Arti Jamet dan Istilah Bahasa Gaul Lainnya, Ketahui Agar Tak Ketinggalan Zaman

Jum'at, 15 Oktober 2021 12:44
Arti Jamet dan Istilah Bahasa Gaul Lainnya, Ketahui Agar Tak Ketinggalan Zaman
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Pemakaian berbagai istilah gaul jadi hal biasa di kalangan anak muda. Ya, dengan kreativitas yang dimiliki, anak muda bisa menciptakan berbagai kata dan istilah baru yang unik. Terkadang tak saja populer di kalangan anak muda, istilah-istilah gaul tersebut juga sampai di telinga masyarakat umum. Istilah jamet adalah salah satunya. Sampai-sampai, tak sedikit orang yang penasaran dengan arti jamet sesungguhnya.

Di keseharian, kata jamet sering kali diucapkan secara langsung saat para anak muda sedang bercanda bersama. Belakangan ini, istilah jamet semakin populer setelah kerap dipakai di media sosial. Kata jamet umumnya dipakai untuk menyebut seseorang dengan ciri tampilan tertentu.

Meski sudah umum dipakai, arti jamet ternyata masih asing bagi sebagian orang. Nah, agar tak lagi penasaran dengan arti kata jamet, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Asal Mula Populernya Istilah Jamet

Istilah jamet sebenarnya sudah muncul sejak cukup lama. Namun, istilah jamet baru menjadi populer beberapa waktu lalu berkat sosial media. Pemicunya, sebuah video yang sempat viral di tiktok.

Video itu memperlihatkan seorang pemuda yang berpenampilan metal lengkap dengan rambut gondrong. Pemuda tersebut terlihat menari dengan goyang badinding yang seru. Aksi pemuda tersebut sempat viral, hingga orang-orang melabelinya dengan sebutan jamet.

 

2. Arti Jamet

Berdasarkan video tiktok tersebut secara umum, orang-orang langsung mengidentifikasi sosok jamet sebagai orang yang kurang lebih berpenampilan seperti pemuda di video. Hingga akhirnya, muncul berbagai spekulasi terkait asal mula terbentuknya kata jamet. Banyak yang menyebut arti jamet adalah Jawa metal. Namun, arti tersebut lantas dikoreksi lantaran dikhawatirkan dapat mengarah ke hal-hal berbau SARA.

Namun, akhirnya kini pengertian arti kata jamet berkembang. Kini tak sedikit yang mengartikan jamet adalah singkatan dari 'jajal metal'. Kata ini sering digunakan untuk menyebut orang-orang yang berlagak keren dengan gaya metal, sama seperti pemuda yang videonya sempat viral di tiktok.

 

3. Istilah Bahasa Gaul Lainnya

Selain arti jamet, saat ini ada banyak sekali istilah bahasa gaul yang berkembang di kalangan anak muda. Untuk itu, penting juga mengetahui kata-kata gaul tersebut beserta artinya. Cukup penting untuk mengetahui arti dari setiap kata tersebut, untuk menghindari salah paham. Berikut beberapa istilah gaul lainnya yang sedang populer saat ini.

1) Bucin: Bucin adalah kependekan dari istilah budak cinta. Singkatan gaul ini digunakan untuk merujuk pada pria atau wanita yang tergila-gila akan cinta, di mana orang tersebut mau melakukan apapun demi orang yang dia cinta.

2) Gaje: Singkatan dari gak jelas. Kata ini digunakan ketika seseorang tidak paham atau tidak bisa menangkap maksud dari orang lain.

3) Gercep: Merupakan singkatan dari gerakan cepat. Singkatan ini adalah anjuran untuk melakukan sesuatu hal lebih cepat dari biasanya.

4) Halu: Kata ini adalah kependekan dari halusinasi, yang menggambarkan seseorang dengan khayalan yang tinggi.

5) Japri: Singkatan gaul ini sudah sering kita dengar. Japri sendiri dapat diartikan sebagai jalur pribadi atau jaringan pribadi.

6) Komuk: Merupakan singkatan gaul yang merujuk pada kondisi muka.

7) Mager: Mager adalah singkatan gaul dari kalimat malas gerak. Kata ini lebih sering dipakai untuk mengungkapkan rasa malas.

8) Mantul: Kata ini adalah singkatan gaul dari kata mantap betul. Kata ini sering digunakan sebagai apresiasi, seperti ungkapan pujian.

9) Pansos: Pansos adalah singkatan gaul dan merupakan kependekan dari panjat sosial. Pansos merujuk pada orang-orang yang suka mencari perhatian banyak orang, terutama di media sosial.

10) Ngab: Bang.

11) Sabi: Bisa.

12) Takis: Sikat.

13) Kuy: Yuk. Kata ajakan kebalikan membaca dari yuk.

14) Gans: Ganteng

15) Gils: Gila

16) Goks: Gokil

17) Ntaps: Mantap

18) Leh uga: Boleh juga

19) Cans: Cantik

 

4. Istilah Bahasa Gaul yang Berasal dari Bahasa Inggris

Tak saja dari bahasa Indonesia asli seperti arti jamet yang berasal dari gabungan kata jajal dan metal, ternyata ada pula beberapa kata gaul yang berasal dari bahasa Inggris. Apa sajakah itu? Berikut beberapa daftarnya.

1) AKA: singkatan dari 'As Known As', artinya dikenal juga atau alias.

2) Anw: singkatan dari 'Anyway', artinya ngomong-ngomong.

3) BTW: singkatan 'By The Way'. Istilah gaul BTW sama juga artinya dengan istilah 'ngomong-ngomong'.

4) CMIIW: singkatan 'Correct Me If I'm Wrong' gaul dalam bahasa Inggris yang sering digunakan di platform media sosial. Singkatan ini berarti 'koreksi jika saya salah'.

5) COD: singkatan dari 'Cash On Delivery', yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah 'bayar di tempat'.

6) FYI: singkatan dari 'For Your Information'. Singkatan ini biasa digunakan di media sosial untuk memberi informasi tambahan.

7) Kepo: singkatan dari 'Knowing Every Particular Object'. Singkatan ini berarti orang yang serba ingin tahu.

8) LOL: singkatan dari 'Laugh Out Loud', singkatan ini berarti tertawa seseorang sedang tertawa terbahak-bahak.

9) OOTD: singkatan dari 'Outfit of The Day'. Singkatan ini biasa digunakan dalam caption media sosial untuk unggahan foto satu badan penuh dengan memperlihatkan pakaian yang digunakan hari itu.

10) PAP: singkatan dari 'Post a Picture'. Artinya memposting atau mengirimkan foto di media sosial

11) TGIF: singkatan dari 'Thanks God it's Friday', artinya semangat menuju akhir pekan.

Itulah arti jamet dan sedikit penjelasan tentang asal usul mengapa kata tersebut bisa populer. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan.

 

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI