Arti Meeting Beserta Pengertian, Jenis, dan Tujuannya

Sabtu, 15 Januari 2022 12:33 Penulis: Dhia Amira
Arti Meeting Beserta Pengertian, Jenis, dan Tujuannya
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Dalam dunia kerja, ada yang namanya istilah meeting. Dan meeting ini diambil dalam bahasa Inggris. Arti meeting sendiri dalam bahasa Indonesia yaitu pertemuan. Namun apakah meeting dan rapat itu sama?

Ya, arti meeting dan rapat itu sama KLovers. Sama-sama memiliki tujuan yang sama dalam dunia kerja. Namun meeting adalah kata dalam bahasa Inggris, sedangkan rapat merupakan kata dalam bahasa Indonesia.

Nah, bagi KLovers yang ingin mengetahui apa arti meeting seperti pengertian yang lebih jelas, jenis-jenis, serta tujuannya. Maka berikut ini arti meeting tersebut. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Pengertian Meeting

Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa, arti meeting sendiri adalah sebuah pertemuan. Dan meeting adalah sebuah kegiatan sekelompok orang untuk menyatukan pemikiran guna melaksanakan urusan perusahaan. Dalam dunia perusahaan, meeting adalah hal yang sering dilakukan. Meeting dilakukan untuk membahas suatu proyek yang akan dikerjakan oleh perusahaan.

Tidak hanya itu saja, meeting juga dilakukan untuk memastikan agar seluruh departemen yang ada di perusahaan sudah melakukan tugasnya dengan baik, menjadi sebuah evaluasi para pekerja. Bila dalam sebuah perusahaan tidak ada meeting, maka sebuah perusahaan tidak memiliki komunikasi, dan akan sulit untuk berjalan dengan baik. Oleh karena itu, meeting perlu dilakukan secara rutin untuk mengevaluasi kinerja perusahaan.

2. Jenis-Jenis Meeting

Setelah mengetahui apa arti meeting dan penjelasannya dengan detail, kalian juga perlu mengetahui jenis-jenis dalam meeting. Ya, dalam meeting ada pula jenis-jenisnya loh KLovers, dan bagi kalian yang akan masuk dalam dunia kerja, maka kalian perlu tahu nih apa saja jenis-jenis meeting ini. Dan berikut ini beberapa jenis-jenis meeting:

1. Team building

Jenis meeting ini adalah rapat yang paling sering dilakukan di kantor. Tujuannya adalah untuk membuat satu kelompok kerja atau divisi menjadi kompak dengan menyamakan tujuan atau visi.

2. Brainstorming

Jenis meeting ini juga akan sering Anda ikuti. Tujuannya adalah digunakan untuk menggali ide bersama-sama dengan tim. Sekelompok orang berkumpul di ruang rapat untuk mendapatkan ide baru untuk membuat produk, untuk promosi, untuk cara berjualan, dan tujuan yang lainnya.

3. Innovation (brainstorming)

Untuk jenis meeting yang satu ini memiliki sebuah tujuan untuk mencari ide baru, mendesain produk, dan juga mengembangkan binsis. Tak hanya itu, brainstorming biasanya diadakan untuk mencari "dobrakan" terbaru agar bisnis atau perusahaan terus update dengan tren yang ada.

4. Decision Making

Decision making meeting bertujuan untuk mencari kesepakatan dalam satu tim perihal sebuah keputusan. Jenis meeting seperti ini berjalan dengan lancar, diperlukan satu orang yang mengambil keputusan final di akhir. Meskipun begitu, peserta meeting lainnya tetap harus mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya mengenai keputusan yang akan diambil.

5. Problem Solving

Problem solving merupakan metode meeting yang digunakan untuk mencari jalan keluar atas suatu permasalahan.

6. Information Sharing

Ada juga jenis meeting yang tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi. Isi informasinya tentu penting untuk tim yang ikut dalam meeting. Isi informasinya berhubungan dengan segala kegiatan yang ada di perusahaan.

7. One On One

Jenis meeting yang terakhir adalah One On One. Jenis meeting satu ini bertujuan untuk memberikan dukungan, mempererat hubungan, dan meningkatkan rasa percaya antara dua orang. Biasanya, meeting one on one diadakan oleh atasan atau manajer dengan karyawannya. Di dalam meeting ini, masing-masing pihak bisa menyampaikan permasalahan atau kesulitan yang mungkin sedang dihadapi.

3. Tujuan Meeting

Setelah kalian mengetahui bagaimana jenis dan arti meeting yang sebenarnya, kalian juga perlu tahu nih tujuan dari sebuah meeting. Ya, apa sih tujuan meeting itu? Apakah untuk sebuah evaluasi atau memiliki banyak tujuan lain? Dan berikut ini beberapa tujuan dalam meeting yang bisa KLovers ketahui:

1. Menyelesaikan Masalah Perusahaan

Di setiap divisi maupun departemen dalam suatu perusahaan pasti mengalami permasalahan. Untuk dapat menyelesaikan masalah yang ada di dalam divisi atau departemen suatu perusahaan, dibutuhkan adanya meeting. Dengan melakukan meeting, semua permasalahan divisi atau departemen dalam suatu perusahaan dapat dibicarakan dan dicari solusi untuk menyelesaikannya.

2. Menilai Pekerjaan

Meeting juga sangat efektif untuk digunakan dalam menilai pekerjaan karyawan dalam suatu perusahaan. Dengan meeting, performa dari karyawan dapat dilihat dan diukur. Dengan begitu, setiap pimpinan dapat menilai dan menganalisa bagaimana karyawan bekerja. Tidak hanya itu saja, pimpinan juga dapat melihat keunggulan dan kegagalan yang dialami karyawan. Dengan mengetahui kegagalan yang dialami oleh karyawan, tentunya dapat memberi solusi kepada karyawan supaya performa selanjutnya dapat meningkat dan memberikan hasil yang maksimal untuk perusahaan.

3. Membuat Karyawan Tahu Dengan Tugasnya

Meeting juga dapat membuat karyawan lebih sadar mengenai pekerjaannya masing-masing. Karyawan akan sadar tentang tugas yang harus dikerjakan. Dengan begitu, seluruh karyawan akan lebih termotivasi dan bersemangat untuk mengerjakan tugasnya dengan maksimal. Selain itu karyawan juga akan lebih sadar mengenai pentingnya posisi jabatan yang saat ini ditempati. Dengan begitu, karyawan tidak akan ada merasa posisinya tidak penting.

4. Mengingatkan Tujuan dari Perusahaan

Meeting juga sangat efektif untuk mengingatkan karyawan mengenai tujuan yang ingin dicapai oleh pekerjaan. Tidak hanya itu saja, meeting juga mampu membuat seluruh karyawan perusahaan mengingat mengenai visi dan misi dari perusahaan. Dengan mengingat tujuan serta visi dan misi perusahaan, para karyawan juga akan lebih termotivasi untuk mengejar target perusahaan. Selain itu, dengan melakukan meeting, para karyawan akan dapat mendapatkan gambaran apa yang harus dikerjakan untuk mengejar target dan apa target yang diinginkan oleh perusahaan.

Itulah arti meeting yang bisa KLovers ketahui dan pahami dengan baik. Bukan hanya mengetahui pengertian dan arti meeting saja, namun KLovers juga bisa mengetahui tujuan dan jenis-jenis meeting.

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI