorang. Maka dari ketahui apa saja fungsi attitude dengan ulasan di bawah ini menurut Katz, dilansir dari sumber yang sama.

1. Attitude berfungsi sebagai sarana dan tujuan dalam mencapai sesuatu. Fungsi ini bisa memiliki nilai positif ataupun negatif tergantung pada obyek sikap untuk mencapai tujuan atau justru bisa menghambatnya.

2. Attitude berfungsi untuk mempertahankan ego. Biasanya fungsi attitude tersebut digunakan dalam keadaan diri dan egonya terdesak ataupun terancam.

3. Attitude berfungsi untuk ekspresi nilai berdasarkan sikap pada diri seseorang sebagai jalan untuk memperoleh kepuasan serta menunjukkan dirinya. Sehingga dapat menunjukkan sistem nilai pada individu tersebut.

4. Fungsi attitude untuk pengetahuan dari rasa ingin tahu sehingga mendapatkan pengalaman. Sikap yang ditunjukkan menjadi buah dari pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh.

Itulah fungsi attitude yang perlu kalian ketahui tak hanya tentang apa arti attitude. Sehingga memudahkan kalian memahami apa arti attitude sebenarnya.

4. Cara Menerapkan Attitude yang Baik

Memiliki attitude yang baik dan bagus tentu bisa memberi dampak positif bagi pelakunya. Sedangkan cara menerapkan attitude yang baik sebenarnya dapat dimulai dari hal sederhana. Terutama dalam dunia kerja, tentu menerapkan attitude yang baik dan bagus dapat memberi dampak positif bagi karir. Berikut cara menerapkan attitude yang baik dirangkum dari berbagai sumber.

1. Bersedia menerima kritik dan saran dari orang lain.

2. Berusaha untuk tepat waktu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, janjian ataupun lainnya agar lebih menghargai waktu.

3. Saling menghormati dan menghargai orang lain.

4. Bertanggung jawab dan berkomitmen terhadap pekerjaan.

5. Berusaha untuk bersikap sopan dan santun di lingkungan kerja ataupun dengan orang lain.

6. Hindari membicarakan orang lain atau bergosip.

Itulah beberapa cara menerapkan attitude yang baik dan bagus. Sehingga dapat menjadi referensi untuk menunjukkan kualitas diri yang baik dan unggul

5. Keuntungan Memiliki Attitude Baik

Ada beragam keuntungan yang bisa diperoleh ketika menerapkan attitude yang baik dan bagus. Di antara keuntungan memiliki attitude baik tersebut dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini.

1. Membentuk kualitas diri yang baik dan unggul.

2. Meningkatkan produktivitas.

3. Meningkatkan rasa percaya diri.

4. Memiliki komitmen.

5. Menjadikan diri lebih bahagia dan terhindar dari stres.

6. Terhindar dari konflik.

Itulah penjelasan tentang apa arti attitude yang perlu kalian ketahui. Semoga dengan ulasan di atas dapat membantumu memahami makna dari arti attitude.

Sumber: Liputan6.com, mamikos.com dan sumber lainnya

 

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI