Arti Barakallah Beserta Penggunaan dan Jawaban yang Tepat Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Kamis, 14 Oktober 2021 13:33
Arti Barakallah Beserta Penggunaan dan Jawaban yang Tepat Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Ilustrasi (Credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Barakallah merupakan ucapan umum di kalangan umat islam. Meski sering mendengar, apa kalian tahu arti barakallah tersebut? Tentu, arti barakallah merupakan hal yang baik, berisi doa dan harapan untuk kebaikan seseorang. Jika dilihat dari huruf Arab, terdapat ba' dengan tanda panjang, itu berarti pengucapan ba' pun jadi panjang.

Namun, karena penggunaan di Indonesia sudah umum maka ditulis "barakallah" pun tak masalah. Arti barakallah bisa dilihat dengan memenggal kata menjadi "baaraka" yang berarti berkah, kemanfaatan, dan kebaikan. Selanjutnya kata "Allah" berarti Allah SWT. Dengan begitu, barakallah bisa diartikan sebagai "semoga Allah memberkahi".

Melihat arti barakallah yang penuh doa dan harapan baik, kalian bisa menggunakannya sebagai ucapan dalam keseharian. Misalnya, saat bertemu sahabat atau kerabat, mendatangi pernikahan, atau menjenguk orang yang baru melahirkan. Agar tahu penggunaan ucapan tersebut dengan tepat, silakan simak penjelasan berikut ini.

1. Arti Barakallah Sesuai Riwayat Nabi

Arti barakallah adalah "Allah memberkahi". Hal ini pun dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Kalian bisa mempelajarinya dalam riwayat berikut ini.

"Aku menghadiahkan seekor domba kepada Rasulullah SAW. Maka Beliau memerintahkan, 'Bagi dua-lah domba tersebut (untuk disedekahkan)'. (Maka pembantu beliau pun mengirimkan daging domba tersebut,) Dan telah menjadi suatu kebiasaan bagi Bunda Aisyah RA jika pembantunya telah pulang dari melakukan hal yang semisal itu, maka ia akan menanyakan, 'Apa yang mereka katakan (setelah kita beri)?'

Pelayanannya menjawab, 'Baarakallaah Fiikum (semoga Allah memberkahi kalian)'. Maka Aisyah pun mengatakan, 'Wa Fiihim Baarakallaah (semoga Allah juga memberkahi mereka)', kita telah membalas doa mereka dengan doa yang semisal dan tetap bagi kita pahala atas perbuatan baik yang telah kita lakukan (memberi hadiah daging domba)."

2. Arti Barakallah Beserta Penggunaan yang Tepat

"Barakallah" sering kali diucapkan sebagai ungkapan bermakna baik ke lawan bicara. Arti barakallah adalah doa untuk memohon berkah dari Allah SWT. Arti sebenarnya adalah "Semoga Allah memberkahimu" atau "Semoga engkau diberkahi Allah".

Sebenarnya, terdapat ungkapan yang tepat dan spesifik dalam hal ini. Dalam penggunaan yang tepat, kalian bisa mengucapkan Barakallah seperti berikut ini.

- Barakallu Fiik: Semoga Allah memberkahimu.

Ungkapan ini merupakan doa yang umum. Kalian bisa menganggapnya sebagai doa bagi lawan bicara. Kalian pun bisa menggunakannya dalam berbagai kondisi. Misalnya, ketika kalian memberikan selamat kepada seseorang beserta doa agar dirinya mendapat berkah Allah.

Berdasarkan riwayat Imam Ahmad, Rasulullah mengucapkan "barakallahu fiik" untuk mendoakan sahabat, juga untuk mendoakan pengantin. Pengucapannya pun tidak terlalu beda antara laki-laki (fiika) dan perempuan (fiiki), keduanya sama-sama dibaca fiik. Jika ingin mengucapkannya kepada banyak, kalian bisa mengucapkan "barakallahu fiikum".

- Barakallahu Lak

Arti Barakallah lak ini tak jauh beda dengan sebelumnya. Kalian bisa menggunakannya sebagai ucapan untuk mendoakan keberkahan seseorang, khususnya bagi limpahan nikmat dan anugrah. Ucapan ini bisa kalian ucapkan kepada pengantin atau sahabat kalian.

Sama seperti sebelumnya, pengucapan ini tak terlalu berbeda untuk laki-laki (laka) dan perempuan (laki), keduanya sama-sama dibaca lak. Jika untuk orang banyak, kalian bisa mengucapkan "barakallah lakum" yang berarti "semoga Allah memberkahi kalian".

3. Contoh Ucapan Barakallah

Selain mengetahui arti barakallah, kalian juga perlu mengetahui keutamaan dalam mengucapkannya. Contoh-contoh berikut ini bisa kalian baca dan ambil hikmahnya untuk dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

- Saat Bertemu Teman atau Kerabat

"Baarakallahu Laka Fii Ahlika wa Maalika" (Semoga Allah menganugerahkan barakah kepadamu, keluarga, dan hartamu).

Berdasarkan riwayat hadis para sahabat Nabi, seperti Abdurrahman bin Auf untuk Said bin Rabi' al Anshari, mereka saling mengucapkan "barakallah".

- Ucapan untuk Orang yang Baru Melahirkan

Barokallahu laka fil mawhuubi laka wa syakarta al waahib, wa balagho asyuddahu, wa ruziqta birrohu. (semoga Allah memberkahimu dan anak yang diberikan kepadamu. Semoga engkau pun bersyukur kepada Sang Pemberi, dan dia dapat mencapai dewasa, serta engkau dikaruniai kebaikannya.)

Nah, saat kalian yang mendapat ucapan semacam itu, bisa dijawab dengan,

"Barokallahu laka wa baroka 'alaika wa jazakallahu khoiron wa rozaqokallahu mitslahu aw ajzalallahu tsawabak." (Semoga Allah juga memberkahimu dan melimpahkan kebahagiaan untukmu. Semoga Allah membalasmu dengan sebaik-baik balasan, mengaruniakan kepadamu sepertinya dan melipatgandakan pahalamu.)

- Ucapan untuk Pernikahan

"Baarakallahu Laka wa baaraka alayka wa jama'a baynakuma fii khoir" (semoga Allah menganugerahkan barakah kepadamu, semoga Allah juga menganugerahkan barakah atasmu, dan semoga Dia menghimpun kalian berdua dalam kebaikan) (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud)

Nah, KLovers, itulah penjelasan tentang arti barakallah beserta contoh penggunaan yang tepat. Dengan memberi ucapan barakallah atau barakallah fiik, kalian bisa selalu mengingat kuasa Allah dan menyatakan rasa syukur atas berkah yang diterima. Selain itu, kalian juga bisa sekaligus menyampaikan doa baik kepada orang-orang di sekitar.

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI